TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Rekomendasi Kado Kekinian untuk Ibu Melahirkan, Catat Ya!

Mulai dari hadiah untuk sang bayi maupun ibunya

9 Agustus 2022

15 Rekomendasi Kado Kekinian Ibu Melahirkan, Catat Ya
Pexels/Isaac Hermar

Ketika salah satu anggota keluarga atau teman dekat melahirkan, Mama pasti akan menjenguk sang ibu dan bayinya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk silaturahmi sekaligus memberikan ucapan selamat dan rasa syukur. 

Tak jarang, menjenguk ibu yang baru saja melahirkan juga disertai dengan pemberian hadiah dan ucapan menyentuh. Entah itu hadiah untuk bayi atau pun ibunya.

Selain memberikan sesuatu yang bermanfaat, pemberian kado untuk ibu melahirkan ini juga bisa membuat mereka senang. Sebab, bisa berupa tanpda perhatian dan kasih sayang. 

Apabila Mama masih bingung dalam mencari ide hadiah saat menjenguk kerabat yang baru dikaruniai buah hati, bisa memilih salah satu dari 15 rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang kekinian dari Popmama.com berikut.

1. ASI booster

1. ASI booster
birthwaysinc.com

Ide kado untuk ibu melahirkan yang bisa Mama berikan pada kerabat dekat adalah ASI booster

Kini, ada banyak sekali produk yang bisa melancarkan keluarnya ASI sehingga proses menyusui bisa berjalan lebih maksimal. 

Produk ASI booster ini sangatlah beragam. Mama bisa membelinya dalam bentuk susu siap minum, hingga camilan nikmat yang kaya akan nutrisi. 

Bisa juga memberikan ASI booster dalam bentuk vitamin agar produksi ASI mencukupi dan berkualitas. Jadi, tumbuh kembang bayi lebih optimal. 

2. Baju untuk ibu menyusui

2. Baju ibu menyusui
a2oshop.com

Hadiah lain yang bisa Mama berikan untuk ibu melahirkan, yaitu baju-baju breastfeeding friendly

Usai kerabat Mama melahirkan, ada banyak baju khusus ibu menyusui yang bisa mempermudah mereka dalam melakukan aktivitas harian. 

Biasanya, baju untuk ibu menyusui ini ditandai dengan adanya bukaan di bagian dada sehingga proses menyusui si Kecil akan lebih mudah. Bukaan yang dimaksud bisa berupa kancing di bagian depan atau pun resleting di kanan kiri dada.

Selain praktis, perhatikan juga pemilihan material baju yang akan Mama jadikan kado melahirkan. Usahakan untuk membeli baju ibu menyusui yang nyaman. 

3. Produk perawatan kulit

3. Produk perawatan kulit
Unsplash/pmv chamara

Rekomendasi kado untuk ibu melahirkan selanjutnya yang bisa Mama berikan untuk kerabat adalah skincare set

Ada banyak ibu melahirkan yang mungkin tidak memiliki waktu untuk me time karena telah disibukkan dengan aktivitas baru, berupa perawatan dan pengasuhan si Kecil. 

Padahal, merawat kulit wajah dan tubuh menjadi hal yang sangat dianjurkan bagi perempuan agar kesehatannya terjaga. 

Nah, agar kulit ibu melahirkan tetap terawat, Mama bisa memberikan kado berupa satu set produk perawatan kulit. Boleh produk khusus untuk wajah, tubuh, atau pun rambut.

Mama juga dapat memilih produk perawatan untuk ibu menyusui, seperti krim untuk mengatasi payudara yang lecet atau bengkak karena menyusui.

Jangan lupa untuk memilih produk skincare yang aman untuk ibu menyusui, ya. Sebab, tak semua produk perawatan kulit aman untuk ibu menyusui dan bayinya. 

4. Alat pumping ASI

4. Alat pumping ASI
babycentre.co.uk

Alat pumping ASI juga bisa jadi pilihan kado yang tepat untuk para ibu melahirkan, nih. 

Selain menyusui langsung, ibu menyusui juga bisa menggunakan breast pump untuk memompa ASI. 

Stok ASI hasil pumping ini akan sangat berguna apabila ibu bayi tidak bisa menyusui langsung karena satu dan lain hal. 

Misalnya ketika ditinggal bekerja kembali ke kantor atau karena harus pergi ke luar rumah untuk suatu alasan. ASI perah ini juga akan sangat berguna apabila bayi diajak bepergian jauh karena menyusui dengan botol dinilai lebih praktis dalam kondisi tertentu.

Ada banyak pilihan produk untuk menudukung pumping ASI. Mulai dari breast pump manual maupun elektrik, serta perlengkapan lainnya seperti storage cup hingga cooling bag.

5. Gendongan bayi

5. Gendongan bayi
Unsplash/Kyle Nieber

Gendongan bayi merupakan pilihan kado lainnya yang bisa Mama beli untuk kerabat yang baru melahirkan. 

