Mama Perlu Tahu, 7 Cara Alami Merapatkan Vagina setelah Melahirkan

Ada beberapa cara yang dapat Mama lakukan di rumah

22 Desember 2020

Mama Perlu Tahu, 7 Cara Alami Merapatkan Vagina setelah Melahirkan
Freepik/teksomolika

Salah satu keluhan banyak mama setelah melahirkan yaitu vagina yang terasa longgar dan tidak kencang. Hal ini juga dapat menyebabkan Mama menjadi kurang percaya diri saat melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Melahirkan dengan persalinan normal akan membuat vagina menjadi longgar. Hal ini terjadi lantaran saat bayi keluar akan membuat otot panggul dan vagina menjadi merenggang.

Otot pada vagina dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Tingkat elastisitas pada otot vagina akan mengalami penurunan, namun tidak permanen. Hal ini disebabkan oleh proses kelahiran dan pertambahan usia.

Vagina yang longgar merupakan hal yang wajar pada perempuan, namun beberapa orang akan merasakan tidak nyaman dan ingin memiliki vagina yang rapat kembali.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum cara alami merapatkan vagina setelah melahirkan yang dapat Mama terapkan.

Disimak ya, Ma!

1. Melakukan senam kegel

1. Melakukan senam kegel
Pinterest.com

Salah satu cara untuk merapatkan vagina yaitu melakukan senam kegel. Sebelum melakukan senam ini, sebaiknya Mama terlebih dahulu mengetahui letak otot panggul dengan cara seperti menahan urine yang hendak keluar saat buang air kecil.

Langkah pertama yang dapat Mama lakukan yaitu berbaring diatas martas olahraga. Selanjutnya melakukan pergerakan mengecangkan otot panggul selama 5 detik dan lepaskan selama 5 detik. Lakukan cara tersebut selama 15 kali. Untuk hasil yang memuaskan, Mama dapat mengulangi cara ini setiap hari sebanyak minimal 10 kali.

2. Melakukan medicine ball sit up

2. Melakukan medicine ball sit up
Freepik/user18526052

Olahraga ini seperti sit up pada umumnya, yang membedakan yaitu melakukan sit up sambil memegang bola dengan kedua tangan.

Kegiatan olahraga medicine ball sit up dapat membantu untuk mengencangkan otot vagina. Tak hanya itu, gerakan ini juga dapat mengurangi lemak yang terdapat pada bagian perut agar kembali ideal.

Editors' Picks

3. Melakukan latihan mengangkat kaki

3. Melakukan latihan mengangkat kaki
Freepik/yanalya

Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan dan dapat membantu merapatkan vagina yang longgar. Untuk melakukan gerakan ini cukup membaringkan tubuh di atas matras atau lantai dan angkat kedua kaki ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat.

Selama kaki diangkat, kedua tangan ditaruh pada sisi tubuh. Tahan kaki semampu Mama atau kira-kira selama 10 detik. Ulangi gerakan ini hingga sepuluh kali selama sehari. Untuk hasil yang maksimal, Mama dapat melakukan latihan ini setiap hari.

4. Orgasme ketika melakukan hubungan intim dengan pasangan

4. Orgasme ketika melakukan hubungan intim pasangan
Freepik/beststudio

Melakukan hubungan intim dengan pasangan dan Mama mendapatkan orgasme akan membantu untuk merapatkan vagina. Ketika mama merasakan orgasme, otot dasar panggul akan dilatih untuk berkontraksi yang akan membuat otot semakin mengencang.

5. Menggunakan alat vaginal cone

5. Menggunakan alat vaginal cone
Pinterest.com

Vaginal cone merupakan alat berbentuk kerucut yang sering disebut seperti tampon. Alat ini dapat membantu mengencangkan otot pada vagina.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan bagian depan vaginal cone yang paling ringan dimasukkan ke dalam vagina selama 15 menit dalam sehari. Ketika alat ini berada di vagina, Mama bisa berusaha untuk kencangkan otot sekuat tenaga dan lepaskan ketika waktunya sudah habis.

Jika Mama sudah terbisa untuk memakainya, dapat menambah tingkatan beban pada vaginal cone. Ketika sudah selesai memakainya, bersihkan alat ini dengan air hangat dan sabun untuk menjaga kebersihan vagina mama.

6. Rajin yoga

6. Rajin yoga
Freepik/pressfoto

Yoga merupakan salah satu cara untuk membantu mengencangkan otot pada dasar panggul. Ada beberapa pose yang harus dilakukan saat yoga, yaitu child’s pose, bridge pose, dan chair pose.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Mama dapat melakukannya sesering mungkin secara benar agar terhindar dari masalah fisik.

7. Melakukan Neuromuscular electrical stimulation (NMES)

7. Melakukan Neuromuscular electrical stimulation (NMES)
verywellhealth.com

Neuromuscular electrical stimulation (NMES) dapat membantu untuk mengencangkan otot vagina. Metode ini dilakukan oleh dokter menggunakan prosedur medis yang berlaku.

Cara kerja NMES yaitu mengirimkan arus listrik ke otot panggul yang akan membuat Mama berkontraksi. Proses ini berlangsung selama 20 menit dan dapat dilakukan selama 4 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara merapatkan vagina setelah melahirkan yang dapat Mama lakukan di rumah. Semoga informasi di atas dapat membantu ya, Ma.

Semangat mempraktikannya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.