Sebelum Membeli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Pompa ASI Manual

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli pompa ASI Manual

7 Februari 2020

Sebelum Membeli, Ketahui Kelebihan Kekurangan Pompa ASI Manual
babyroad.com.au

Memberikan Air Susu Ibu (ASI) ekslusif untuk bayi merupakan cita-cita sebagian besar mama. Namun, ada beberapa kondisi-kondisi dimana sulit bagi ibu untuk menyusui bayi secara langsung. 

Berikut adalah beberapa faktor yang membuat Ibu menggunakan pompa ASI: 

  • Membantu menyusui, memompa ASI akan membantu meningkatkan suplai ASI (di samping menyusui secara langsung)
  • Memberi makan saat Ibu menyusui sedang tidak berada di dekat bayi, hal ini sangat membantu jika Mama bekerja di luar rumah dan membutuhkan orang lain untuk memberi makan bayi di siang hari.
  • Memberi waktu istirahat bagi mama dan memungkinkan pasangan atau anggota keluarga lainnya memberi makan bayi ketika mama beristirahat.
  • Jika mama mengalamai kondisi medis tertentu, jika tidak dapat menyusui langsung karena bayi yang dilahirkan prematur, atau karena operasi, atau ada masalah kesehatan lainnya.

Pompa ASI manual bekerja dengan meniru tindakan mengisap bayi menyusui. Gelas, atau pelindung payudara, diletakkan di atas puting dan kemudian ibu memompa pegangan untuk membuat ruang hampa di payudara  sehingga merangsang aliran ASI, yang kemudian dialirkan ke dalam wadah plastik atau botol.

Berikut ini adalah beberapa tips dari Popmama.com sebelum Mama membeli pompa ASI manual. Ketahui dulu kelebihan dan kekurangan pompa ASI manual yang ingin kamu beli.

1. Teliti komponen dari pompa ASI manual

1. Teliti komponen dari pompa ASI manual
mamaaja.sk

Pompa ASI manual biasanya terdiri dari bagian-bagian berikut:

  • Pelindung payudara, biasanya seperti gelas berbentuk kerucut dan pas untuk dipasang pada bagian atas puting dan areola.
  • Pompa, pompa adalah komponen yang menciptakan ruang hampa untuk mengekstraksi susu dari puting. Pompa dapat langsung dipasang ke pelindung payudara atau melalui tabung plastik.
  • Wadah, fungsinya untuk mengumpulkan susu yang sudah diekstraksi. Ini bisa berupa botol atau plastic bag.

Editors' Picks

2. Kelebihan pompa ASI manual

2. Kelebihan pompa ASI manual
irishtimes.com

Mama tidak usah khawatir mengenai harga pompa ASI manual karena harganya sangat terjangkau, harga pompa ASI manual lebih murah dibandingkan pompa ASI elektrik. Selain faktor harga, apa saja sih kelebihan pompa ASI manual?

  • Isapan natural seperti isapan bayi

Sebagian besar Mama yang telah menggunakan pompa ASI manual, menyatakan bahwa pompa ASI manual lebih mirip isapan mulut bayi sehingga mereka merasa lebih nyaman.

  • Pompa diatur secara manual dan instan

Mama juga dapat langsung mengendalikan pompa karena dapat memulai dan menghentikan atau mengubah kecepatan pompa secara instan.

  • Bisa dilakukan dimanapun karena tidak perlu listrik

Kemudian, alat pompa lebih mudah digunakan karena tidak membutuhkan baterai ataupun aliran listrik, sehingga lebih ramah energi dan lingkungan.

  • Lebih mudah dibawa-bawa

Ukurannya juga lebih kecil dan lebih ringkas dari pompa ASI elektrik, sehingga gampang dibawa kemana-mana.

  • Suaranya halus

Pompa ASI manual tidak menimbulkan suara yang bising, sehingga Mama dapat menggunakannya dimana saja. Hanya ada sedikit suara luapan udara dan suara air mengalir ketika ASI keluar dan mengalir ke dalam botol atau wadah ASI.

  • Lebih mudah dibersihkan

Selain itu, karena komponen pompa ASI manual lebih sedikit, sehingga jadi lebih mudah untuk dicuci dan dibersihkan.

3. Kekurangan dari pompa ASI manual

3. Kekurangan dari pompa ASI manual
webmd.com

Setiap alat pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, berikut ini beberapa kekurangan dari pompa ASI manual:

  • Kecepatan pompa rendah, jumlah produksi ASI lebih sedikit

Kecepatan pompa ASI manual lebih rendah daripada pompa ASI elektrik, sehingga jumlah ASI yang dihasilkan juga lebih sedikit.

  • Waktu untuk memompa ASI lebih lama

Dibutuhkan kesabaran ekstra, karena jika Mama ingin menghasilkan ekstraksi ASI yang lebih banyak waktu yang harus  disediakan untuk memompa ASI juga cenderung lebih lama.

  • Tangan kadang mudah pegal

Karena harus memompa ASI secara manual, kadang otot tangan Mama cenderung mudah pegal.

  • Memompa payudara secara bergantian

Mama juga harus memompa ASI disetiap payudara secara bergantian, karena tidak ada double pump (pompa ganda) untuk model pompa ASI manual.

Setelah Mama mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pompa ASI manual, diharapkan Mama dapat lebih baik memilih pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.