Perlengkapan bayi yang satu ini tentu akan sangat berguna bagi para orang tua baru. 

Sama seperti kebutuhan bayi lainnya, gendongan memiliki berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. 

Misalnya baby wrap, ring slingwoven wrappouch sling, dan masih banyak lagi. 

Mama juga bisa memilih gendongan yang sesuai dengan usia bayi. Mulai dari bayi yang baru lahir, usia balita, hingga umur tertentu.

Selain itu, ada banyak gendongan bayi yang memiliki model kekinian. Dengan pilihan warna dan desain menarik. 

Jangan lupa untuk memilih jenis gendongan bayi dengan bahan berkualitas dan nyaman, ya.

6. Stroller

6. Stroller
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Stroller merupakan kereta dorong bayi yang bisa membantu orang tua untuk mobilisasi. Misalnya ketika dibawa bepergian ke luar rumah untuk urusan tertentu. 

Nah, perlengkapan bayi ini dapat jadi salah satu pilihan kado untuk ibu melahirkan. Sebab, akan sangat membantu sang ibu ketika harus membawa si Kecil bepergian. 

Misalnya ketika berjemur dan berjalan-jalan di sekitar rumah, pergi ke dokter untuk keperluan imunisasi, atau traveling

Tidak hanya dapat digunakan untuk bayi baru lahir, stroller juga biasanya bertahan lama hingga bayi mencapai usia tertentu. 

Menariknya lagi, ada banyak sekali jenis stroller yang dilengkapi berbagai fitur canggih sehingga sangat membantu para orang tua. Contohnya stroller yang dapat dilipat sehingga mudah untuk disimpan atau pun dibawa.

Editors' Picks

7. Bouncer

7. Bouncer
amazon.com

Bouncer bisa menjadi ide kado untuk ibu melahirkan selanjutnya yang dapat Mama pilih.

Ini merupakan alat bantu yang bisa digunakan orangtua baru untuk mengasuh bayi. Dengan cara kerja yang mirip seperti gendongan atau ayunan. 

Jadi, bayi bisa lebih tenang dan mudah untuk terlelap. Orangtua bayi pun bisa melakukan aktivitas lain dengan lebih leluasa karena bayi bisa ditinggal tanpa rewel. 

Biasanya, baby bouncer ini dapat digunakan sejak baru lahir hingga mencapai usia dua bulan. Mama bisa membelikan bouncer sebagai kado dengan berbagai pilihan model dan ukuran. 

Beberapa baby bouncer bahkan disertai dengan alat ayunan otomatis sehingga dapat menimang bayi tanpa mengayunkannya manual. 

8. Korset untuk ibu melahirkan

8. Korset ibu melahirkan
desertcart.com.om

Korset merupakan salah satu ide hadiah yang cocok untuk ibu melahirkan. 

Produk fashion ini biasanya digunakan untuk membuat tubuh lebih kencang dan ramping. 

Beberapa ibu melahirkan mungkin merasa insecure pada perubahan tubuh yang dialaminya sehingga menggunakan korset bisa menjadi alternatif untuk mengatasi perutnya yang bergelambir.

Biasanya, korset khusus ibu melahirkan memiliki beberapa manfaat, seperti menekan lemak tubuh, mengecilkan bagian perut, dan merampingkan pinggul. 

Pilihlah korset berbahan lembut sehingga lebih nyaman digunakan selama beraktivitas sehari-hari. 

Perlu Mama ketahui, tidak semua ibu melahirkan bisa mengenakan korset. Ibu yang melahirkan secara normal, dapat langsung mengenakan korset. Namun bagi ibu yang melahirkan caesar, harus menunggu luka atau bekas jahitannya pulih dahulu sebelum menggunakan korset.

9. Kupon perawatan khusus untuk ibu melahirkan

9. Kupon perawatan khusus ibu melahirkan
Unsplash/The Anam

Ide kado untuk ibu melahirkan berikutnya yang bisa Mama berikan pada kerabat dekat, yakni kupon atau voucher perawatan khusus. Misalnya, kupon spa atau salon kecantikan sehingga ibu melahirkan bisa me time

Aktivitas spa atau salon kecantikan ini bisa membuat tubuh ibu melahirkan merasa lebih rileks. Pada akhirnya, mereka merasa lebih bahagia karena tubuhnya kembali pulih usai lelah mengasuh si Kecil. 

Voucher spa dan perawatan kecantikan tersebut dapat meliputi banyak hal. Mulai dari creambath, pijat, lulur tubuh, hingga perawatan kuku. 

Ibu melahirkan yang telah melewati masa kehamilan selama 9 bulan ini berhak menikmati aktivitas spesial yang amat menenangkan ini. 

10. Tempat tidur bayi

10. Tempat tidur bayi
Unsplash/Alex Bodini

Selain memberikan kado untuk ibu melahirkan, bayi juga tak boleh luput dari perhatian. Sang ibu bayi pun pasti akan merasa senang akan hadiah yang diterimanya. 

