7 Latihan yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Induksi Persalinan

Gerakan tertentu bisa memposisikan bayi dengan benar untuk persalinan, Ma

13 Mei 2021

7 Latihan Bisa Dilakukan Rumah Induksi Persalinan
Pexels/Yan Krukov

Dipenghujung trimester ketiga kehamilan, banyak calon mama yang merasa bahagia sekaligus cemas dalam menantikan kelahiran buah hatinya.

Namun, jika mendekati hari perkiraan lahir (HPL) sang Calon Bayi tak kunjung memberikan tanda-tanda kontraksi, beberapa ibu hamil memilih untuk segera mengambil tindakan dengan menginduksi persalinan sendiri.

Dilansir dari Parents, Ilana Ressler, M.D., ahli endokrin reproduksi di RMA of Connecticut menyebutkan, “Penting bagi setiap perempuan hamil untuk mendiskusikan induksi persalinan dan berencana untuk mencobanya di rumah dengan dokternya.” 

Dengan melakukan beberapa gerakan di rumah, ini akan membantu mendorong persalinan terjadi secara alami, yang akan melibatkan posisi bayi dengan benar dan meningkatkan kesejajaran tubuh mama melalui beberapa gerakan tertentu.

Ashley Brichter, pendiri dan CEO Birth Smarter menjelaskan, agar persalinan dimulai dengan baik dan berkembang, bayi harus dalam posisi optimal (kepala menunduk, menghadap punggung dengan dagu menempel). Mama juga perlu mendorong penyelarasan tubuh yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak ruang di punggung bawah, yang mana memungkinkan bayi berputar dan turun.

Lantas, apa latihan yang aman dan bisa calon Mama lakukan untuk induksi persalinan di rumah? Yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini, Ma.

1. Sejajarkan tubuh

1. Sejajarkan tubuh
Freepik

Alih-alih mendorong perut ke depan saat berdiri, cobalah untuk tetap sejajar dengan pinggul di atas pergelangan kaki. Gerakan ini mudah Mama lakukan sambil melakukan kegiatan ringan di rumah seperti mencuci piring dan sebagainya.

Selain sejajarkan posisi tubuh, pastikan juga untuk tidak membungkuk ketika duduk ya, Ma. Ini bertujuan untuk mendorong bayi agar bergerak ke posisi yang benar.

2. Miringkan panggul

2. Miringkan panggul
Pexels/Amina Filkins

Selama persalinan nanti, tulang panggul m ama akan tertarik untuk menampung kepala bayi. Sehingga penting untuk menjaga persendian tetap longgar dengan melakukan latihan memiringkan panggul.

Mama bisa mencoba berbaring telentang, kemudian letakkan kaki sejajar di lantai dan tekuk lutut. Angkat panggul secara perlahan hingga sejajar dengan tubuh mama. Tahan selama 10 detik, kembali ke posisi awal, dan ulangi beberapa kali ya, Ma.

Editors' Picks

3. Rutin berjalan kaki

3. Rutin berjalan kaki
Pexels/negativespace

Jalan kaki menjadi olahraga ringan yang umum dilakukan oleh ibu hamil. Selain mudah dilakukan, jalan kaki juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil hingga persalinan tiba.

Jalan kaki sendiri bisa dijadikan latihan terbaik dan aman untuk menginduksi persalinan, karena membantu pelebaran serviks dan memungkinkan bayi turun ke panggul. Dengan berjalan, Mama juga dapat meredakan beberapa kecemasan menjelang persalinan.

4. Sejajarkan kaki

4. Sejajarkan kaki
Freepik/senivpetro

Selain mensejajarkan tubuh, Mama juga bisa sejajarkan kaki untuk membantu memisahkan tulang sitz. Dengan begitu, ini akan memudahkan untuk mendapat lebih banyak ruang di punggung bawah yang membuat proses persalinan menjadi lebih mudah.

5. Duduk di bola persalinan

5. Duduk bola persalinan
Pexels/Gustavo Fring

Jika Mama memiliki bola persalinan di rumah, cobalah untuk duduk di atasnya dengan posisi kaki lebar netral. Ini berguna untuk mempersiapkan tubuh menjelang persalinan yang akan meningkatkan aliran darah, membuka panggul, dan mendorong pelebaran serviks.

Selain itu, Mama juga bisa melakukan gerakan dengan bola persalinan untuk induksi dengan gerakan rotasi pinggul melingkar, goyang, dan pantulan lembut.

6. Lakukan latihan dengan paru-paru

6. Lakukan latihan paru-paru
Pixabay/mvorocha-1656750

Paru-paru dapat membantu meregangkan pinggul dan membuka panggul, yang mana akan membantu bayi bergerak ke posisi persalinan yang ideal. Berikut cara yang bisa Mama lakukan yakni dengan berdiri tegak, lalu ambil langkah besar ke depan dengan satu kaki, dengan lutut tetap di atas pergelangan kaki. Kaki lainnya harus jatuh sehingga sejajar dengan tanah ya, Ma. Kemudian dorong kembali ke posisi awal, lalu ulangi dengan kaki lainnya.

7. Lakukan pose kupu-kupu

7. Lakukan pose kupu-kupu
Freepik/lookstudio

Jika Mama mengikuti kelas yoga, mungkin gerakan ini sudah tak asing untuk Mama. Tak hanya menyehatkan, pose kupu-kupu ternyata dapat meningkatkan kelenturan pada sendi panggul, meningkatkan aliran darah, dan membuat persalinan lebih mudah, Ma.

Untuk melakukan pose ini, cobalah untuk duduk dengan tegak di lantai, kemudian satukan telapak kaki sambil menekuk lutut. Tarik kaki ke arah tubuh untuk merasakan regangan di pinggul dan paha bagian dalam, dan jangan lupa untuk menarik napas dalam-dalam.

Itulah beberapa gerakan yang direkomendasikan untuk menginduksi persalinan di rumah. Jika sudah mendekati HPL dan belum muncul tanda-tanda kontraksi, yuk coba lakukan sendiri dulu di rumah, Ma.

Sebelum melakukannya, pastikan Mama sudah berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk mengetahui gerakan apa saja yang sebaiknya bisa Mama lakukan. Selamat mencoba dan selamat menantikan kelahiran buah hati tercinta, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.