TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Melahirkan Kembar Tiga, Mama Ini Coba Selamatkan Bayinya dengan CPR

Coba menyelamatkan bayi yang pertama sambil menahan kontraksi bayi lain yang masih di perut

4 Agustus 2018

Melahirkan Kembar Tiga, Mama Ini Coba Selamatkan Bayi CPR
huffingtonpost.ca

Danielle Johnston melahirkan bayi kembar tiga pada 16 Juli dan 17 Juli 2018. Danielle melewati momen menjadi seorang Mama dengan cara yang keras. 

Danielle adalah seorang Mama asal Saskatchewan. Ia mampu menyelamatkan bayi kembarnya yang baru lahir untuk hidup pada bulan lalu dengan menyadarkan salah satu dari mereka saat sedang melahirkan dua bayu lainnya. Ini bukan pertama kalinya ia menyelamatkan salah satu kehidupan anak-anaknya.

Setelah menjalani persalinan dini di rumah pada 16 Juli dan melahirkan bayi pertama, yang tidak bernapas, Danielle Johnston memberi putrinya CPR sambil menunggu 45 menit kedatangan ambulans untuk membawa mereka ke rumah sakit.

CPR adalah tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. Ini memiliki teknik tersendiri agar CPR yang diterapkan bisa berhasil.

"Saya terus melakukan CPR pada bayi saya dan sementara itu saya masih memiliki dua lagi di dalam perut saya dan saya berjuang melawan kontraksi," kata Danielle Johnston, yang tinggal di sebuah peternakan dekat Griffin kepada laman HuffPost Kanada.

Johnston melahirkan dua anak laki-laki dengan bedah caesar di Regina General Hospital tepat setelah tengah malam. Secara teknis, si kembar tiga sekarang memiliki dua hari ulang tahun yang berbeda.

Ketiga bayi itu diberikan nama Karlee, Jack, dan Liam. Mereka distabilkan dan masih berada di unit perawatan intensif neonatal (NICU), di mana mereka tumbuh dengan baik, kata Johnston.

"Mereka sangat luar biasa," katanya. "Mereka kuat."

Kembar tiga Danielle Johnston pulih setelah dirawat di NICU

Kembar tiga Danielle Johnston pulih setelah dirawat NICU
huffingtonpost.ca

Johnston saat ini memiliki lima anak. Anak pertamanya memiliki kisah tersendiri karena hamil 32 minggu. Anak keduanya Kate, sekarang berusia 9 tahun.

Persalinan ketiganya adalah saat Johnston melahirkan si bayi kembar tiga dan tidak menunjukkan tanda-tanda persalinan dini. 

Tetapi pada 16 Juli ia tiba-tiba mulai mengalami kontraksi yang kuat setelah tertidur sambil menempatkan anaknya ke tempat tidur.

"Aku bangun karena mengalami rasa sakit yang luar biasa."

Putra tertuanya, Dillon yang berusia 15 tahun, memanggil ambulans, tetapi rasa sakit Johnston semakin memburuk, dan kemudian dia memiliki keinginan kuat untuk mendorong. Begitulah kontraksi yang mulai terjadi.

"Saya harus menarik bayi keluar dari tubuh saya, dan ketika dia keluar dia tidak bernapas," kata Johnston menceritakan bayi kembarnya yang pertama.

Dillon membantu ibunya ke sofa, di mana dia melakukan CPR pada bayinya. Atas instruksi ibunya, Dillon kemudian mengemudikan van keluarga ke ujung jalan untuk menunggu ambulans sementara dia terus memberikan Karlee CPR.

Karlee Johnston lahir di rumah pada 16 Juli 2018. Dia adalah bayi kembar tertua yang sangat tangguh.

Sementara itu, suami Johnston, Trevor, pulang kerja langsung menemui putra tertuanya yang sedang menunggu di jalan utama.

"Dillon mengatakan kalau, 'Ibu punya bayi dan aku harus menunggu ambulans'," kata Danielle Johnston sambil tertawa menirukan perkataan anaknya.

Ketika bantuan tiba, Johnston dan Karlee pertama kali dibawa ke rumah sakit di Weyburn, kemudian Johnston dilarikan ke Regina karena kedua anak laki-laki itu ternyata sungsang. 

Mereka dikirim ke sana untuk menjalani C-section, dan Karlee segera bergabung dengan mereka, diangkut dari Weyburn dengan ambulans neonatal bersama dengan Trevor, kata Johnston.
 

Jack dan Liam Johnston lahir 17 Juli 2018

Jack Liam Johnston lahir 17 Juli 2018
huffingtonpost.ca

Jack dan Liam Johnston lahir 17 Juli 201810 bulan, ia dan Johnston terpendam di pasir ketika sebuah bukit runtuh di dekat Mainprize Regional Park di Midale, Saskatchewan. 

"Kami menemukan kepalanya dan menariknya keluar. Saya mendapatkan pasir dari wajah dan mulutnya, dan memberikan CPR-nya, kemudian dia mulai menangis. Itu seperti terasa berat diangkat ketika saya mendengar dia menangis," kata Johnston pada sebuah media koran pada tahun.

Memiliki kakak yang baik dan sehat

Memiliki kakak baik sehat
huffingtonpost.ca

Saat ini, Kate adalah seorang gadis yang yang bahagia dan sehat. Ia juga sudah menjadi seorang kakak dari 3 orang adik bayi kembar. Ia bahkan sudah bisa memangku adiknya yang masih bayi dengan baik.

Itulah kisah menantang tentang perjuangan seorang Mama saat melahirkan bayinya. Bukan hanya satu, tapi ini melahirkan bayi kembar tiga lho!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk