Salut, Kisah Inspiratif Leanne Forbes Pendonor 190 Liter ASI

Leanne Forbes menjadi relawan yang mendistribusikan ASI untuk membantu banyak keluarga

3 Desember 2020

Salut, Kisah Inspiratif Leanne Forbes Pendonor 190 Liter ASI
mirror.co.uk

Cerita perjuangan setiap orang yang menyusui memang selalu berbeda-beda, begitu juga seorang mama bernama Leanne Forbes asal Devon, Inggris. 

Dilansir dari Mirror.co.uk, perempuan berusia 29 tahun ini telah mendonorkan ASI nya dan ASI para pendonor untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. Leanne pernah mendistribusikan ASI sebanyak 190 liter ASI untuk salah satu "bank ASI" di sekitar wilayah tempat tinggalnya. 

Sebagai mama empat orang anak, Leanne mempunyai kesenangan tersendiri ketika ASI yang didonorkannya bisa berguna untuk membantu keluarga lain. 

Jika Mama ingin mengetahui kisah dari Leanne Forbes yang menjadi relawan ASI untuk membantu banyak keluarga, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Disimak kisah mulianya yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Leanne Forbes memberikan prioritas tersendiri saat mendistribusikan ASI

1. Leanne Forbes memberikan prioritas tersendiri saat mendistribusikan ASI
mirror.co.uk

Leanne Forbes tidak hanya mendonorkan ASI nya saja, namun juga rela mengumpulkan ASI dari para pendonor lainnya untuk dibagikan. 

Ketika ASI dari para pendonor terkumpul, Leanne akan membantu mendistribusikannya ke keluarga-keluarga yang memang membutuhkan. ASI yang diterima oleh Leanne bisa terdiri dari beberapa galon, lalu dibagikan ke dalam botol-botol.

Mama empat ini juga mempunyai prioritas tersendiri ketika ingin membagikan hasil donor dari ASI tersebut. Leanne ingin ASI diterima oleh keluarga yang memang benar-benar membutuhkan, seperti ibu yang baru menyusui, bayi prematur dan mereka yang mengalami berbagai permasalahan saat proses mengASIhi. 

Leanne juga merencanakan semua proses pendistribusian ASI dengan baik, mulai dari pengumpulan dan pengantaran ASI agar kualitas susu tetap terjaga serta masih segar.

2. Walau tindakannya mulia, Leanne Forbes sempat dikira orang gila

2. Walau tindakan mulia, Leanne Forbes sempat dikira orang gila
mirror.co.uk

Leanne Forbes memiliki empat anak bernama Jacob (7), Evangeline (6), Henry (3) dan Poppy (1). Perjuangan Leanne ketika mengurus empat orang anak tentu tidak mudah, ada banyak pengalaman tak terlupakan termasuk saat proses menyusui. 

Awalnya, Leanne tidak pernah berpikir untuk mendonasikan ASI miliknya ke orang lain. Suatu hari, ada seorang bidan yang memberikan rekomendasi agar Leanne mencoba untuk mendonorkan ASI ke orang-orang yang membutuhkan. 

Ketika memulai aksinya, perjalanan Leanne tidak semulus dan selancar seperti yang ia kira. Leanne harus mendapatkan cemoohan dari orang lain, bahkan di sekitar rumahnya sendiri. 

"Semua orang mengira saya gila, apalagi ketika saya memberitahu mereka bahwa saya seperti seorang 'milkman', namun versi ASI," ucap Leanne. 

Walau sering mendapatkan cemoohan, namun Leanne tetap mengantarkan ASI untuk orang-orang yang memang sedang membutuhkan. 

3. Leanne Forbes pernah mengalami masalah ketika menyusui anaknya 

3. Leanne Forbes pernah mengalami masalah ketika menyusui anaknya 
mirror.co.uk

Mama empat anak ini tentu sudah memiliki pengalaman cukup banyak terkait perjuangan menyusui si Kecil. Leanne Forbes pun pernah mengalami masalah ketika menyusui, termasuk saat anak pertama dan kedua. 

Di awal-awal memiliki anak pertama dan kedua, Leanne sempat terganggu fisik dan mentalnya. 

Kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan membuatnya harus terpaksa berhenti menyusui pada saat usia bayinya masih enam bulan. Saat situasi itulah, Leanne memberikan susu formula agar perkembangan anak-anaknya tetap terjaga. 

Berbeda dengan dua anak pertamanya, si Kecil yang merupakan anak ketiga dan keempat Leanne justru memberikan cerita unik. Ketika mengurus Henry dan Poppy, ASI Leanne justru melimpah dan tidak terlalu banyak mengalami masalah kesehatan saat proses menyusui. 

Leanne akhirnya berhasil memberikan ASI eksklusif selama satu tahun. Setelah itu, Leanne menjadi seorang relawan pengantar ASI atas saran dari seorang bidan. 

Demi kualitas ASI yang dibagikannya tetap terjaga, Leanne menyimpan stok ASI di dalam boks freezer yang ada di bagasi mobilnya. Setelah ASI dari para pendonor terkumpulkan, ia langsung mengantarkannya ke Healthy Baby Hub di Tiverton. 

Dilansir dari Mirror.co.uk, Leanne mengatakan bahwa tempat tersebut dijadikan tempat khusus di mana ASI akan disimpan dalam keadaan beku. Setelah itu, baru dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan. 

"Ketika saya selesai mendistribusikan ASI, ada perasaan senang. Saya tidak ingin berhenti membantu, saya merasa perlu terus melakukan sesuatu untuk orang lain," ucap mama empat anak ini. 

Semoga kisah mulia dari Leanne Forbes bisa menginspirasi banyak orang ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.