Kabar Baik! Antibodi Vaksin Covid-19 Terdeteksi di Dalam ASI

Masih ragu untuk vaksin, Ma?

27 Maret 2021

Kabar Baik Antibodi Vaksin Covid-19 Terdeteksi Dalam ASI
Pexels/Wendy Wei

Masih berlangsungnya proses vaksinasi kepada masyarakat Indonesia ternyata membuat tak sedikit perempuan, terlebih ibu hamil dan menyusi merasa ragu untuk melakukannya.

Pada ibu menyusui, umumnya mereka merasa ragu dan takut untuk mendapatkan vaksin Covid-19 lantaran masih memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya.

Melalui lama Instagram pribadinya, Kandidat PhD dari Kobe University, Jepang yang juga aktif sebagai edukator kesehatan di media sosial, dr. Adam Prabata, membagikan unggahan:

Antibodi yang muncul karena vaksin Covid-19 terdeteksi di Air Susu Ibu (ASI), Kabar Baik!

Informasi ini menyusul kabar baik sebelumnya yang mana terdapat bayi pertama di Florida yang lahir dengan antibodi Covid-19 lantaran sang Mama yang pernah mendapat vaksinasi semasa kehamilannya.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkum informasi dari berbagai sumber untuk Mama. Semoga bisa menjadi pencerahan untuk mengikuti vaksinasi ya, Ma!

Editors' Picks

1. Vaksin aman untuk ibu menyusui

1. Vaksin aman ibu menyusui
Pexels/Alena Shekhovtcova

Dalam unggahannya dr Adam menyebutkan, terdapat penelitian terbaru yang menunjukkan vaksin Covid-19 aman diberikan untuk ibu menyusui, bahkan antibodinya bisa muncul pada ASI, Ma.

Tentu saja informasi ini membuat banyak komentar positif yang dilontarkan banyak mama karena mengurangi rasa kecemasan mereka akan vaksinasi Covid-19 tersebut.

2. Masih banyak tempat vaksin yang belum mengizinkan

2. Masih banyak tempat vaksin belum mengizinkan
Freepik

Dari unggahan dr. Adam, banyak para ibu menyusui yang melontarkan komentar bahwa di wilayah mereka masih belum mengizinkan untuk ibu menyusui mendapatkan vaksin.

Seperti komentar yang dilontarkan akun @kartikawulndr, "Dok tapi kalau beberapa tempat vaksin tidak memperbolehkan ibu menyusui di vaksin gimana?"

Melihat banyak para mama lainnya yang berkomentar demikian, dr. Adam pun menyebutkan seharusnya setiap tempat vaksinasi sudah memperbolehkan memberikan vaksin Covid-19 kepada ibu menyusui, karena petunjuk teknis dari Kemenkes pun sudah membolehkan.

3. Antibodi ditemukan pada bayi baru lahir

3. Antibodi ditemukan bayi baru lahir
Pexels/Pixabay

Sebelumnya, antibodi vaksin Covid-19 juga terdeteksi pada seorang bayi asal Florida, Amerika Serikat yang lahir sebagai bayi pertama dengan antibodi Covid-19 setelah sang Mama pernah mendapat vaksinasi ketika sedang hamil.

Dikutip dari WPBF, dokter anak Paul Gilbert mengatakan, "Sepengetahuan kami, ini adalah laporan pertama di dunia tentang bayi yang lahir dengan antibodi setelah ibunya divaksinasi.”

Meski pemberian vaksin Covid-19 pada ibu hamil masih terus dilakukan penelitian lanjutan, namun hal ini tentu membawa sedikit kabar baik bagi para ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi.

Nah, itulah informasi seputar antibodi Covid-19 yang terdeteksi pada ASI. Melalui kedua kabar baik tersebut, semoga membuat keraguan dan ketakutan mama akan vaksin Covid-19 sedikit berkurang ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.