Menegangkan, Ini Kisah 7 Mama Melahirkan di Tempat Tidak Lazim

Dari melahirkan di taksi hingga pohon saat terkena banjir bandang!

6 Juli 2020

Menegangkan, Ini Kisah 7 Mama Melahirkan Tempat Tidak Lazim
Pixabay/Sanjasy

Melahirkan adalah sebuah proses yang akan dialami oleh ibu hamil. Biasanya Mama yang sedang mengandung pasti mempersiapkan proses kelahiran dengan baik. Ada yang berencana di rumah sakit, klinik, atau hanya di rumah sendiri.

Namun, karena berbagai keadaan ada beberapa kisah ibu melahirkan di tempat-tempat yang tak lazim. Beberapa di antaranya terpaksa melahirkan di tempat tak biasa karena sudah terdesak dan tak bisa menunggu sampai di rumah sakit. Bahkan ada pula yang harus melahirkan karena terjebak bencana.

Berikut Popmama.com rangkum berbagai kisah ibu melahirkan di tempat tak lazim dari seluruh dunia!

1. Melahirkan di taksi online dalam perjalanan ke rumah sakit

1. Melahirkan taksi online dalam perjalanan ke rumah sakit
Instagram.com/eportal.id

Salah satu yang terbaru dan terjadi nyata di Indonesia adalah seorang Mama yang melahirkan di dalam taksi online. Hal tersebut diungkapkan oleh Wempy Koeswendar yang menjadi supir taksi online di Bandung.

Awalnya ia mendapatkan pesanan dengan penjemputan di Puskesmas Margaasih dan mengantar ke RS Avisena yang berjarak 3 km. Wempy sebelumnya tidak mengetahui bahwa yang dijemput adalah seorang ibu hamil.

Setelah menjemput ibu tersebut dengan kedua orang temannya, Wempy pun melanjutkan perjalanan menuju ke RS Avisena, dengan mobil yang dikendarainya melaju dengan kecepatan sedang. Namun karena diminta buru-buru, dia pun mempercepat jalan mobilnya agar bisa cepat sampai ke tujuan. Ternyata, setelah sekitar lima menit perjalanan dua orang perempuan yang menemani ibu hamil ini berteriak di dalam mobil. Mereka memberitahu bahwa si Ibu sedang melahirkan dan bayinya sudah lahir.

Ia pun sempat panik dengan keadaan tersebut. Namun, berusaha tetap tenang dan membawa Mama tersebut ke rumah sakit. Apalagi ketika dilahirkan si Bayi tidak menangis layaknya bayi yang baru lahir. Dengan berbagai kejadian dan drama yang menyertai, Wempy pun berhasil membawa sang Mama dan bayi ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan.

Ia pun bisa bernapas lega ketika Mama dan bayi ini mendapat penanganan dari rumah sakit. Tangisan bayi baru terdengar setelah tali pusar dipotong. Setelah itu, Wempy pun langsung meninggalkan rumah sakit. Meski tidak mengetahui jenis kelamin si Bayi, ia turut bahagia bayi yang lahir di mobilnya tersebut sehat dan selamat.

2. Melahirkan bayi kembar di tepi sungai

2. Melahirkan bayi kembar tepi sungai
Instagram.com/bidankita

Belum lama ini juga terjadi insiden ibu melahirkan di Kongo, Afrika. Foto yang dibagikan oleh @k.mandela di Instagram tersebut memperlihatkan seorang Mama yang berjuang melahirkan bayi kembar di atas perahu di tepi sungai.

Foto itu diambil oleh seorang penumpang yang berada di atas perahu dan melintas di dekat perahu yang ditumpangi oleh Mama tersebut. Tepatnya di tepi sungai antara kota Kisangani dan Kinshasa, Kongo, Afrika.

Kejadian melahirkan di tempat tak terduga ini bukan jadi hal yang aneh. Karena tak hanya di Kongo saja kejadian ini bisa terjadi. Di beberapa negara Afrika yang fasilitas kesehatannya terbatas sering terjadi proses melahirkan di tempat yang tidak lazim.

Editors' Picks

3. Melahirkan bayi perempuan di tempat parkir saat perjalanan ke rumah sakit

3. Melahirkan bayi perempuan tempat parkir saat perjalanan ke rumah sakit
wpde.com/Carlos Flores

Awal Juli 2020 lalu, seperti dilansir dari WPDE News seorang Mama melahirkan bayi perempuan di tempat parkir. Mama tersebut diketahui bernama Ashley Webster yang saat itu sedang dalam perjalanan ke rumah sakit di Laurinburg, North Carolina, AS untuk melahirkan anaknya.

Namun, Ashley tidak bisa menunggu lebih lama lagi dan akhirnya dibantu oleh bibinya dan bisa melahirkan bayi perempuan dengan selamat meski berada di tempat parkir. Ketika si Bayi lahir, mereka segera berangkat ke rumah sakit. Saat itulah kepanikan mulai menyerang Ashley Webster, karena ia sangat mengkhawatirkan keselamatan bayinya.

"Aku menyadari ketika kepalanya sudah keluar, aku harus bergegas dan membuatnya mendapat pertolongan secepat mungkin,” ujar Ashley.

