TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Salah Satu Janin Kembar Marissa Nasution Meninggal Dunia

Jantung putrinya berhenti setelah melalui operasi fetal

16 Februari 2018

Salah Satu Janin Kembar Marissa Nasution Meninggal Dunia
Instagram.com/marissaln

Hati orangtua mana yang tak patah ketika mengetahui anak yang tengah dinantikan tiba-tiba jantungnya berhenti. Hal ini tengah dialami oleh artis dan pembawa acara, Marissa Nasution.

Istri dari Warren Conrad ini harus menghadapi kenyataan bahwa salah satu janin putrinya meninggal dunia.

Berikut informasi mengenai kehamilan anak kembar Marissa Nasution.

1. Diketahui jantungnya berhenti sejak awal februari

1. Diketahui jantung berhenti sejak awal februari
Instagram.com/marissaln

Melalui akun Instagramnya @marissaln, Marissa Nasution mengungkapkan curahan hatinya mengenai kehilangan salah satu janinnya.

On the 7th February 2018 our daughter Moana’s heart stopped beating after undergoing fetal surgery. As parents we are both heartbroken and devastated grieving for our daughter but at the same time her sister is fighting every day to survive and become stronger.

Mama and baby are recovering now in Singapore. For now we hope that you can put our little fighter and our little Moana in your prayers. Thank you, mama marissa and papa benedikt.”

Seperti yang diungkapkan melalui caption fotonya, saudara kembar dari anaknya masih bertahan dalam kandungan Marissa Nasution.

Marissa melakukan operasi fetal di Singapura. Pada caption-nya, ia mengatakan bahwa dirinya beserta bayinya sudah dalam masa pemulihan.

Editors' Picks

2. Suami yang terus menguatkannya

2. Suami terus menguatkannya
Instagram.com/marissaln

Meski sedih harus kehilangan salah satu bayi kembarnya, Marissa begitu bersyukur karena memiliki suami yang begitu mencintainya dan menguatkan langkahnya.

Tepat di hari Valentine, Marissa memposting foto yang mengungkapkan bagaimana sang suami begitu indah dimatanya. Marissa begitu berterima kasih kepada sang suami yang terus memegang tangannya pada setiap langkahnya.

“The last days have not been easy on us but in our grief together I have truly seen you and what a wonderful father you have already become. You love our little girls so much and it broke my heart seeing you in pain but I am so endlessly grateful for your selfless love, for me and our baby girls. Thank you for holding my hand every step of the way. Thank you for being my husband. Happy Love Day, to the moon and back.”

3. Apa itu operasi fetal?

3. Apa itu operasi fetal
Instagram.com/marissaln

Pada caption Instagramnya, Marissa Nasution menyebutkan operasi fetal. Sebenarnya apa itu operasi fetal ya, Ma.

Dilansir dari medicinenet.com, fetal surgery atau operasi janin adalah perawatan bedah janin sebelum kelahiran. Operasi ini juga disebut operasi prenatal atau antenatal.

Misalnya, jika janin memiliki bentuk hernia diafragma bawaan yang parah, di mana hati berada di dada dan perkembangan paru-paru sangat dibatasi, operasi janin dilakukan untuk mengurangi tingkat keparahan masalah tersebut dan memungkinkan bayi untuk hidup sampai kelahiran.

4. Teknik dari operasi fetal

4. Teknik dari operasi fetal
Pexels/rawpixel.com

Dilansir dari childrenshospital.org, terdapat dua kategori teknik operasi fetal, yaitu:  

  • Open fetal surgery

Teknik histerotomi (bedah caesar) dilakukan dengan cara sebagian janin diangkat sehingga area yang perlu dioperasi terbuka. Setelah melakukan operasi korektif, janin dikembalikan dan rahim tertutup.

Dalam beberapa kasus, operasi pada janin dijadwalkan bertepatan dengan kelahiran. Pembedahan dilakukan pada bayi setelah operasi sesar, tapi sebelum tali pusat dipotong, agar janin ditopang oleh plasenta ibu dan tidak harus bernafas sendiri.

Metode ini dikenal sebagai EXIT (ex utero intrapartum treatment) biasanya digunakan saat janin menderita cacat bawaan yang menghalangi jalan nafas, seperti teratoma serviks.

EXIT memberi waktu kepada ahli bedah untuk melakukan beberapa prosedur mengamankan jalan napas bayi, sehingga pada saat pusat terpotong dan bayi dipastikan harus bernafas, pastikan bayi memiliki jalan napas yang tidak terblokir.

  • Fetoscopic surgery

Jenis operasi ini menggunakan teknik invasif minimal, lebih sering digunakan daripada operasi terbuka.

Ahli bedah menggunakan fiber-optic telescopes dan alat yang dirancang khusus untuk masuk ke dalam rahim melalui lubang bedah kecil demi memperbaiki malformasi bawaan tanpa sayatan besar atau mengeluarkan janin dari rahim.

Alternatif ini kurang traumatis dan mengurangi kemungkinan persalinan prematur.

Itulah penjelasan mengenai operasi fetal. Semoga informasi ini dapat berguna ya, Ma.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk