TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Daftar Makanan yang Aman untuk untuk Ibu Menyusui

Masing-masing jenis makanan di sini punya kandungan gizi yang penting saat menyusui

17 Agustus 2018

Daftar Makanan Aman untuk Ibu Menyusui
asianage.com

Tidak tersangkalkan lagi, kondisi Mama yang sedang menyusui pada akhirnya membuat Mama harus memerhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Tentu, sebagaimana yang kita ketahui, tidak semua makanan aman untuk diasupi.

Namun, jangan khawatir!

Di bawah ini,  Popmama.com menyediakan daftar makanan yang aman untuk diasupi Mama saat hamil. Tentu, masing-masing memiliki nilai gizi yang penting dan harus disesuikan dengan kondisi fisik Mama sendiri.

1. Pisang guna mengatur kadar gula dalam tubuh

1. Pisang guna mengatur kadar gula dalam tubuh
Pixabay/3dman_eu

Sebagaimana yang kita ketahui, buah Pisang memang memiliki banyak asupan gizi yang dibutuhkan oleh setiap individu. Namun, secara khusus untuk Mama yang sedang menyusui, Pisang bermanfaat mengatur kadar gula dalam tubuh Mama termasuk produksi susu untuk si Kecil. 

Hal ini dikemukan pada Healthline yang menjelaskan Pisang mengandung Pektin, serat dalam Pisang yang membantu mengatur gula darah. Sebagai tambahan, Pisang juga kaya akan kalium yang baik untuk kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah. Alhasil, proses menyusui akan berjalan dengan lancar.

Editors' Picks

2. Buah Jeruk untuk kesehatan secara maksimal

2. Buah Jeruk kesehatan secara maksimal
Pixabay/pixel

Untuk semua orang, buah Jeruk memang menjadi buah kesukaan karena rasa dan aromanya yang menyegarkan. Akan tetapi, kandungan vitamin C yang ada pada buah Jeruk ini nyatanya memiliki manfaat yang penting untuk Mama yang sedang menyusui, lho!

Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh The American Heart Association yang mengemukakan bahwa vitamin C kaya akan antioksidan dan serat yang dibutuhkan. Selain itu, buah Jeruk nyatanya akan menjaga kesehatan secara maksimal untuk kelancaran aktivitas menyusui.

3. Buah Tomat untuk sistem kekebalan tubuh

3. Buah Tomat sistem kekebalan tubuh
Pixabay/couleur

Kita tentu saja tidak asing lagi dengan Tomat yang seringkali ditemukan dalam berbagai macam menu makan. Mulai dari sup hingga spaghetti. Belum lagi, Mama dan keluarga seringkali melahap makanan tertentu dengan saos tomat bukan?

Hal tersebut sangat positif untuk terus dijalani saat menyusui, Ma! Pasalnya, dilansir dari laman babygaga.com, Tomat memiliki asupan gizi yang kaya akan zat besi sehingga membantu proses pembentukan darah. Selain itu, Tomat juga mengandung vitamin C yang menjaga sistem kekebalan tubuh untuk proses menyusui yang sempurna.

4. Dada ayam untuk beri kekuatan

4. Dada ayam beri kekuatan
Pixabay/ritae

Berbicara mengenai makanan, Mama tentu membutuhkan asupan daging sebagai salah satu sumber energi tubuh fisik Mama. Dalam hal ini, Mama dapat memilih daging ayam di mana Mama dianjurkan untuk melahap bagian dada.

Berdasarkan Healthline, dada ayam memiliki kandungan protein yang sangat tinggi di mana kandungan ini sangat dibutuhkan untuk kekuatan fisik Mama yang menyusui beserta Si Kecil itu sendiri. Bukan hanya itu, dada ayam rendah akan kalori dan lemak sehingga sehat untuk dikonsumsi, lho!

5. Keju sebagai opsi lain untuk meningkatkan kalsium

5. Keju sebagai opsi lain meningkatkan kalsium
Pixabay/stevepb

Tidak tersangkalkan lagi, kalsium merupakan faktor penting yang sebaiknya terkandung pada susu yang Mama produksi saat tengah menyusui. Hal ini dapat Mama dapatkan dengan cara mengonsumsi susu dan keju.

Benar sekali, Ma! Keju dapat dijadikan sebagai opsi lain untuk meningkatkan kalsium karena kalsium beserta protein ditemukan di dalamnya. Hal inilah yang membuat Momjunction merekomendasikan keju untuk dikonsumsi saat menyusui.

Sekarang, Mama sudah mengetahui jenis-jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat menyusui. Yuk, sertakan semuanya dalam menu makanan Mama. Selamat makan, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk