Kisah Pasangan Transgender Viral karena Sang Suami Hamil & Melahirkan

Pasangan transgender ini bertukar peran, Danna dulunya laki-laki dan Esteban dulunya perempuan

27 Januari 2021

Kisah Pasangan Transgender Viral karena Sang Suami Hamil & Melahirkan
Instagram.com/f3f1to & Instagram.com/dannasultana

Kehidupan rumah tangga Danna Sultana dan Esteban Landrau mendadak viral dan menjadi pusat perhatian. Sebab, mereka adalah pasangan transgender yang bisa memiliki anak biologis.

Danna, sang Istri adalah transgender perempuan. Sementara, Esteban suaminya adalah transgender laki-laki. Peran rumah tangga mereka pun ditukar. Danna dulunya adalah seorang laki-laki, sementara Esteban dulunya adalah seorang perempuan.

Kabar mengejutkan dari pasangan ini pun terjadi tepatnya pada Juli 2020. Esteban melahirkan anak pertamanya dengan Danna.

Bagaimana perjalanan hamil hingga melahirkan pasangan transgender ini? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Esteban melahirkan bayi laki-laki pada Juli 2020

1. Esteban melahirkan bayi laki-laki Juli 2020
Instagram.com/f3f1to

20 Juli 2020 jadi bulan yang bersejarah bagi Danna dan Esteban. Lewat akun Instagramnya, Danna mengumumkan kelahiran putra pertamanya dengan Esteban secara caesar. Anak tersebut berjenis kelamin laki-laki yang kemudian diberi nama Ariel. 

Proses caesar menjadi pilihan karena Ariel harus dilahirkan prematur saat itu. Meski begitu proses persalinan Esteban secara caesar berjalan lancar. 

Sebagai informasi, pasangan ini pertama kali mengumumkan kehamilan Esteban pada 29 Februari 2020. Saat itu usia kandungan Esteban akan memasuki trimester kedua.

Editors' Picks

2. Sudah mengangkat payudaranya, Esteban tak bisa berikan ASI

2. Sudah mengangkat payudaranya, Esteban tak bisa berikan ASI
Instagram.com/dannasultana

Menjadi transgender laki-laki, membuat Esteban mengangkat payudaranya sebelum berencana untuk hamil. Oleh karenanya, setelah Ariel dilahirkan ia tak bisa memberikan ASI kepada putranya itu. 

Meski begitu, Esteban dan Danna berusaha memberikan yang terbaik untuk putra mereka. Ini adalah pengalaman pertama yang tidak mereka rencanakan sebelumnya. Esteban dan Danna berusaha menjadi orangtua terbaik untuk putranya, Ariel Landrau Perez.

"Ariel sudah seminggu berada di sisi kami. Kau datang untuk mengubah hidup kami. Anakku, aku mencintaimu sejak pertama kali aku tahu kau dalam perutku, aku mencintaimu setiap detik, setiap menit dalam hidupmu, dan aku akan mencintaimu sampai akhir hidupku," ujar Esteban dalam Instagramnya.

3. Proses kehamilan hingga melahirkan diabadikan di Instagram

3. Proses kehamilan hingga melahirkan diabadikan Instagram
Instagram.com/f3f1to

Proses panjang dari kehamilan Esteban hingga ia melahirkan diposting oleh Instagramnya dan Danna. Namun, pasangan ini tidak menjelaskan secara pasti awal mereka ingin memiliki anak biologis. 

Ketika mengumumkan kehamilan yang tidak biasa terjadi pada transgender, Dana dan Esteban justru menerima banyak dukungan. Bahkan dari sana terbentuk penggemar yang mengikuti perjalanan dan hidup mereka di Instagram sepanjang kehamilan hingga saat ini.

Bebeberapa foto menunjukkan jika Danna dan Esteban saling membantu dan mempersiapkan kehamilan, pesta baby gender reveal, hingga persalinan Ariel pada Juli 2020. Pasangan transgender asal Colombia ini juga tampil di televisi lokal sebagai bintang tamu.

4. Transgender laki-laki masih memiliki kemungkinan untuk hamil

4. Transgender laki-laki masih memiliki kemungkinan hamil
Instagram.com/dannasultana

Apa yang dimaksud dengan transgender laki-laki adalah, ia yang terlahir sebagai perempuan tapi mengubah kelaminnya menjadi laki-laki seiring beranjak dewasa dan penemuan jati dirinya. 

Kemungkinan Esteban hamil memang bisa terjadi meskipun ia mendapatkan terapi hormon untuk mengubah struktur tubuhnya seperti laki-laki. Mengutip dari Healthline, ketika transgender laki-laki mengikuti terapi testosteron, memang ovulasi dapat berhenti (biasanya dalam 6-12 bulan), tapi sel telur dalam rahim tidak hilang.

Jika suatu saat ia berhenti terapi testosteronnya, siklus menstruasinya akan kembali dalam waktu sekitar enam bulan. Namun, karena transgender laki-laki ini banyak menerima testoteron sebelumnya, bisa jadi ada komplikasi yang ditemui selama ia mengandung nanti. Hal itu masih butuh penelitian lebih lanjut.

Itulah tadi informasi mengenai pasangan transgender yang viral karena memiliki anak biologis sendiri. Kisah Esteban dan Danna adalah cerita yang unik karena jarang terjadi di dunia. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.