TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tradisi Melahirkan Unik Suku Pedalaman Indonesia, Ada di Semak-Semak

Ada suku yang menyesuaikan tradisi asli melahirkannya dengan perkembangan zaman nih

28 September 2022

Tradisi Melahirkan Unik Suku Pedalaman Indonesia, Ada Semak-Semak
Pexels/Pixabay

Tradisi melahirkan unik dari berbagai negara di dunia sangat banyak. Ternyata di Indonesia sendiri ada tradisi melahirkan unik yang berasal dari suku pedalaman lho.

Beragamnya tradisi dan budaya di tanah air tentunya tak asing dengan keberagaman. Tak hanga kaya budaya, ternyata tradisi melahirkannya pun ada yang tidak biasa. Namun, tradisi melahirkan ini dulu berkembang karena belum ada fasilitas kesehatan yang menjangkau.

Berikut Popmama.com rangkum tradisi melahirkan unik suku pedalaman Indonesia.

1. Diasingkan sendirian untuk melahirkan di hutan

1. Diasingkan sendirian melahirkan hutan
Freepik/nikitabuida

Ketika seorang ibu melahirkan biasanya ditemani oleh suami atau sanak keluarga. Nah, berbeda dengan Suku Korowai di Papua yang memiliki tradisi mengasingkan ibu hamil sendiri di dalam hutan sampai waktu melahirkan.

Anggapan Suku Korowai menyebut ibu hamil sedang terkena penyakit. Sehingga perlu diasingkan ke dalam hutan sampai waktu persalinannya tiba. Sayangnya, dalam masa pengasingan ini banyak ibu yang meninggal saat melahirkan karena tak ada yang membantunya.

2. Melahirkan ditemani oleh dukun bayi agar mengusir roh jahat

2. Melahirkan ditemani oleh dukun bayi agar mengusir roh jahat
Freepik/KamranAydinov

Tradisi ibu melahirkan Suku Naulu, Maluku tak berbeda jauh dengan Suku Korowai di Papua. Namun, karena mengikuti perkembangan zaman ada sedikit perubahan dalam tradisi melahirkan suku ini.

Dulu, ibu hamil di Suku Naulu dipisahkan dari suami saat menginjak 9 bulan kehamilan atau mendekati persalinan. Kepercayaan suku yang mendiami pedalaman Pulau Seram ini yakin pada usia kehamilan 9 bulan, ibu hamil berisi roh jahat yang berbahaya.

Roh tersebut dipercaya mengancam tak hanya kepada bayi dalam kandungan, tetapi juga orang di sekitarnya. Oleh karenanya sang Ibu akan diasingkan dan tinggal di posuno atau tikusune hingga tiba melahirkan.

Dahulu posuno dibangun di dalam hutan, tetepi kini bangunan tersebut berada di sebelah rumah. Proses melahirkan pun berada di bawah kontrol dukun bayi bernama Mama Biang yang dipercaya mampu mengusir roh jahat sehingga ibu dan bayi selamat.

3. Melahirkan di semak-semak, lalu baru dibawa ke puskesmas

3. Melahirkan semak-semak, lalu baru dibawa ke puskesmas
Pexels/Mattycphoto

Setelah dari Papua dan Maluku, selanjutnya ada tradisi melahirkan unik dari suku di pedalaman Kalimantan Timur. Tepatnya dari suku Dayak yang menjalankan tradisi melahirkan di semak-semak. 

Meski begitu, uniknya setelah sang Ibu melahirkan baru ia akan dibawa ke puskesmas. Konon, ada pantangan-pantangan tertentu berkaitan adat yang dianut oleh Suku Dayak Punan. 

Salah satu kepercayaan dari suku ini meyakini bahwa hutan menyediakan semua kebutuhan pengobatan. Di mana umumnya berasal dari getah rotan jenis tertentu.

Itulah tadi tradisi melahirkan unik suku pedalaman Indonesia. Wah, nggak nyangka ada ya tradisi seperti ini di suku-suku tanah air!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk