Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menjelang Persalinan

Ini dia, cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh menjelang persalinan yang bisa Mama lakukan

19 Mei 2020

Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menjelang Persalinan
momjunction.com

Saat hamil, Mama harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Sebab selama kehamilan, berbagai macam perubahan tubuh akan Mama rasakan dan tak jarang menyebabkan ketidaknyamanan. Kehamilan juga membuat Mama rentan untuk terserang penyakit, termasuk saat menjelang persalinan.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini pun Mama wajib memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan. Sebab, ada janin di dalam kandungan yang kesehatannya juga bergantung pada kesehatan mama.

Nah, agar tubuh tetap sehat hingga proses persalinan berjalan lancar, berikut Popmama.com sampaikan cara meningkatkan daya tahan tubuh saat menjelang persalinan yang bisa Mama lakukan:

1. Tidur yang cukup

1. Tidur cukup
freestufffinder.com

Selama kehamilan termasuk menjelang persalinan, Mama memang disarankan untuk tidur yang cukup agar kebugaran tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit.

Karena itu, disarankan untuk segera beristirahat dan menghindari aktivitas berat menjelang persalinan. Saat menjelang tidur misalnya, sebisa mungkin hindari memainkan ponsel karena kegiatan ini bisa membuat Mama sulit tidur dan kurang istirahat. 

Sebab jika kebutuhan tidur tercukupi dengan baik, tubuh Mama akan lebih bugar dan lebih siap dalam menghadapi persalinan.  

Editors' Picks

2. Menjaga asupan makanan dengan baik

2. Menjaga asupan makanan baik
Freepik

Menjaga pola makan dengan baik menjelang persalinan tetap harus Mama lakukan. Jangan pernah menunda-nunda waktu makan karena hal ini dapat memengaruhi kesehatan mama.

Apalagi seperti yang diketahui, proses melahirkan memakan waktu yang lama dan juga membutuhkan banyak tenaga.

Pastikan Mama mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, dan vitamin. Makanan dengan kandungan nutrisi tersebut mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jadi, jangan lupa menjaga pola makan sehari-hari ya, Ma.

3. Rutin melakukan olahraga

3. Rutin melakukan olahraga
Freepik/Yanalya

Sebenarnya bukan hanya menjelang persalinan, Mama memang disarankan untuk rutin melakukan olahraga ringan selama kehamilan.

Sebab seperti yang kita tahu, proses persalinan sangatlah menguras tenaga fisik dan juga mental. Proses yang bisa berlangsung selama berjam-jam lamanya inilah yang membuat Mama harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Nah, bila Mama ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat, ada baiknya untuk rutin melakukan olahraga ringan sesuai dengan arahan dokter. Jika rutin dilakukan, kemungkinan proses persalinan Mama berjalan lancar akan semakin besar.

4. Rileks

4. Rileks
birthorderplus.com

Mendekati persalinan, perasaan Mama mungkin akan campur aduk. Rasa takut, tegang, sekaligus bahagia memang akan muncul menjelang persalinan namun kontrol perasaan tersebut dengan baik ya Ma.

Sebab, terlalu tegang dan khawatir akan apa yang terjadi selama persalinan bisa meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh dan ini bisa menyebabkan Mama mengalami stres.

Nah, jika Mama mengalami stres, tentu kesehatan Mama bisa saja terganggu dan daya tahan tubuh juga bisa menurun.

Agar Mama tak alami stres, tanyakan hal-hal yang Mama takutkan kepada dokter dan jangan dengarkan perkataan orang lain terkait hal-hal yang menakutkan yang mungkin terjadi saat persalinan. Mama harus percaya bahwa proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Itulah cara efektif meningkatkan daya tahan tubuh jelang persalinan agar tubuh Mama semakin kuat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.