Nama bayi perempuan tersebut adalah Kaleah Webster, dan saat ini dalam keadaan sehat dan sudah bergabung dengan keluarga Webster.

4. Melahirkan di ‘commuter train’ ketika akan check up kehamilan

4. Melahirkan ‘commuter train’ ketika akan check up kehamilan
cbsnews.com

Cerita unik melahirkan di tempat tak lazim juga terjadi di Amerika Serikat. Dilansir dari CBS News, Rabita Sakar melahirkan di commuter train. Ia menceritakan awalnya merasakan kontraksi sehari sebelumnya tapi tidak berpikir akan melahirkan saat itu karena belum mendekati hari perkiraan lahir (HPL).

Karena merasa kondisinya masih aman, ia dan suaminya pun melakukan perjalanan ke New York keesokan harinya, atau pada 16 Januari 2020 untuk melakukan check-up kehamilan. Namun, saat berada di dalam commuter train, kontraksi Rabita semakin hebat. Suaminya pun memeriksa dan melihat bahwa kepala bayi sudah akan keluar.

Dengan bantuan orang yang berada di dalam kereta, Rabita pun berhasil melahirkan dengan selamat. Karena kejadian ini, commuter train yang menuju New York tersebut pun melaju cepat dan melewati beberapa stasiun sehingga bisa sampai di Manhattan secepat mungkin. Keluarga ini akhirnya berhasil sampai ke rumah sakit dengan selamat dan bayi mereka dalam keadaan sehat.

5. Melahirkan di atas pohon setelah berhasil lolos dari musibah banjir

5. Melahirkan atas pohon setelah berhasil lolos dari musibah banjir
bbc.com/UN

Seorang perempuan melahirkan di pohon mangga setelah menyelamatkan diri dari banjir di Mozambik akibat badai Idai. Mama tersebut bernama Amélia yang melahirkan putrinya, Sara, ketika berada di pohon mangga dengan putranya yang berusia dua tahun.

Mama dan kedua anaknya tersebut diselamatkan dua hari kemudian oleh tetangga, setelah badai yang terjadi tahun 2019 yang menewaskan lebih dari 700 orang itu sudah cukup tenang.

"Saya berada di rumah bersama anak lelaki saya yang berusia dua tahun, tiba-tiba air mulai masuk ke dalam rumah. Saya tidak punya pilihan selain memanjat pohon karena saya sendirian dengan anak saya,” ujar Amélia kepada UNICEF yang dilansir dari BBC.

6. Melahirkan ketika terjebak di dalam lift

6. Melahirkan ketika terjebak dalam lift
Pexels/Michael Morse

Orang biasa saja kadang bisa panik ketika terjebak dalam lift. Apalagi jika Mama sedang mengandung dan tiba-tiba terjebak di dalam lift dekat dengan hari kelahiran yang dijadwalkan. Mama tersebut adalah Katie Thacker dari Spanaway, Washington, AS yang terkejut ketika terjebak di dalam lift rumah sakit sesaat sebelum ia melahirkan.

Dikutip dari Seatle Times, untungnya saat Katie melahirkan di lift ada petugas medis yang menemani. Sehingga ia bisa melahirkan dengan selamat dan bayi pun terlahir sehat.

7. Melahirkan di taman hiburan saat berlibur

7. Melahirkan taman hiburan saat berlibur
Pexels/Andrea Piacquadio

Kejadian melahirkan di tempat tak lazim selanjutnya adalah di taman hiburan. Hal ini dialami oleh Takia Mann yang harus melahirkan anaknya pada Mei 2009 ketika berada di Busch Gardens Sesame Place, Pennsylvania.

Melansir dari ABC News, Takia menceritakan awalnya ia merasakan seperti kram perut dan harus pergi ke kamar mandi. Nyatanya di kamar mandi ia harus melahirkan bayi yang dikandungnya. Takia mengungkapkan ia tidak merasakan sakit yang begitu hebat saat proses itu, hanya kaget karena tak menyangka akan melahirkan anaknya di toilet saat itu.

Menurut kepolisian setempat, Takia adalah ibu kedua yang melahirkan di taman hiburan ini.

Nah, agar Mama bisa mengenali tanda-tanda kontraksi saat akan melahirkan. Berikut Popmama.com rangkum kapan waktunya untuk bersalin dan Mama harus bergegas pergi ke rumah sakit:

  • Keputihan bersamaan dengan darah.
  • Kontraksi mulai datang lebih sering,mungkin setiap lima menit.
  • Kontraksi yang sering ini tidak mereda dan tetap kuat secara konsisten alih-alih mereda.
  • Setiap kontraksi lebih lama durasinya (30 hingga 70 detik) dan lebih menyakitkan daripada kontraksi di fase awal.
  • Punggung terasa sakit.
  • Ketuban pecah.

Itulah tadi kisah Mama yang melahirkan di tempat-tempat tak lazim dari seluruh dunia. Sebagai Mama yang akan melahirkan, tentunya segala persiapan untuk menyambut si kecil patut diperhitungkan. Salah satunya adalah Mama jangan lupa memperhitungkan HPL ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.