Lewati Masa Kritis, Simak Kisah Perjuangan Para Artis saat Melahirkan

Ma, para artis ini melewati proses melahirkan yang penuh perjuangan dan tangis haru

4 Maret 2021

Lewati Masa Kritis, Simak Kisah Perjuangan Para Artis saat Melahirkan
Instagram.com/alicenorin

Hari demi hari menjelang persalinan, menjadi momen yang paling mendebarkan untuk para mama. Sederet artis tanah air berikut ini bahkan harus melewati proses melahirkan yang penuh perjuangan dan tangis haru. 

Sempat melalui masa kritis, para artis ini dihadapkan dengan berbagai kendala saat mempersiapkan kelahiran sang Buah Hati. Mareka bisa berjam-jam menahan sakitnya kontraksi bahkan ada yang harus kehilangan banyak darah. 

Beberapa mama dari kalangan selebritis ini mengungkapkan cerita mereka sebagai mama yang tegar saat berjuang untuk kelahiran si Kecil.

Mama, yuk simak kisah perjuangan para artis saat proses melahirkan. Kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Alice Norin alami kondisi placenta pervia

1. Alice Norin alami kondisi placenta pervia
Instagram.com/alicenorin

Sempat dirawat di ICU dan kehilangan darah hingga tiga liter, Alice Norin melewati proses melahirkan yang tidak mudah. Model sekaligus presenter cantik itu mengalami kondisi Placenta Previa Totalis Accreta, yakni keadaan plasenta atau ari-ari yang tumbuh terlalu dalam di dinding rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir bayi. 

Lewat akun Instagramnya, Alice sempat menceritakan perjuangan saat melahirkan putri keduanya.

"Di awal kehamilan, aku didiagnosis mengalami kondisi placenta previa yang mengharuskan aku untuk konsultasi dengan beberapa dokter ahli. Setelah beberapa kali konsul, ternyata ada kondisi accreta juga, di mana kasus accreta ini jarang terjadi," tulisnya.

Alice juga mengungkapkan bahwa ada kemungkinan rahimnya akan ikut diangkat. Meski begitu, Alice beruntung karena hal tersebut tidak terjadi. Akhirnya pada 9 September 2020, Alice Norin melahirkan bayi perempuan cantik yang bernama Alana Naira Nawi.

2. Acha Septriasa berjuang selama 28 jam melahirkan

2. Acha Septriasa berjuang selama 28 jam melahirkan
Instagram.com/septriasaacha

Acha Septriasa harus berjuang selama 28 jam saat melahirkan Buah Hati pertamanya, Bridgia Kalina Kharisma, pada 20 September 2017 lalu.

Lewat akun Instagramnya Acha menceritakan perjuangannya yang mulai mengalami kontraksi sejak tanggal 19 September hingga baru bisa melahirkan pada 20 September.

"Jam 6.15 pagi ke Rumah sakit tanggal 19 september (pas sekali 40 minggu ) ketuban blm pecah tapi kontraksi sudah 5 menit sekali," tulis Acha.

Rupanya ada kisah mengharukan di balik proses kelahiran putrinya, Acha mengungkapkan pada sang Mama bahwa kini akhirnya ia mengerti sakitnya perjuangan melahirkan anak.

Meski demikian, Acha bisa menjalani proses persalinan secara normal. Bridgia lahir dengan selamat dan sehat di rumah sakit The Royal Hospital for Women di Sydney, Australia.

Editors' Picks

3. Nycta Gina alami kontraksi selama 18 jam

3. Nycta Gina alami kontraksi selama 18 jam
instagram.com/missnyctagina

Nycta Gina juga melewati momen penuh perjuangan saat melahirkan anak keduanya. Presenter cantik tersebut sempat mengalami kontraksi yang muncul setiap 10 menit sekali namun pembukaan tak kunjung bertambah. 

Hal ini dikarenakan mulut rahimnya yang kaku. Nycta Gina bahkan menduga selama kehamilannya ia merasa kurang gerak. Hingga akhirnya dokter kandungan Nycta Gina yakni dr. Ekarini datang dan menyarankannya untuk memasangkan balon di mulut rahim demi membantu pembukaan sebagai induksi alami.

“Setelah dipasang balon itu, Masya Allah kontraksi makin kuat dan sangat cepat datangnya, kurang lebih 5 sampai 3 menit sekali,” ungkap Nycta Gina pada akun Instagramnya.

Setelah mengalami kontraksi berulang kali dan menahan sakit selama 18 jam, istri dari Rizky Kinos itu akhirnya memilih melahirkan lewat operasi caesar.

Akhirnya putri kecil Nycta Gina yang bernama Lembar Putih Trinycta ini lahir dengan berat 3,5 kilogram dan panjang 51 centimeter, di Rumah Sakit Saint Carolus, Jakarta Pusat.

4. Dominique Diyose melahirkan di ruang pemeriksaan

4. Dominique Diyose melahirkan ruang pemeriksaan
Instagram.com/Dominiquediyose

Artis sekaligus model cantik Dominique Diyose harus menghadapi tantangan melahirkan di tengah pandemi Covid-19. Ia membagikan kisahnya saat proses kelahiran anak keduanya pada 26 Maret 2020 yang diberi nama Saka Janunggala.

