Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Persiapan Melahirkan di Usia 40 Tahun, Seperti Son Ye Jin!

Son Ye Jin rutin mengikuti kelas prenatal untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan

6 Desember 2022

Persiapan Melahirkan Usia 40 Tahun, Seperti Son Ye Jin
Soompi.com

Pada tanggal 27 Juni 2022, pasangan aktris asal Korea Selatan Son Ye Jin dan Hyun Bin umumkan kehamilan anak pertamanya pada publik.

Lewat postingan Instagram pribadinya, bintang Crash Landing On You itu mengatakan sudah merasakan perubahan pada tubuhnya. Hamil di usia 40 tahun, Son Ye Jin juga rutin mengikuti kelas prenatal selama kehamilan.

Kini, ia memiliki bayi di atas usia 35 tahun merupakan hal yang umum. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa fakor, seperti mengejar karier terlebih dahulu, mempertimbangkan faktor sosial dan lingkungan, dan memastikan kondisi finansial sudah cukup.

Berikut Popmama.com merangkum lebih jelas mengenai apa yang harus dipersiapkan saat melahiran di usia 40 tahun seperti Son Ye Jin? Yuk, kita simak bersama, Ma!

Apakah Kehamilan di Usia 40 Tahun Berisiko Tinggi?

Apakah Kehamilan Usia 40 Tahun Berisiko Tinggi
Instagram/@yejinhand

Son Ye Jin akan menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya di usia 40 tahun. Para ahli mengungkapkan perempuan yang hamil di usia lebih dari 35 tahun akan memiliki risiko komplikasi kehamilan lebih tinggi.

Kemajuan teknologi memudahkan perempuan untuk melakukan program kehamilan dengan aman saat usia 40 tahun. Namun, terdapat beberapa risiko tinggi yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  • Tekanan darah tinggi, hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan atau bisa disebut preeklamsia.
  • Diabetes gestasional, dapat terjadi selama kehamilan sampai proses kelahiran.
  • Anomali kromosom atau cacat lahir, seperti Down Syndrome.
  • Mengalami keguguran.
  • Berat lahir rendah, bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2.500 gram.
  • Kehamilan ektopik, yaitu kehamilan yang terjadi di luar rahim dan dapat mengakibatkan pendarahan parah pada ibu hamil.

Oleh karena itu, Son Ye Jin mengikuti kelas prenatal selama kehamilan. Hal tersebut dilakukan demi mengurangi risiko komplikasi kehamilan hingga persalinan tiba.

Apa yang Dirasakan Selama Kehamilan di Usia 40 Tahun?

Apa Dirasakan Selama Kehamilan Usia 40 Tahun
Freepik/frimufilms

Menurut penelitian kehamilan di usia lebih dari 35 tahun lebih menantang. Kemungkinan Mama akan lebih banyak mengalami nyeri dan rasa sakit akibat persendian dan tulang yang sudah mulai kehilangan massa seiring bertambahnya usia.

Mama juga rentan mengalami tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional. Dan kemungkinan Mama akan mengalami kelelahan yang berlebih akibat faktor usia.

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Melahirkan di Usia 40 Tahun

Hal Harus Dipersiapkan saat Melahirkan Usia 40 Tahun
Freepik/Valeria_aksakova

Kemungkinan kecil akan terjadi persalinan pervaginam di usia 40 tahun. Hal tersebut disebabkan oleh perawatan kesuburan yang bisa meningkatkan risiko kelahiran secara prematur.

Mama juga memiliki kemungkinan mengalami peningkatan risiko preeklamsia. Yang mengharuskan Mama  melakukan persalinan lewat operasi caesar demi keselamatan ibu dan bayi.

Bayi yang dilahirkan melalui vagina, atau persalinan normal saat usia 40 tahun. Akan mengalami proses lebih berbahaya dan cukup menantang, yang dapat mengakibatkan risiko bayi lahir mati lebih tinggi.

Mama tak perlu khawatir karena banyak ibu hamil dapat melahirkan bayi sehat dengan selamat di usia 40 tahun. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter, untuk mendapatkan solusi terbaik mengenai proses melahirkan yang cocok untuk Mama di usia kehamilan saat ini.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai apa yang harus dipersiapkan saat melahiran di usia 40 tahun seperti Son Ye Jin? Semoga informasinya bermanfaat, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk