Eksklusif: Sempat Khawatir Tak Bisa Menyusui, Tika Bravani Lakukan Persiapan MengASIhi sejak Hamil

Mitos soal ukuran payudara yang memengaruhi ASI sempat jadi kekhawatiran Tika lho

21 April 2021

Eksklusif Sempat Khawatir Tak Bisa Menyusui, Tika Bravani Lakukan Persiapan MengASIhi sejak Hamil
Popmama.com/Sweet Escape

Setahun menjadi Mama, banyak cerita yang dialami oleh Tika Bravani. Sebagai Mama yang mendukung untuk memberikan ASI, Tika Bravani pun punya cerita sendiri dalam menyusui anaknya, Kalam Mahandika Jusuf.

Millennial Mama of The Month April 2021 ini menceritakan ia bukanlah orang yang tadinya paham mengenai ASI dan menyusui. Oleh karenanya, Tika sudah membaca banyak buku dan menanyakan berbagai hal sejak dirinya hamil.

Selama kalam berumur 0-6 bulan, Tika menyusui anaknya secara eksklusif. Namun, sekarang anaknya itu sudah mulai MPASI sehingga frekuensi menyusuinya pun mulai berkurang. 

Bagaimana cerita mengASIhi Tika Bravani dengan anak pertamanya itu? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Sempat khawatir dengan ukuran payudara, cerita mengASIhi Tika cukup lancar

1. Sempat khawatir ukuran payudara, cerita mengASIhi Tika cukup lancar
Popmama.com/Dimas Prasetyo
Photoshoot dilakukan secara virtual

Hal pertama yang terbersit dalam benak Tika ketika mengandung anak dan akan menyusui adalah soal ukuran payudara. Bukan tanpa sebab, aktris yang sempat berakting menjadi Denok dalam sinetron Tukang Ojek Pangkalan ini sempat khawatir tidak bisa memberikan ASI karena ukuran payudaranya cukup kecil.

Mitos yang menyebut kelancaran ASI ditentukan dari ukuran payudara pun memang terbukti tidak benar. Selama 6 bulan pertama memberikan ASI eksklusif, Tika tidak mengalami kendala yang berarti.

"Perjalanan ASI yang saya khawatirkan tadinya karena punya payudara tidak terlalu besar, kira-kira bisa tidak ya sih menyusui? Tapi, ternyata lancar-lancar saja," jelas Tika.

Dalam menyusui, Tika menyebut jika harus keras kepala dan yakin kalau setiap Mama pasti bisa. Tika juga memberikan tips agar para Mama yang menyusui bisa mengatur pola makan yang baik untuk kelancaran ASI-nya. 
 
"Memang harus yakin dan keras kepala untuk bisa, saya bisa nih menyusui ekslusif dan menjaga kualitasnya juga. Usahanya juga dengan mengatur pola makan. Jadi InsyaAllah lancar," jelas Tika.

2. Tika Bravani sudah menyiapkan cara mengASIhi anak sejak hamil

2. Tika Bravani sudah menyiapkan cara mengASIhi anak sejak hamil
Popmama.com/Sweet Escape

Cerita tentang mengASIhi untungnya sudah didapatkan oleh Tika sejak dirinya hamil. Berawal dari temannya yang sudah memiliki anak lebih dulu, Tika pun mulai belajar sebelum Kalam lahir.

"Karena temen saya waktu itu drama sekali mengASIhinya. Akhirnya saya banyak baca buku. Saya juga belajar caranya untuk pumping, pentingnya pumping dan sebagainya. Saya juga belajar buat menjaga asupan yang dibutuhkan untuk persiapan menyusui," pungkas Tika.

Persiapan mengASIhi diyakini Tika hanya berawal dari kita melahirkan saja. Melainkan jauh dari pada itu. Tika Bravani meyakini, anak yang sehat tentu akan lahir dari Mama yang sehat dan menjaga tubuhnya dengan baik.

Menurut Tika Bravani persiapan itu sangat perlu. Tika menggaris bawahi, ia sangat merasakan manfaat dari menjaga asupan gizi dengan produksi dan kualitas ASI yang dihasilkannya.  

"Anak yang sehat juga berawal dari Mama yang sehat. Mama yang menjaga asupan nutrisinya jauh sebelum dia hamil. Si Mama tidak boleh kekurangan zat besi, kalsium, dan semua makanannya juga harus yang berkualitas," jelas Tika. 

3. Edukasi tak hanya untuk ibu menyusui, suami juga turut andil

3. Edukasi tak ha ibu menyusui, suami juga turut andil
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Persiapan mengASIhi biasanya hanya berfokus pada sang Mama saja. Padahal dukungan dari lingkungan, apalagi suami berpengaruh lho terhadap mood yang meningkatkan produksi dan kualitas ASI. 

Tika Bravani menyadari hal itu. Oleh karenanya, ia tidak hanya mengedukasi dirinya sendiri. Sang Suami, Dimas Aditya pun turut diajaknya untuk bisa menyiapkan perjalanan mengASIhi Kalam sejak dalam kandungan.

"Kita berikan waktu untuk dia belajar juga. Karena kalau produksi ASI juga bergantung mood dan stres dari ibu menyusuinya. Cara Dimas adalah dengan bantu-bantu house keeping, menyiapkan masak, jadi dia tahu kalau jadi ibu menyusui juga perlu dijaga mood dan kesehatan fisiknya," tutur Tika.

Tak hanya, itu, Dimas juga mendukung dan memberikan stimulasi lain untuk kelancaran mengASIhi Tika. Suaminya itu memberikan pijat oksitosin lho, Ma.

"Dia kadang pijit-pijit aku, atau tiba-tiba memberi cokelat. Hormon oksitosin juga kan bisa datang dari kebahagiaan, misalnya diberi sesuatu yang kita suka," tutur Tika Bravani.

Pengalaman setiap Mama dalam mengASIhi memang berbeda-beda. Tika yang dulunya sempat khawatir gagal menyusui pada akhirnya bisa menjalani lancar momen ASI dengan Kalam. Salah satunya karena persiapan Tika dari sebelum melahirkan anaknya untuk belajar cara mengASIhi yang benar.

#MillennialMama of the Month Edisi April 2021 – Tika Bravani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani
Photographer - Sweet Escape

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Tika Bravani
Millennial Mama

Tika Bravani

"Jangan overthinking, kunci sukses berpuasa saat pandemi"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.