Lewat akun instagramnya, Dominique mengungkapkan bahwa ia telah merasakan kontraksi sejak malam perayaan nyepi, yakni 25 Maret 2020 lalu.

"Seketika keyakinan saya muncul 'this is time'. Hanya butuh waktu tiga jam sampai bukaan penuh," tulis Dominique Diyose.

Mengingat imbauan pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, Dominique awalnya berencana untuk melahirkan di rumah dengan metode home birth. Namun sayang, tak ada bidan yang bisa datang ke rumah untuk membantu persalinan.

Pada akhirnya, Dominique pergi ke rumah sakit. Di tengah situasi yang serba tidak kondusif tersebut, putranya harus lahir di ruang pemeriksaan dan bukan di ruang persalinan. Meski begitu, proses persalinan tersebut berjalan dengan lancar. 

5. Air ketuban Abel Cantika berkurang drastis

5. Air ketuban Abel Cantika berkurang drastis
Instagram.com/abellyc

Beauty Influencer sekaligus Selebgram Abel Cantika juga mengalami proses melahirkan yang menegangkan. Saat melakukan pemeriksaan ke dokter, ia diberitahu bahwa air ketubannya sangat sedikit sehingga bayi harus cepat dilahirkan.

"Dokter menjelaskan kalau air ketuban aku berkurang secara drastis. Aku udah gak diizinin pulang dan pilihannya ada 2, diinduksi hari itu juga atau caesar," tulis Abel lewat akun Instagramnya.

Akhirnya Abel memilih persalinan secara normal dengan bantuan induksi. Perjuangan Abel tak berhenti di sana. Setelah melakukan proses induksi  selama berjam-jam, sayangnya tidak ada peningkatan pembukaan. 

Induksi akhirnya dihentikan karena takut membahayakan bayi dalam kandungannya. Hingga akhirnya pada jam 10 malam, kontraksi alami muncul dan semakin kuat. Pada jam 12 malam ternyata Abel Cantika sudah memasuki pembukaan 4.

Pada tanggal 24 November 2020 kemarin, pasangan Abel Cantika dan Ray Raffi telah dikaruniai seorang putri bernama Kaluela Shanum Abriella yang memiliki arti Anak perempuan yang cantik, diberkahi Tuhan, dan dilindungi.

6. Rachel Maryam mengalami perdarahan dan komplikasi saat hamil tua

6. Rachel Maryam mengalami perdarahan komplikasi saat hamil tua
Instagram.com/rachelmaryams

Artis sekaligus politikus Rachel Maryam menghadapi tantangan tersendiri saat hamil di usia 40 tahun. Sebelumnya, sempat heboh bahwa Rachel dikabarkan koma setelah melahirkan anak keduanya. Namun, hal tersebut segera dibantah oleh sahabatnya.

Istri dari Edwin Aprihandono itu sempat mengalami perdarahan dan komplikasi, karenanya ia harus menjalani proses persalinan secara caesar. Akhirnya pada 2 oktober 2020 lalu, Rachel Maryam melahirkan putranya yang bernama Muhammad Eijaz Mata Air.

"Meskipun aku harus ikhlas kehilangan 4 hari pertama Eijaz hadir di dunia karena harus menjalani perawatan intensif di HCU, akibat pendarahan pasca operasi caesar, namun semua ada hikmah dan indah pada waktunya," tulis Rachel Maryam lewat akun Instagramnya.

7. Sabai Morscheck melahirkan dengan metode VBAC

7. Sabai Morscheck melahirkan metode VBAC
Dok. Pribadi Ringgo Agus dan Sabai Morscheck

Saat melahirkan anak pertamanya Bjorka Dieter Morscheck, Sabai Morscheck harus melakukan proses persalinan secara caesar. Putranya yang diperkirakan lahir pada bulan Maret 2016 itu ternyata harus lahir pada bulan Februari 2016 karena posisi bayi sungsang.

Setelah empat tahun berlalu, Sabai akhirnya bisa melahirkan anak keduanya secara normal dengan metode VBAC (Vaginal Birth After Cesarean). Metode ini dilakukan untuk ibu hamil yang ingin melakukan persalinan secara normal setelah menjalani operasi caesar di kehamilan sebelumnya

Di kehamilannya yang kedua ini, perjuangan istri dari Ringgo Agus Rahman tersebut ternyata tak mudah. Mulai dari pembukaan pertama sampai akhirnya melahirkan si Kecil, proses persalinannya memakan waktu lebih dari 24 jam. 

Sang suami selalu setia menemani, hingga akhirnya saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Pasangan Sabai Morscheck dan Ringgo Agus Rahman telah dikaruniai anak kedua mereka pada Jumat, 30 Oktober 2020 kemarin yang diberi nama Curtis Ziggy Mars Morscheck.

Semoga kisah perjuangan para artis saat proses melahirkan tersebut bisa menjadi inspirasi untuk menjadi seorang Mama yang tegar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.