Konsumsi Air Kelapa dapat Melancarkan Persalinan? Ini Faktanya!

Sebelum percaya, ternyata begini faktanya!

24 Juni 2020

Konsumsi Air Kelapa dapat Melancarkan Persalinan Ini Faktanya
Freepik/Foodiesfeed

Minum air kelapa untuk ibu hamil dipercaya bisa melancarkan persalinan.  Selama hamil, memang banyak berkembang hal-hal yang berhubungan dengan masa kehamilan hingga persalinan. Mulai dari kebiasaan, aktivitas, makanan hingga minuman tertentu, salah satunya adalah air kelapa ini.

Menjawab hal yang banyak diyakini orang tersebut, dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Eric Kasmaran Sp.OG pun menyatakan pendapatnya untuk menjawab fakta sebenarnya.

Bagaimana menurut dokter tentang informasi ini? Berikut Popmama.com rangkum fakta selengkapnya.

1. Faktanya, air kelapa bisa melancarkan persalinan hanya mitos

1. Faktanya, air kelapa bisa melancarkan persalinan ha mitos
freepik.com

Dalam acara webinar Persiapan Persalinan New Normal pada Kamis (18/6/2020), dokter Eric mengungkapkan bahwa air kelapa dapat melancarkan persalinan adalah mitos belaka.

"Belum ada penelitian yang membuktikan dengan mengonsumsi air kelapa dapat melancarkan persalinan," ucap Eric saat webihar.

Eric juga mengungkapkan bahkan mengonsumsi air kelapa saat ibu hamil secara berlebihan bisa berbahaya. 

"Konsumsi air kelapa secara berlebihan justru dapat menyebabkan kontraksi berlebihan," kata dr Eric.

Editors' Picks

2. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang bisa bantu persalinan lancar

2. Konsumsi makanan gizi seimbang bisa bantu persalinan lancar
Freepik/tirachardz

Untuk memperlancar proses persalinan, dokter Eric menyarankan akan ibu hamil untuk memenuhi gizi seimbang. Oleh karenanya, ibu hamil jangan hanya fokus untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan tertentu saja, karena semua gizi harus seimbang mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineralnya.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan protein dari daging, telur, hewan laut, dan kacang-kacangan. Kemudian lemak dari daging atau telur. Serta serat, vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dengan memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, tambah juga dengan susu baik dalam bentu cair atau olahan. Dokter Eric mengingatkan juga jangan lupa untuk minum banyak air putih.

Selama pandemi Covid-19, ia menjelaskan lebih baik memasak makanan sendiri di rumah.

"Hindari makan di luar, lebih diutamakan makanan segar yang dimasak sendiri untuk menjamin keamanan makanan," tambah Eric.

3. Jika mengonsumsi air kelapa berlebih bisa kena Hiperkalemia

3. Jika mengonsumsi air kelapa berlebih bisa kena Hiperkalemia
Pexels/Engin Akyurt

Dikutip dari website momjunction.com bahwa minum air kelapa untuk ibu hamil sangat aman. Namun, tetap harus dalam batas yang wajar. Mengingat air kelapa kaya akan mineral seperti kalium. Ketika ibu hamil kelebihan kalium dapat menyebabkan hiperkalemia.

Hiperkalemia adalah kondisi ketika jumlah kalium dalam darah lebih tinggi dari nilai normal. Kalium berfungsi untuk memperlancar fungsi otot, saraf, dan jantung. Namun, ketika berlebihan, aktivitas listrik di dalam jantung akan terganggu, yang ditandai dengan melambatnya detak jantung dan dapat berujung pada kematian.

4. Berapa banyak air kelapa yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil?

4. Berapa banyak air kelapa aman dikonsumsi ibu hamil
freepik.com/wavebreakmedia

Untuk menunjang kesehatan ibu hamil, air kepala bisa sangat bermanfaat. Oleh karenanya, ada takaran dan ukuran tertentu agar Mama tidak berlebihan mengonsumsi air kelapa selama kehamilan. Mengutip laman momjunction.com berikut sederet faktanya.

Berapa banyak air kelapa yang bisa dikonsumsi ibu hamil?

  • Mama bisa minum satu sampai dua gelas air kelapa hanya beberapa kali dalam seminggu. Air kelapa ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan hidrasi dalam tubuh.
  • Lebih memilih mengonsumsi air kelapa segar dari kelapa muda dibandingkan dengan air kelapa dalam kemasan.
  • Jangan memaksakan meminum air kelapa jika Mama punya alergi atau tidak menyukai rasanya.

Itulah tadi informasi seputar mengenai air kelapa untuk memperlancar persalinan menurut ahli. Sebagai ibu hamil, Mama wajib tahu informasi seputar manfaat dan mitos air kelapa untuk ibu hamil.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.