Jangan Salah Beli, Ini Rekomendasi Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui

Ma, hati-hati sebelum memilih obat selama menyusui ya!

28 September 2020

Jangan Salah Beli, Ini Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ibu Menyusui
Freepik/senivpetro

Sakit gigi memang bisa terjadi pada siapa saja, begitu pun pada ibu menyusui. Tak jarang karena masih memberikan ASI untuk si Kecil, beberapa mama takut untuk mengonsumsi obat sakit gigi. 

Padahal obat sakit gigi yang dikonsumsi semasa menyusui dapat memberikan rasa nyaman atas gangguan nyeri hingga pembengkakan di dalam mulut.

Selain itu, obat sakit gigi perlu diberikan sesuai dosis atau saran dari dokter. Jika Mama ingin mengetahui rekomendasi obat sakit gigi yang cocok untuk ibu menyusui, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Berikut beberapa pilihan obat sakit gigi untuk ibu menyusui.

.   

Editors' Picks

1. Ibuprofen aman dikonsumsi ibu hamil dengan dosis yang tepat

1. Ibuprofen aman dikonsumsi ibu hamil dosis tepat
Freepik/topntp26

Untuk mengobati sakit gigi saat sedang menyusui, Mama bisa menggunakan ibuprofen.

Ibuprofen termasuk obat yang tergolong dalam kelompok obat anti-inflamasi nonsteroid dan digunakan untuk meringankan rasa sakit atau nyeri pada gigi.  

Sebelum mengonsumi ibuprofen, Mama perlu memastikan kalau tidak sedang mengalami luka pada lambung atau menderita penyakit asma. Penggunaan ibuprofen termasuk cukup banyak dikonsumsi oleh Mama yang sedang menyusui.

Meskipun obat ini akan masuk ke dalam ASI saat dikonsumsi oleh ibu menyusui, namun kemungkinan jumlahnya sangat kecil untuk sampai dikonsumsi oleh bayi.

Untuk mencegah terjadinya sesuatu pada si Kecil, ada baiknya tidak mengonsumsi ibuprofen dengan dosis yang berlebihan. Mintalah resep dari dokter agar tidak memberikan dampak buruk selama menyusui ya, Ma.

2. Paracetamol tidak menganggu produksi ASI bila mengikuti dosis

2. Paracetamol tidak menganggu produksi ASI bila mengikuti dosis
Pixabay/Original_Frank

Paracetamol termasuk salah satu obat sakit gigi yang umum digunakan oleh ibu menyusui.

Paracetamol termasuk ke dalam obat dalam golongan asetaminofen yang mampu meredakan demam ataupun nyeri pada gigi. 

Saat dikonsumsi, paracetamol tidak akan mengganggu produksi ASI. Mama pun tidak perlu khawatir bila jumlah ASI akan berkurang. Untuk Mama yang sedang menyusui, sebaiknya mengonsumsi paracetamol dengan dosis 500 mg pada setiap 4-6 jam.

Dosis yang berlebihan ketika mengonsumsi paracetamol dapat menimbulkan kerusakan pada hati. Usahakan untuk mengikuti dosis yang sesuai demi kesehatan si Kecil. 

Meski terbilang aman, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait penggunaannya ya, Ma!

3. Naproxen dapat meredakan nyeri dan pembengkakan pada gigi

3. Naproxen dapat meredakan nyeri pembengkakan gigi
Freepik

Naproxen termasuk salah satu obat yang bisa digunakan oleh ibu menyusui untuk mengurangi gejala nyeri dan pembengkakan pada gigi. 

Jika tidak memiliki paracetamol atau ibuprofen, Mama bisa mengonsumsi naproxen.

Sebagai obat perlu diketahui kalau naproxen memiliki cara yang sama dengan ibuprofen yaitu dengan mencegah zat peradangan yang diproduksi oleh tubuh. 

Dilansir dari Verywell Family, naproxen dianggap aman untuk penggunaan sesekali atau jangka pendek selama menyusui. Pemindahan obat ke dalam ASI cukup rendah. Namun, juga dapat berpotensi menyebabkan efek samping pada bayi. 

Efek samping dari obat naproxen dapat membuat Mama yang mengonsumsinya mengalami kram perut, mengantuk, mual, pusing, nyeri pada ulu hati dan peradangan pada tubuh. 

Untuk yang sedang menyusui sebaiknya perlu berkonsultasi dengan dokter agar tidak berdampak buruk dan memengaruhi kondisi ASI. 

Itulah tadi rekomendasi merek obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang bisa dicoba, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.