Melahirkan Secara Caesar? Pastikan Si Kecil Mendapatkan 5 Hal Ini

Bantu jaga imunitas anak yuk Ma!

28 November 2020

Melahirkan Secara Caesar Pastikan Si Kecil Mendapatkan 5 Hal Ini
Shutterstock/paulaphoto

Melahirkan secara caesar seringkali menjadi kekhawatiran tersendiri bagi seorang ibu. Wajar sih, karena metode persalinan caesar memiliki beberapa risiko termasuk menyebabkan si Kecil tidak memiliki kesempatan mendapatkan bakteri baik dari jalur lahir Mama, sehingga dapat mempengaruhi imunitas di usia awalnya. 

Tapi tahukah Mama, rasa khawatir ini bisa dilawan dengan mencari informasi sebanyak-banyak lho. Untuk itu, bagi Mama yang melahirkan secara caesar, yuk pastikan si Kecil mendapatkan lima hal ini!

1. Perhatian dan kasih sayang yang tetap utuh

1. Perhatian kasih sayang tetap utuh
Shutterstock/paulaphoto

Anak tak pernah tahu kalau ia dilahirkan secara caesar atau normal. Namun, iya pasti tahu kalau Mama akan tetap menyayangi dan merawatnya tanpa syarat. Sayangnya, masih ada orangtua yang terjebak dalam stigma bahwa persalinan caesar membuat perempuan tak menjadi ibu yang seutuhnya. Untuk itu, ketahuilah Ma, bahwa persalinan caesar ataupun normal tidak akan mengurangi atau menambah nilai Mama sebagai seorang ibu. 

Untuk itu, yang harus menjadi fokus Mama saat ini adalah memberikan perhatian dan kasih sayang kepada si Kecil agar ia bisa tumbuh bahagia. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles (UCLA), ditemukan adanya hubungan antara kasih sayang orangtua terhadap kesehatan anak.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Judith E. Carroll, Tara L. Gruenewald, dan kawan-kawan, ditemukan bahwa anak yang tumbuh di keluarga minim kasih sayang berisiko memiliki berbagai penyakit di usia dewasanya nanti. Jadi, pastikan si Kecil mendapatkan kasih sayang dan kehangatan dari Mama dan pasangan ya!

Editors' Picks

2. Lingkungan yang bersih dan sehat

2. Lingkungan bersih sehat
Shutterstock/MIA Studio

Berhubung imunitas anak terganggu di usia-usia awalnya, Mama sebaiknya jadi ekstra teliti dengan kebersihan lingkungan dan peralatan yang ia gunakan. Tujuannya supaya si Kecil tidak terekspos dengan lebih banyak risiko kesehatan akibat bakteri atau alergen yang ada di sekitarnya. Jadi, pastikan Mama selalu rutin menjaga kebersihan perlengkapan yang digunakan oleh si Kecil ya.

Mulai dari perlengkapan makan, perlengkapan tidur, baju yang ia gunakan, hingga kebersihan Mama dan pasangan juga harus dijaga ya Ma. Jadi, pastikan Mama dan pasangan sudah membersihkan diri terlebih dahulu sebelum mengurus si Kecil.

3. Nutrisi terbaik dari ASI

3. Nutrisi terbaik dari ASI
Shutterstock/Hananeko_Studio

Dalam seminar digital Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat yang diselenggarakan oleh Nutriclub, Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Gastro Hepatologi Prof. Dr. Moh. Juffrie, SpA(K), PhD menjelaskan bahwa pada persalinan caesar terjadi ketidakseimbangan mikrobiota dalam sistem gastrointestinal yang memicu risiko gangguan imunitas. 

Oleh karena itu, untuk bantu tingkatkan imunitas anak yang dilahirkan secara caesar, Mama sangat disarankan untuk memberikan ASI eksklusif. Selain karena nutrisinya mudah diserap oleh tubuh anak, ASI juga mengandung sinbiotik yakni kombinasi probiotik dan prebiotik yang berperan besar dalam mengoptimalkan imunitas anak. 

“Sinbiotik dapat membantu mempercepat kolonisasi bakteri baik dan meningkatkan jumlah bakteri baik seperti Bifidobacterium pada si Kecil yang lahir secara caesar. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem imun selama dua tahun pertama kehidupan serta menurunkan risiko anak mengidap penyakit alergi,” tambah Prof. Juffrie.

Jadi, pastikan si Kecil mendapatkan ASI eksklusif agar ia memiliki benteng pertahanan yang lebih kuat untuk menangkal risiko-risiko penyakit ya Ma!

4. Gizi berimbang untuk cegah obesitas

4. Gizi berimbang cegah obesitas
Shutterstock/happybas

Dilansir dari theguardian.com, dalam penelitian yang dilakukan oleh Audrey Gaskins, seorang epidemiolog dari Harvard University, dikemukakan bahwa anak yang dilahirkan secara caesar memiliki bakteri usus yang kurang beragam dan hal ini dapat memicu metabolisme yang lebih lambat. 

Namun, perlu diketahui bahwa penelitian ini masih terus berkembang, sehingga dimungkinkan adanya bukti-bukti baru yang menjelaskan lebih lanjut perihal hubungan antara persalinan caesar dan metabolisme anak. Meskipun demikian, Mama tetap disarankan untuk memberikan gizi berimbang kepada si Kecil ya, karena hal ini sangatlah krusial untuk bekal kesehatannya kelak. 

5. Kesempatan untuk segera bonding dengan anak setelah dilahirkan

5. Kesempatan segera bonding anak setelah dilahirkan
Shutterstock/jes2u.photo

Salah satu hal yang wajib dilakukan setelah melahirkan anak adalah kontak kulit antara ibu dan anak. Namun, anak yang dilahirkan secara caesar tak bisa langsung mendapatkan skin-to-skin contact karena bidan harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Nah, Mama tak perlu khawatir soal ini ya, karena tim dokter hanya ingin memastikan si Kecil dilahirkan dalam kondisi sehat.

Setelah bidan selesai melakukan pemeriksaan, maka Mama bisa langsung melakukan bonding dengan si Kecil dengan melakukan skin-to-skin contact. Mama juga bisa meminta si Kecil untuk berada di ruang rawat Mama untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Dengan demikian, Mama tak akan kehilangan momen penting bersama si Kecil deh!

Nah, itu dia lima hal yang harus didapatkan si Kecil yang dilahirkan secara caesar. Dengan memiliki informasi yang lengkap, Mama pasti jadi lebih siap dalam menghadapi persalinan caesar deh. Nah, jika Mama ingin eksplor berbagai topik seputar persalinan caesar, Mama bisa kunjungi Nutriclub dengan klik di sini ya!

Sebab, Nutriclub sudah mempersiapkan segala macam informasi seputar persalinan caesar untuk bantu Mama agar jadi lebih siap lagi. Tak hanya itu, Nutriclub juga memiliki beragam tools yang berguna, contohnya seperti Tes Potensi Caesar yang disusun oleh tim Nutriclub di bawah panduan ahli kesehatan anak. 

Tenang saja, hasil Tes Potensi Caesar ini sudah terverifikasi dan terpersonalisasi kok Ma, sehingga bisa dibawa ke dokter kandungan Mama sebagai bahan pertimbangan. Jadi, yuk persiapkan diri hadapi persalinan caesar bersama Nutriclub Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.