Bolehkah Ibu Hamil Tidur saat Menunggu Pembukaan?

Ketahui agar tidak salah saat menuju waktu persalinan ya, Ma

13 April 2021

Bolehkah Ibu Hamil Tidur saat Menunggu Pembukaan
Freepik/Rawpixel.com

Menjelang persalinan, pasti Mama sering mendengar kata pembukaan. Istilah pembukaan memang sudah tak asing bagi calon Mama yang akan memasuki waktu persalinan.

Pembukaan sangatlah penting bagi seluruh calon Mama, sebab ini akan menjadi penentu seberapa cepat bayi akan dilahirkan ke dunia.

Saat proses pembukaan, umumnya Mama juga akan merasakan kontraksi atau rasa sakit yang diiringi. Namun yang menjadi pertanyaan ibu hamil, apakah saat pembukaan mereka diperbolehkan untuk tidur?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini. Semoga dipermudah proses persalinanannya ya, Ma!

Editors' Picks

1. Fase awal menuju persalinan

1. Fase awal menuju persalinan
Freepik/torwaiphoto

Pembukaan menjadi indikasi awal menuju waktu persalinan. Beberapa bidan maupun dokter menyebutkan bahwa fase awal pembukaan menjadi fase yang sedikit sulit diprediksi.

Sebab kebanyakan ibu hamil tidak merasakan bahwa dirinya tengah alami pembukaan. Namun beberapa ibu hamil lainnya mengalami rasa sakit dalam jangka waktu yang lama sesuai siklus kontraksi yang dirasakan.

Saat Mama mengalami kontraksi, dokter umumnya akan meminta Mama untuk mengkonsentrasikan diri pada setiap kontraksi yang dirasakan. Sebab serviks akan mengalami perubahan dengan cepat untuk mempermudah Mama mengetahui kapan fase pembukaan akan berakhir.

2. Jangka waktu pembukaan

2. Jangka waktu pembukaan
Freepik/wavebreakmedia-micro

Beberapa peneliti memperkirakan, bagi ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan umumya memiliki jangka waktu pembukaan antara lima sampai sepuluh jam.

Sementara itu, untuk ibu hamil yang sudah pernah melahirkan diperkirakan memiliki jangka waktu pembukaan antara dua sampai delapan jam.

Selama fase pembukaan inilah tubuh mama harus disiapkan sebaik mungkin dalam menghadapi kontraksi yang lebih intensif, serta mempersiapkan proses persalinan. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk calon Mama beristirahat yang cukup sebelum memasuki waktu persalinan dan menuju rumah sakit.

Penelitian menunjukkan, tinggal di rumah pada pembukaan awal persalinan sebenarnya dapat membuat persalinan yang lebih singkat dengan kemungkinan intervensi yang lebih kecil karena kondisi di rumah yang bisa membuat calon Mama lebih tenang.

3. Bolehkah tidur saat pembukaan?

3. Bolehkah tidur saat pembukaan
Freepik/tirachardz

Pembukaan menuju persalinan sendiri terdiri hingga 10 pembukaan. Jika masih tahap pembukaan awal yakni pembukaan 1-3, Mama bisa melakukan kegiatan biasa di rumah dengan tetap berpikir positif, tenang, dan bahagia.

Selain itu, Mama juga perlu memperbanyak istirahat dan minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi saat proses persalinan nanti.

Saat mengalami pembukaan awal, Mama tentu tidak mengetahui berapa lama waktu yang akan dilewati hingga persalinan tiba. Untuk itu, dianjurkan bagi ibu hamil tetap beristirahat di rumah jika kondisi pembukaan masih awal dan rasa sakit kontraksi masih dalam batas wajar.

Ibu hamil juga bisa mencoba tidur selama kontraksi pembukaan awal berlangsung jika memungkinan. Selain untuk membuat tubuh lebih tenang, Mama juga dapat menyimpan energi yang cukup untuk persalinan nanti.

Mengapa demikian? Sebab saat pembukaan semakin besar, rasa sakit atau kontraksi yang dirasakan sebelum persalinan pun akan membuat Mama merasa lelah. Sehingga jika pada pembukaan awal masih bisa diatasi dengan istirahat, pergunakan waktu tersebut sebaik mungkin, Ma.

Selain mempersiapkan fisik mama sebelum persalinan, emosi positif dalam diri juga sangat diperlukan. Sehingga cobalah tetap tenang dengan melakukan relaksasi, serta meminta dukungan emosi yang baik dari suami dan keluarga untuk melepaskan kecemasan dan meningkatkan kesiapan untuk proses persalinan.

Semoga informasi mengenai tidur saat pembukaan ini bermanfaat dan selamat menantikan kehadiran buah hati tercinta. Tetap semangat menjalani persalinannya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.