Kembalikan Bentuk Tubuh, Ini Rahasia Ayu Dewi dan Celine Evangelista

Melahirkan di tanggal yang sama, begini cara menjaga Ayu Dewi dan Celine Evangelista mereka

21 Oktober 2019

Kembalikan Bentuk Tubuh, Ini Rahasia Ayu Dewi Celine Evangelista
Instagram.com/bukaan.moment/agrasuseno

Belum lama ini Ayu Dewi dan Celine Evangelista baru saja dikaruniai seorang anak yang semakin lengkapi keluarganya. Ayu Dewi melahirkan anak ketiganya berjenis kelamin laki-laki bernama Muhammad Aqli Ataya, sedangkan Celine melahirkan anak laki-laki pada (29/9/2019) lalu. 

Melahirkan anak laki-laki di tanggal yang sama, kini membuat Ayu Dewi dan Celine saling berbagi mengenai kondisi tubuhnya pasca melahirkan. Seperti yang Mama ketahui bahwa setiap perempuan usai melahirkan tentu memiliki perawatan yang berbeda-beda terhadap tubuhnya. 

Lalu perlu diingat juga bahwa walaupun sudah kehilangan beberapa berat badan setelah melahirkan, namun bagian perut diawal-awal pasca persalinan akan terlihat seperti masih sedang hamil beberapa bulan. 

Tak usah panik karena kondisi seperti ini normal dan wajar terjadi dan membutuhkan beberapa minggu untuk membuatnya terlihat lebih kecil.

Rata-rata waktu yang diperlukan sekitar 4-6 minggu bagi rahim untuk perlahan-lahan menyusut kembali. 

Kulit membutuhkan waktu beberapa bulan untuk untuk mengembalikan keelastisitasannya. Secara tidak langsung, waktu ini dibutuhkan agar perut bisa benar-benar kembali ke ukuran normal bahkan sebelum hamil. Walau membutuhkan waktu, namun setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda karena bergantung dengan berbagai faktor lain perlu diperhatikan seperti: 

  • Masalah genetik.
  • Faktor bentuk dan ukuran tubuh sebelum hamil. 
  • Seberapa sering melakukan banyak gerakan dan berolahraga. 
  • Seberapa banyak berat badan yang naik selama masa-masa kehamilan. 

Jika Mama ingin mengetahui pandangan mengenai bentuk tubuh sekaligus cara Ayu Dewi dan Celine Evangelista mendapatkan tubuh agar kembali ideal, langsung saja simak rangkuman dari Popmama.com kali ini. 

1. Ayu Dewi bersyukur diberikan rezeki untuk membeli korset dan perawatan khusus

1. Ayu Dewi bersyukur diberikan rezeki membeli korset perawatan khusus
Instagram.com/mrsayudewi

“Perut penuh kerutku nanti mulus lagi nggak ya?”
“Nanti bisa langsing lagi nggak ya?”
“Bekas Jaitannya nanti jendol nggak ya?”
“Pinggang bisa kebentuk lagi nggak ya?”

Itulah beberapa pertanyaan yang dituliskan Ayu Dewi mengenai perasaan atau suasana hati beberapa perempuan pasca melahirkan. Tanpa disadari pertanyaan tersebut pun akan menyerang kepercayaan diri sekaligus rasa khawatir terhadap bentuk tubuh sendiri. 

Liat kan perut saya yang banyak “gajlukan zig zagnya?” Saya termasuk yang alhamdulillah punya sedikit rezeki buat beli korset dan serentet perawatan lainnya. 

Tapi? Gimana dengan perempuan atau ibu lainnya yang mungkin punya lebih banyak prioritas lain yang harus diutamakan daripada perawatan perawatan “kembali singset?” Dan nggak punya cukup waktu untuk olahraga?

Walau memiliki rezeki lebih untuk bisa membeli korset serta melakukan berbagai perawatan khusus pasca persalinan, Ayu Dewi memiliki harapan tersendiri untuk para Mama di luar sana. 

Mama tiga orang anak ini berharap agar para Mama yang baru melahirkan bisa mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar mulai dari suami, keluarga, sahabat, rekan kerja hingga para tetangga. Menurutnya semua orang terdekat perlu memahami bahwa kekhawatiran serta pertanyaan yang berkaitan dengan tingkat percaya diri atau self esteem membutuhkan sebuah dukungan.

"Ia butuh dukungan supaya nggak mengalami baby blues, supaya nyaman di masa penyembuhan, di masa mengASIhi dan menjalankan tugasnya sebagai seorang Mama termasuk supaya tetap tenang disaat bayi barunya nangis kencang dan nggak berujung bikin keputusan-keputusan yang disesali nantinya," tulis Ayu Dewi. 

Kata-kata yang dituliskan oleh Ayu Dewi ini bisa menjadi pembelajaran untuk semua orang apalagi meningkatkan kepercayaan diri pasca persalinan sangat penting dilakukan. Setuju nggak nih, Ma?

Baca juga: 

Editors' Picks

2. Celine Evangelista pakai korset pasca melahirkan

2. Celine Evangelista pakai korset pasca melahirkan
Instagram.com/celine_evangelista

Memang sudah seperti hukum alamnya kalau pasca melahirkan harus banget memakai korset agar bentuk tubuh kembali seperti semula. 

Menurut penuturannya melalui tulisan di Instagram, Celine mengatakan kalau dirinya sudah menggunakan korset pasca 1 minggu melahirkan. Selain dapat membakar lemak dalam tubuh serta mengecilkan lingkar tubuh, korset yang digunakannya mampu mengecilkan lengan, perut, paha serta menaikkan bokong dan payudara. 

Namun, perlu diketahui bahwa sebelum menggunakan korset ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter. Jika Mama juga memiliki masalah kesehatan tertentu atau komplikasi persalinan, maka perlu diperhatikan dan tidak bisa sembarangan. 

Utamakan kenyamanan dan keamanan sebelum memutuskan untuk menggunakan korset agar tubuh bisa pulih sepenuhnya pasca persalinan.

Baca juga: 

3. Manfaat penggunaan korset pasca persalinan

3. Manfaat penggunaan korset pasca persalinan
Freepik/Bearfotos

Pasca persalinan, tak jarang memang banyak perempuan yang ingin menggunakan korset sebagai sebuah perawatan khusus untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi lebih ideal. Namun, penggunaan korset pun perlu diperhatikan karena dapat membahayakan jika terlalu dipaksa dan tubuh tidak siap. 

Ada baiknya, Mama selalu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai penggunaan korset beserta manfaatnya. Berikut beberapa manfaat korset yang perlu diketahui antara lain: 

  • Mampu menjadi penyangga ekstra untuk tubuh setelah melahirkan. Seperti yang sudah diketahui kalau perut akan berubah usai melahirkan si Kecil, sehingga korset dibutuhkan untuk membentuk tubuh agar terlihat lebih ramping. Korset dapat membantu dalam menyangga tubuh agar kembali seperti semula, sehingga membantu menjaga postur tubuh. 
  • Mampu menjaga lingkar pinggang pasca persalinan, walau tidak memiliki banyak waktu hanya untuk sekadar berolahraga. Tak hanya itu, bila sudah mendapat persetujuan dari dokter serta korset digunakan secara rutin maka Mama dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. 

Walau penggunaan korset digunakan oleh beberapa orang termasuk para artis, Mama tetap perlu dikonsultasi ke dokter karena setiap orang memiliki permasalahan dan kebutuhan yang berbeda-beda pasca persalinan. Apalagi bila ada komplikasi saat persalinan serta memiliki penyakit tertentu, maka penggunaan korset pasca persalinan bisa menjadi pertimbangan antara dibolehkan atau sama sekali tidak boleh oleh dokter. 

Kesehatan selama pemulihan pasca persalinan perlu diperhatikan apapun bentuknya ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!