Penumpang Bus Melahirkan di Mobil Polisi, Kondisi Ibu dan Bayi Sehat

Ibu bersama suami dan anak pertamanya itu sedang melakukan perjalanan ke Pekalongan

18 November 2021

Penumpang Bus Melahirkan Mobil Polisi, Kondisi Ibu Bayi Sehat
Freepik/DCStudio

Seorang ibu yang merupakan penumpang bus melahirkan darurat di dalam mobil Patroli Jalan Raya (PJR) secara darurat. Ibu itu melahirkan di dalam mobil patroli di Tol Palikanci Cirebon, Jawa Barat pada Rabu (17/11/2021). 

Kejadian ini pun langsung menyita perhatian publik. Kondisi ibu melahirkan dan jabang bayi yang dilahirkannya secara darurat pun membuat masyarakat penasaran.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Ibu bayi sudah merasa akan bersalin saat masih di dalam bus menuju Pekalogan

1. Ibu bayi sudah merasa akan bersalin saat masih dalam bus menuju Pekalogan
Pexels/Jonathan Borba
joker with card

Sang Ibu bersama suami dan anak pertamanya itu mengendarai bus yang bertujuan ke Pekalongan, Jawa Tengah. Namun, saat di jalan tol ia merasakan bahwa bayi yang dikandungnya akan segera lahir.

Supir bus pun meminta bantuan kepada petugas PJR yang tengah berpatroli. Ibu bernama Watriah itu pun langsung di evakuasi ke mobil polisi dan berusaha di bawa ke Puskesmas terdekat dari ruas jalan tol.

Namun saat masih dalam perjalanan di KM 213, ibu tersebut harus melahirkan. Sehingga setelah sampai di depan Puskesmas Ciperna proses persalinan itu harus dilakukan darurat di dalam mobil polisi. 

"Diambil tindakan ternyata bayi tersebut sudah keluar. Jadi diperkirakan sang Ibu sudah melahirkan di perjalanan dari tol ke Puskesmas," ujar AKP Aries Riyanto, dikutip dari Antara Video.

2. Kondisi ibu melahirkan dan bayinya sehat

2. Kondisi ibu melahirkan bayi sehat
Pixabay/Sanjasy
Ilustrasi

Harus menjalani persalinan di tengah kondisi darurat membuat kondisi dari ibu dan sang Bayi jadi perhatian utama. Meski harus bersalin di dalam mobil polisi, kondisi ibu dan bayinya dalam keadaan sehat dan selamat. 

Proses persalinan Watriah dibantu oleh petugas polisi dan bidan yang bertugas di Puskesmas Ciperna. 

"Secara umum kondisi ibu dan bayi sehat keduanya. Kehamilannya adalah cukup bulan. Berat bayinya 3kg, panjang bayinya 49 cm. Secara keseluruhan bayi tidak ada masalah," tutur Ni Wayan Putri Aryani, Bidan Puskesmas Ciperna di Cirebon yang menangani persalinan.

3. Ibu dan bayinya langsung melanjutkan perjalanan ke Pekalongan

3. Ibu bayi langsung melanjutkan perjalanan ke Pekalongan
Enrique Hoyos

Dipantau oleh petugas Puskesmas, keadaan ibu dan bayinya stabil setelah proses bersalin. Keduanya bersama suami, serta anak pertamanya, langsung melanjutkan perjalanan ke Pekalongan yang dibantu oleh petugas Puskesmas Ciperna.

Itulah tadi berita mengenai penumpang bus melahirkan di mobil polisi saat sedang melakukan perjalanan ke Pekalongan. Kondisi ibu dan bayi yang dilahirkan sehat dan tanpa kekurangan kondisi apapun.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.