Perlengkapan lain yang bisa Mama jadikan ide hadiah untuk bayi, yaitu tempat tidur. Ini bisa menjadi salah satu ide kado untuk ibu melahirkan yang bagus, lho. Sebab, bayi baru lahir memang tak dianjurkan tidur bersama orang dewasa karena ada risiko cedera.

Dalam hal ini, Mama dapat memberikan tempat tidur bayi khusus lantai, box bayi, atau mungkin bantal bayi yang empuk sebagai alas tidurnya. 

Pilihlah tempat tidur bayi yang aman dan juga nyaman. Jadi, bayi bisa mendapatkan istirahat yang cukup dan tumbuh kembangnya lebih optimal. 

Perhatikan juga masalah ukuran tempat tidur, ketebalan kasur, kekokohan dan kestabilan kerangka tempat tidurnya.

11. Diaper bag

11. Diaper bag
walmart.com

Pilihan kado untuk ibu melahirkan selanjutnya yang dapat Mama pilih, yaitu diaper bag

Perlengkapan bayi yang satu ini akan sangat dibutuhkan oleh para orang tua selama mobilisasi. 

Seperti namanya, diaper bag merupakan tas khusus yang bisa dimanfaatkan untuk wadah keperluan bayi. Mulai dari tempat membawa pampers, alat mandi, pakaian, hingga botol susu. 

Diaper bag ini tersedia dalam berbagai ukuran, pilihlah yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan sang ibu dan bayinya. 

Produk diaper bag yang dijual di pasaran juga memiliki berbagai model dan desain menarik. Mama dapat memilihnya sesuka hati dan sesuai dengan budget yang ada.

12. Apron untuk menyusui

12. Apron menyusui
ubuy.co,id

Kado untuk ibu melahirkan lainnya yang juga akan sangat membantu proses menyusui ialah apron.

Apron merupakan kain yang berfungsi sebagai penutup dada saat menyusui. Perlengkapan ibu menyusui ini akan sangat berguna ketika mereka harus menyusui bayinya di tempat umum.

Tidak hanya itu, apron untuk menyusui juga dapat melindungi bayi dari paparan sinar matahari dan angin ketika berada di luar ruangan. 

Mama bisa membeli apron dengan berbagai ukuran dan desain menarik sebagai hadiah untuk ibu melahirkan.

13. Bantal menyusui

13. Bantal menyusui
mybrestfriend.com/

Perlengkapan menyusui lainnya yang bisa Mama jadikan ide hadiah untuk ibu melahirkan, yakni bantal menyusui. 

Produk yang juga dikenal sebagai nursing pillow ini memiliki kegunaan utama sebagai penyangga bayi ketika menyusu. Biasanya, bantal menyusui terbuat dari material yang cukup kokoh untuk menopang berat badan bayi selama proses menyusu.

Selain itu, bantal menyusui juga terbuat dari bahan yang nyaman sehingga si Kecil dapat menikmati proses makan dengan menyenangkan.

Sementara bagi sang ibu, bantal menyusui akan sangat membantu mereka untuk tetap menjaga postur tubuh dengan baik. Jadi, sakit punggung dan nyeri pinggang dapat diminimalisir. 

14. Voucher jasa bersih-bersih rumah

14. Voucher jasa bersih-bersih rumah
Pexels/Tima Miroshnichenko

Ketika menjadi ibu baru, seorang perempuan akan dihadapkan dengan banyak pengalaman yang belum pernah mereka lewati sebelumnya. 

Aktivitas sehari-hari pun akan dipenuhi dengan pengasuhan dan perawatan si Kecil. Hingga tak jarang, urusan rumah terlewatkan secara tidak sengaja. 

Untuk meringankan beban para ibu yang baru saja melahirkan ini, Mama bisa memberikan mereka voucher jasa bersih-bersih rumah sebagai kado. 

Mereka pasti akan sangat senang karena jasa bersih-bersih rumah ini dapat membuat rumah lebih besih dan rapi, meski sibuk mengurus bayi seharian.

15. Makanan dan minuman favorit sang ibu

15. Makanan minuman favorit sang ibu
Unsplash/ Farhad Ibrahimzade

Ide kado untuk ibu melahirkan selanjutnya yang dapat Mama berikan, yakni menghadiahkan makanan dan minuman favoritnya. 

Dengan nutrisi yang bergizi seimbang, ibu menyusui dapat memproduksi ASI berkualitas sehingga kebutuhan makan bayi tercukupi.

Makanan dan minuman kesukaan ibu menyusui juga bisa membuat suasana hati mereka lebih baik. Jadi, proses menyusui bisa dilewati dengan lebih menyenangkan.

Itu dia 15 rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang bisa Mama jadikan inspirasi ketika menjenguk kerabat dekat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk