Serba Angka 20, Mona Ratuliu Melahirkan Anak Keempat di Tanggal Cantik

Mona Ratuliu melahirkan di tanggal 20 Mei 2020, pukul 20.20 WIB

21 Mei 2020

Serba Angka 20, Mona Ratuliu Melahirkan Anak Keempat Tanggal Cantik
Instagram.com/indrabrasco

Penantian Mona Ratuliu untuk bertemu dengan anak keempatnya telah berbuah manis. Usai menjaga anak keempatnya di dalam perut selama berbulan-bulan, Mona melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan pada hari Rabu (20/5/2020). 

Tak hanya melahirkan di tanggal yang cantik saja, namun momennya pun sangat penuh dengan angka 20 karena anak keempat Mona lahir pada pukul 20.20 WIB. 

Sebelum melahirkan anggota keluarganya yang baru, melalui vlog berjudul "Lahirannya Mau Normal atau Caesar?" di channel YouTube keluarga, Mona dan Indra membahas mengenai proses persalinan yang akan dijalani. 

Mengingat Mona sudah memiliki pengalaman karena pernah menjalani persalinan normal dan caesar.  

Jika Mama ingin mengetahui beberapa cerita persalinan saat Mona Ratuliu bertemu dengan anak keempatnya, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya berdasarkan cerita mereka di Instagram.

Setiap momen persalinan tentu memiliki cerita tersendiri nih, Ma.

Editors' Picks

1. Kebijakan rumah sakit harus membuat Indra Brasco tak menemani proses persalinan istri

1. Kebijakan rumah sakit harus membuat Indra Brasco tak menemani proses persalinan istri
Instagram.com/bukaan.moment

Di tempat Mona menjalani proses persalinan, ada kebijakan yang mengharuskan sang Suami tidak bisa ikut mendampingi di dalam ruangan terutama ketika operasi caesar. 

"Semenjak Covid-19 kebijakan RS tidak memberikan izin, suami atau pendamping pasien nemenin saat melahirkan SC," tulis Indra Brasco. 

Berbeda dari ketiga anak sebelumnya, persalinan kali ini menjadi momen pertama bagi Indra karena tidak mendampingi Mona selama berjuang di ruang operasi.

Dalam ceritanya di Instagram, Indra mengaku perasaannya begitu campur aduk. Ada rasa resah, panik, bingung, dan takut menjadi satu. Meskipun begitu, ketiga anaknya justru memberikan semangat dan berusaha menenangkan. 

"Salah satu yang menenangkan selain berdoa, ya video call bersama anak-anak. Benar-benar menenangkan banget. Paling tidak, nggak bikin Yanda-nya pingsan di depan pintu ruang operasi.

Mona Ratuliu melahirkan dengan bantuan dr. Musa Soebiantoro, SpOG, di RSIA Brawijaya Antasari.

Menurut keterangan yang Popmama.com dapatkan dari pihak RSIA Brawijaya, selama pandemi Covid-19, pasien persalinan memang tidak boleh ditemani suami saat tindakan di kamar operasi, suami juga harus menggunakan APD saat mendampingi istri sampai batas ruang persiapan operasi dan ruang pemulihan saja.

Sebelumnya, pasien dan suami juga diarahkan untuk melakukan rapid test terlebih dahulu demi keselamatan pasien dan tim medis yg menangani di ruang operasi.

Selanjutnya, tidak boleh ada yg membesuk atau mengujungi di kamar rawat inap, pasien hanya boleh didampingi oleh suami saja selama masa pemulihan pasca operasi di kamar rawat inap.

2. Mona Ratuliu berharap setiap cinta dari sang Suami menjadi jembatan menuju surga

2. Mona Ratuliu berharap setiap cinta dari sang Suami menjadi jembatan menuju surga
Instagram.com/bukaan.moment

Baru kali ini melahirkan harus dadah-dadah sama belahan jiwaku. Nggak tega liat dia khawatir begitu. 

Semoga tiap tetes cintanya buat keluarga jadi jembatan buat dia menuju surga. 

Begitulah kata-kata yang dituliskan oleh Mona untuk suami tercintanya. Melalui tagar #HamilvsCorona, Mona menceritakan bahwa persalinan kali ini memang benar-benar berbeda. 

Kebijakan rumah sakit memang harus dipatuhi sebagai salah satu protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

3. Mona Ratuliu mendapatkan banyak pertanyaan menjelang persalinan

3. Mona Ratuliu mendapatkan banyak pertanyaan menjelang persalinan
Instagram.com/bukaan.moment

Sebelum melahirkan anak keempatnya, Mona Ratuliu mendapatkan beragam pertanyaan dari warganet dan orang-orang di sekelilingnya. 

"Takut nggak mbak?" ucap banyak orang kepada Mona. 

Melalui Instagram pribadinya, Mona mengatakan bahwa di persalinan kali ini tidak merasakan banyak rasa khawatir walau melahirkan di tengah pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah kali ini nggak punya banyak rasa khawatir. Berkah banget diberi ketenangan kayak gini. Pasti karena doa dari orang-orang tersayang. Plus banyak belajar ikhlas juga beberapa bulan ini akibat Covid-19," tulis Mona dalam unggahannya. 

Menurut Mona, manusia memang boleh memiliki banyak rencana hanya saja pada akhirnya sang Pencipta yang nanti akan menentukan. 

Pesan ini seolah bisa menjadi pengingat untuk semua ibu hamil yang sebentar lagi melahirkan. Bahwa ikhlas dan pasrah bisa menjadi kunci ketenangan menuju persalinan.

Itulah beberapa cerita menarik dari persalinan keempat Mona Ratuliu yang jatuh di tanggal cantik. 

Sehat dan bahagia selalu untuk Mona Ratuliu sekeluarga!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.