7 Manfaat Konsumsi Kunyit setelah Melahirkan

Ada beberapa manfaat konsumsi kunyit setelah melahirkan

21 Oktober 2021

7 Manfaat Konsumsi Kunyit setelah Melahirkan
Pixabay/stevepb

Kunyit menjadi salah satu rempah dan bumbu masak yang kerap dijadikan obat tradisional untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Bumbu rempah yang juga kerap dijadikan sebagai bahan pembuat jamu ini bahkan diyakiti juga membawa manfaat bagi para perempuan yang usai melahirkan.

Kunyit diyakini membawa berabgai macam manfaat karena dalam kunyit, terkadung berbagai macam vitamin dan mineral penting. Kandungan vitamin dan mineral penting yang terdapat pada kunyit dan diyakini membawa manfaat bagi kesehatan di antaranya vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium, dan mangan.

Bagi Mama yang usai melahirkan dan tertarik dengan manfaat kunyit, dilansir dari Mother.ly, berikut Popmama.com ungkap beberapa manfaat konsumsi kunyit setelah melahirkan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pixabay/publicdomainpictures

Setelah melahirkan, ada kemungkinan sistem kekebalan tubuh Mama menurun, apalagi saat persalinan, energi yang Mama miliki akan terkuras.

Nah, konsumsi kunyit setelah melahirkan dianggap dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Mama. Hal ini karena kunyit memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan juga magnesium sehingga mampu melawan infeksi dengan baik.

2. Mencegah terjadinya mastitis

2. Mencegah terjadi mastitis
Freepik/Zilvergolf

Konsumsi kunyit setelah melahirkan khususnya pada perempuan yang sedang menyusui dapat membantu mencegah mastitis, yaitu pembengkakan payudara yang bisa menghambat proses pemberian ASI.

Kunyit dapat mencegah mastitis karena dalam kunyit terkandung zat antiinflamasi yang kuat dan mengandung asam lemak yang tinggi sehingga mampu membantu mencegah jaringan payudara menjadi bengkak dan tersumbat yang memicu terjadinya mastitis.

Editors' Picks

3. Mengurangi gejala depresi

3. Mengurangi gejala depresi
Freepik/Yanalya

Salah satu masalah yang dihadapi beberapa perempuan hamil adalah depresi pasca melahirkan. Gangguan psikologis pasca melahirkan ini  setidaknya dialami sekitar 13 persen perempuan di seluruh dunia Ma, khususnya di negara berkembang.

Kondisi fisik Mama yang berubah, kurangnya tidur, perubahan hormon, dan tuntutan merawat bayi acap kali memicu terjadinya depresi sehingga perlu untuk ditangani dengan baik agar depresi yang Mama alami dapat tertangani.

Nah, untuk mengatasi depresi pasca melahirkan, ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan, salah satunya mengonsumsi kunyit. Konsumsi kunyit mungkin bisa membantu meredakan depresi yang Mama derita karena kandungan kunyit ada yang bersifat menenangkan sehingga dapat bertindak sebagai antidepresan alami.

4. Merangsang produksi ASI

4. Merangsang produksi ASI
Freepik/Yanalya

Tak disangka, konsumsi kunyit setelah melahirkan ternyata secara tidak langsung dapat membantu merangsang produksi ASI Ma.

Hal ini karena kunyit memiliki sifat menyembuhkan dan menenangkan sehingga dapat membantu merangsang produksi ASI dengan baik

5. Baik untuk kesehatan kulit

5. Baik kesehatan kulit
Freepik/bearfotos

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan ataupun melahirkan tak jarang menyebabkan berbagai macama masalh pada kulit, seperti jerawat ataupun hiperpigmentasi.

Nah, untuk Mama yang memiliki masalah ini, konsumsi kunyit mungkin bisa membantu. Kunyit dianggap mampu meringankan masalah kulit seperti hiperpigmentasi dan dapat pula membuat kulit terlihat lebih bersih.

Baca juga:

6. Mengatasi masalah stretch mark

6. Mengatasi masalah stretch mark
Pexels/Brett Sayles

Tak hanya mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi saja, kunyit juga dapat membantu mengatasi stretch mark lho Ma. Meski tidak dikonsumsi, Mama dapat menjadikan kunyit sebagai “obat oles” pada area tubuh yang mengalami stretch mark.

Kunyit dapat membantu mengatasi stretch mark karena menandung zat antioksidan yang mampu meningkatakn fungsi sel membrane kulit. Untuk mendapatkan manfaat kunyit ini, Mama data mencampurkan kunyit halus dengan minyak zaitun secukupnya. Campurkan hingga menjadi pasta dan oleskan ke area tubuh yang terdapat stretch mark dan diamkan selama 15 menit.

Mama dapat mencobanya sedikit lebih dulu karena beberapa orang yang sensitif dapat menyebabkan terjadinya iritasi.

7. Meningkatkan daya ingat

7. Meningkatkan daya ingat
Freepik

Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada kunyit dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga fungsi otak ataupun memori Ma.

Tak heran, konsumsi kunyit setelah melahirkan dapat meningkatkan daya ingat Mama. Jadi Mama dapat lebih fokus dalam melakukan pekerjaan yang Mama jalani mulai dari mengatur jadwal makan, jadwal tidur, hingga mengganti popoknya.

Meski kunyit membawa manfaat, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter ya Ma terait keamanannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.