Menyambut Kelahiran si Kecil, Ini Doa Memperlancar Persalinan

Yuk, amalkan doa berikut agar persalinan mama dimudahkan

20 April 2021

Menyambut Kelahiran si Kecil, Ini Doa Memperlancar Persalinan
Pexels/fotios-photos

Menjelang kelahiran si Kecil, tentu ada perasaan campur aduk yang dirasakan setiap ibu hami. Antara senang akan bertemu buah hati, serta khawatir akan proses persalinan nanti. 

Saat memasuki waktu persalinan, umumnya proses kelahiran yang baru pertama kali dilakukan akan memakan waktu sekitar 24 jam, Ma. Sementara untuk proses persalinan berikutnya akan lebih singkat dari persalinan pertama.

Kondisi yang bervariasi inilah yang membuat Mama perlu menyiapkan diri, terlebih saat menghadapi kontraksi. Selain mempersiapkan kondisi tubuh yang prima dengan istirahat yang cukup sebelum persalinan, Mama pun harus memperbanyak berdoa.

Dalam ajaran agama Islam, terdapat beberapa doa yang bisa dipanjatkan ibu hamil untuk membantu memperlancar persalinan nanti. Apa saja doanya? Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa kumpulan doa memperlancar persalinan.

Disimak dan diamalkan yuk, Ma!

1. Membaca Surat Al-Baqarah ayat 255

1. Membaca Surat Al-Baqarah ayat 255
Pixabay/cahiwak

Surat Al-Baqarah ayat 255 atau biasa dikenal dengan ayat kursi menjadi salah satu doa yang bisa ibu hamil amalkan menjelang persalinan. Agar mempermudah dan melancarkan persalinan, Mama bisa melafalkan ayat kursi sebagai berikut:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa biidznih, ya'lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai'im min 'ilmihii illaa bimaa syaa' wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya'uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal 'aliyyul 'adhiim.

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Editors' Picks

2. Membaca Surat Al-A'raf ayat 54

2. Membaca Surat Al-A'raf ayat 54
Freepik

Selain ayat kursi, surat Al-A'raf ayat 54 juga bisa Mama lafalkan untuk melancarkan proses persalinan si Kecil nanti. Adapun bacaan surat Al-A'raf adalah sebagai berikut:

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰ

Inna rabbakumullaahullazii khalaqas-samaawaati wal-arda fii sittati ayyaamin summastawaa 'alal-'arsy, yugsyil lailan nahaara yatlubuhu hasiisaw wasy syamsa wal qamara wan-nujuma musakhkharaatim bi'amrihii alaa lahul-khalqu wal-amr, tabaarakallaahu rabbul-'aalamiin.

Artinya: "Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam."

3. Membaca surat Al-Falaq dan An-Naas

3. Membaca surat Al-Falaq An-Naas
Pixabay/shzern

Kedua surat berikut juga menjadi dua doa yang bisa Mama panjatkan agar proses persalinan berjalan lancar sampai bertemu dengan buah hati. Mama bisa melafalkan surat Al-Falaq dan An-Naas secara bergantian.

Adapun surat Al-Falaq sebagai berikut:

 قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِۙ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil 'uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.

Artinya :"Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

Selanjutnya surat An-Naas sebagai berikut:


قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ مَلِكِ النَّاسِۙ اِلٰهِ النَّاسِۙ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

4. Perbanyak membaca Al-Quran dan istigfar

4. Perbanyak membaca Al-Quran istigfar
Freepik/rawpixel

Dari doa-doa di atas, surat tersebut menjadi perintah Rasulullah SAW ketika Fathimah RA akan melahirkan. Di mana Rasulullah SAW memerintahkan Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin R.A untuk mendampingi putrinya itu.

Rasulullah SAW meminta keduanya untuk membaca ayat Kursi yang terdapat dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 255, surat Al-A'raf ayat 54 dan surat Al-Falaq serta surat An-Nas di dekat Sayidatina Fathimah RA agar proses persalinannya dipermudah Allah SWT.

Selain doa-doa yang dianjurkan Rasulullah SAW, Mama juga diperintahkan untuk memperbanyak membaca ayat suci Al-Quran dan istigfar. Adapun keutamaan orang-orang beristigfar adalah sebagai berikut:

"Barang siapa membiasakan diri untuk beristigfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka sangka." (HR. Abu Dauddan Ibnu Majah)

Itulah doa memperlancar persalinan yang bisa Mama panjatkan ketika mendekati waktu melahirkan. Harapannya agar doa-doa di atas dapat memperlancar proses persalinan mama sampai bertemu si Kecil.

Semoga bermanfaat dan selamat menantikan kelahiran buah hati tercinta ya, Ma, Pa!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.