Intim nan Sakral, 10 Artis Hollywood Ini Memilih Melahirkan di Rumah

Privasi lebih terjaga, seleb papan atas ini memilih home birth dengan orang terkasih dibantu bidan

27 Februari 2021

Intim nan Sakral, 10 Artis Hollywood Ini Memilih Melahirkan Rumah
Instagram.com/gigihadid

Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan ibu hamil sebelum melahirkan anaknya. Mulai dari cara bersalin hingga memilih tempat melahirkan nanti. 

Dikutip dari NPR, di Amerika Serikat 99 persen ibu hamil melahirkan di rumah sakit. Sebab, American College of Obstetricians and Gynecologists atau ACOG memang merekomendasikan kelahiran di klinik atau rumah sakit adalah yang paling aman. Namun, jika Mama memilih melahirkan di rumah tentu saja bisa. Hanya saja ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan jika ingin melahirkan bayi secara home birth.

Deretan artis Hollywood ini menjadi beberapa di antara satu persen ibu yang melahirkan bayinya secara alami di rumah di Amerika Serikat. Banyak di antara artis-artis ini memilih rumah karena merasa lebih privasi, intim, dan sakral.

Berikut Popmama.com rangkum deretan selebriti Hollywood yang melahirkan bayi di rumah atau home-birth. 

1. Gigi Hadid

1. Gigi Hadid
Instagram.com/gigihadid

Setelah konfirmasi kehamilan secara tiba-tiba di acara talkshow, Gigi Hadid dan Zayn Malik sempat menghebohkan publik lagi dengan kelahiran anaknya. Gigi berniat melakukan persalinan di rumah sakit tapi karena pandemi Covid-19, ia memutuskan untuk bersalin di kediamannya yang ada di Pennsylvania.

Diceritakan kepada Vogue bahwa mantan model Victoria's Secret ini harus melewati masa kontraksi 14 jam sebelum melahirkan anaknya, Khai. Hingga kini, baik Gigi dan Zayn enggan memperlihatkan wajah anak mereka. 

2. Alanis Morissette

2. Alanis Morissette
Instagram.com/alanis

Penyanyi Alanis Morissette memiliki tiga anak yang salah satunya ia lahirkan di rumah. Saat mengandung anak pertamanya, Onyx, Alanis sudah memutuskan untuk melahirkan di kediamannya. Alasannya karena ia merasa lebih nyaman jika melahirkan di rumahnya sendiri. Alanis mengungkapkan jika perjuangan melahirkan anak pertamanya saat itu sangat berat. 

3. Gisele Bundchen

3. Gisele Bundchen
Instagram.com/gisele

Model papan atas Gisele Bunchen memilih melahirkan kedua buah hatinya di rumah. Anak pertamanya, Benjamin lahir pada tahun 2010 lalu dan dua tahun berikutnya lahirlah Vivian, putri keduanya. Dalam proses melahirkan kedua anaknya itu ia memilih metode water birth. Istri dari aktor Tom Brandy ini menceritakan jika proses kelahirannya sangat berkesan dan membuatnya menjadi pribadi yang baru. 

4. Lisa Bonet

4. Lisa Bonet
dailymail.co.uk

Lisa Bonet sudah memiliki tiga anak dari pernikahannya baik dengan Jason Momoa dan Lenny Kravitz. Ketiga anak Lisa dilahirkan secara alami di kediamannya. Zoe, anak pertama Lisa dan Lenny Kravitz lahir pada tahun 1998 lalu. Anak keduanya, Lola lahir pada tahun 2007 dan anak ketigahya, Nakoa pada tahun 2008.

Editors' Picks

5. Cindy Crawford

5. Cindy Crawford
Instagram.com/cindycrawford

Meski menjadi bintang papan atas, Cindy Crawford lebih memilih untuk melahirkan dengan bantuan bidan di rumahnya. Saat melahirkan kedua anaknya ia dibantu oleh tiga bidan. Kaia lahir pada tahun 1999 sementara Presley lahir pada tahun 2001. Banyak teman-teman artis mengingatkannya soal persalinan di rumah karena lebih berisiko. Namun, Cindy tetap teguh dan tidak menyesal dengan keputusannya.

6. Juliana Moore

6. Juliana Moore
Instagram.com/juliannemoore

Aktris senior Juliana Moore melahirkan putrinya Liv Freundlich ketika ia berusia 41 tahun. Hal itu membuat persalinannya lebih berisiko. Keputusannya yang memilih melahirkan di rumah pun sempat menjadi banyak pertanyaan pada 19 tahun lalu. Sebab, saat itu persalinan di rumah sangat jarang dilakukan. Belum lagi, Juliana adalah seorang selebriti. 

7. Nelly Furtado

7. Nelly Furtado
gq.com

Penyanyi yang terkenal di awal 2000-an, Nelly Furtado juga masuk jajaran selebriti yang melahirkan anak di rumah. Ia melahirkan buah hatinya, Nevis Chetan di kediamannya pada tahun 2003 silam. 

Kini, nama Nelly sudah tidak terdengar lagi di dunia entertaiment Amerika Serikat. Masih banyak yang menyayangkan karena ia sosok yang berbakat. Namun, Nelly pernah mengaku ingin berfokus untuk mengurus keluarganya. 

8. Pamela Anderson

8. Pamela Anderson
Instagram.com/pamelaanderson

Pada tahun 1996, Pamela Anderson memilih melahirkan anaknya secara alami di rumah. Home birth ini juga ia ulangi ketika melahirkan anak keduanya, Dylan tahun 1997. Pamela mengaku kepada publik jika melahirkan di rumah dengan bantuan bidan dan menggunakan metode water birth.

9. Jennifer Connelly

9. Jennifer Connelly
ezibuy.com

Jennifer Connelly pada tahun 2001 memilih untuk melahirkan putrinya, Agnes, di apartemen mereka di New York, Amerika Serikat. Ia saat itu dibantu oleh bidan yang terampil. 

Jennifer jadi artis yang mendukung gerakan agar bidan di tempat terpencil bisa punya kemampuan untuk membantu ibu hamil melahirkan di rumah secara aman. Sebab, peran bidan tersebut besar untuk menyelamatkan proses bersalin. Apalagi jika tempat tinggalnya jauh dari fasilitas kesehatan. 

10. Jamie Otis

10. Jamie Otis
Instagram.com/jamienotis

Mantan pemeran dalam serial The Bachelor, Jamie Otis melahirkan putranya Hendrix di rumah. Ia memilih metode water birth pada Mei 2020 lalu. Jamie menceritakan jika ia merasakan kontraksi selama enam jam sebelum putranya lahir. Ia menceritakan pengalamannya itu di Instagramnya.

Itulah tadi deretan selebriti Hollywood yang melahirkan anaknya di rumah. Dengan berbagai metode yang dipilih, artis Hollywood ini tentunya melakukan persiapan terlebih dahulu. Pertimbangan alasan lain seperti privasi dan kenyamanan juga jadi faktor penentu mereka memilih melahirkan di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.