9 Barang yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mama Menyusui si Kecil

Persiapkan barang-barang ini agar menyusui terasa nyaman ya, Ma!

26 November 2021

9 Barang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mama Menyusui si Kecil
Freepik/valeria_aksakova

Bagi sebagian orang, proses menyusui dianggap sulit untuk dilakukan, dan beberapa dari mereka bahkan membutuhkan bantuan. Namun, kesulitan saat menyusui tentu bisa dihindari jika Mama sudah mempersiapkan segalanya dengan baik.

Selain menyiapkan fisik dan mental, salah satu cara yang bisa Mama lakukan untuk menghindari kesulitan saat menyusui yaitu, mempersiapkan barang-barang perlengkapan menyusui. Tak hanya untuk meminimalisir rasa khawatir, barang-barang tersebut akan membuat Mama merasa lebih nyaman selama menjalani fase menyusui.

Nah, kira-kira apa saja ya barang yang perlu dipersiapkan sebelum Mama menyusui si Kecil? Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama, dilansir dari Verywell Family. Yuk, disimak!

1. Bantal menyusui untuk bantu menopang tubuh bayi saat menyusui

1. Bantal menyusui bantu menopang tubuh bayi saat menyusui
Freepik/JoaquinCorbalan

Sebelum menyusui si kecil, Mama mungkin perlu mempersiapkan bantal menyusui. Bantal menyusui yang nyaman akan membantu menopang tubuh bayi dan mengangkatnya sedikit lebih tinggi, sehingga pelekatan bisa terjadi dengan baik.

Tak hanya itu, bantal menyusui ini juga sangat membantu terutama untuk Mama yang memiliki payudara besar, baru pulih pasca operasi caesar, atau menyusui bayi kembar.

Dengan menggunakan bantal menyusui ini, ketegangan yang terjadi pada otot punggung, leher, bahu dan lengan akan berkurang, Ma. Sehingga proses menyusui jadi lebih nyaman dan bayi bisa menyusu dengan maksimal.

2. Bra khusus untuk Mama menyusui dengan ukuran yang pas

2. Bra khusus Mama menyusui ukuran pas
Klikbabylove.com

Ketika hamil dan setelah melahirkan, umumnya payudara akan mengalami perkembangan di bagian kelenjar susu. Ini akan membuat kedua payudara Mama terasa seperti bengkak, penuh, dan berat, terutama beberapa minggu pertama setelah melahirkan.

Nah, bra khusus untuk menyusui sangatlah Mama butuhkan untuk memberikan rasa nyaman dan menghindari rasa sakit akibat bengkak payudara. Selain itu, bra menyusui biasanya memiliki cup penutup yang bisa dilepas pasang ke bagian bawah. Ini tentu akan memudahkan Mama, untuk mengakses payudara ketika sudah tiba saatnya menyusui.

Memakai bra menyusui juga akan membantu meredakan ketegangan di bagian bahu dan punggung. Tapi pastikan Mama menggunakan ukuran yang sesuai dengan payudara ya. Karena jika terlalu ketat akan meningkatkan risiko penyumbatan ASI dan mastitis.

3. Breast pad atau bantalan ASI untuk menyerap kelebihan ASI

3. Breast pad atau bantalan ASI menyerap kelebihan ASI
cheekywipes.com

Breast pad adalah bantalan yang berfungsi menyerap kelebihan ASI yang keluar di payudara. Kelebihan ASI biasanya dialami oleh Mama di beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan produksi ASI.

Ketika produksi ASI berlebih, ini bisa menyebabkan bocor atau rembesan di sekitar puting payudara. Nah, breast pad atau bantalan ASI akan membantu Mama mengatasinya, dengan cara menyerap kelebihan ASI yang keluar tersebut.

Editors' Picks

4. Baju yang nyaman digunakan saat menyusui

4. Baju nyaman digunakan saat menyusui
mooimom.id

Barang lain yang perlu Mama siapkan adalah baju menyusui. Baju menyusui sangatlah dibutuhkan untuk mendukung proses menyusui yang nyaman, terutama ketika Mama sedang bepergian.

Selain menggunakan kain penutup, baju yang dirancang khusus untuk menyusui sangatlah Mama butuhkan. Biasanya baju menyusui di rancang dengan tutup atau celah di bagian depan, sehingga Mama bisa dengan mudah menyusui tanpa harus menarik atau melepaskan pakaian.

Tapi tenang Ma, sekarang ini sudah banyak kok baju khusus untuk menyusui yang memiliki beragam model, mulai dari kasual hingga formal. Mama hanya perlu menggunakan baju menyusui dengan bahan dan ukuran yang pas, agar nyaman dan aman saat digunakan.

5. Pompa ASI dengan jenis yang sesuai kebutuhan

5. Pompa ASI jenis sesuai kebutuhan
shopee.co.id

Ketika menyusui, Mama pasti akan membutuhkan pompa ASI. Pompa ASI digunakan untuk mengeluarkan susu dari payudara, agar bayi tetap bisa minum susu meskipun Mama sedang tidak berada disampingnya. Selain itu, memompa ASI juga sangat bermanfaat untuk meredakan pembengkakan serta meningkatkan produksi ASI.

Pompa ASI juga mungkin Mama butuhkan ketika memiliki rencana untuk kembali bekerja, atau untuk memberikan ASI kepada bayi yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Ada banyak jenis pompa ASI yang dijual di pasaran. Jika Mama ingin membelinya, sesuaikan jenis pompa ASI dengan kebutuhan Mama ketika menyusui ya.

6. Kantong atau tempat penyimpanan ASI

6. Kantong atau tempat penyimpanan ASI
Blibli.com

Jika menggunakan pompa ASI, tentunya Mama juga membutuhkan kantong dan tempat penyimpanan ASI. Kantong dan tempat ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan ASI yang sudah dipompa keluar dari payudara.

Biasanya kantong atau tempat penyimpanan ini sudah dirancang untuk tahan terhadap suhu tertentu, dan bisa menjadi wadah simpan ASI yang aman untuk jangka waktu lama.

Mama bisa memilih kantong atau wadah penyimpanan ASI berupa tas, botol, wadah kaca atau nampan ASI. Carilah kantong atau wadah penyimpanan yang bebas BPA ya Ma, agar aman untuk si kecil dan kualitas ASI yang disimpan tetap terjaga.

7. Nipple cream untuk melembapkan dan menyembuhkan puting yang luka

7. Nipple cream melembapkan menyembuhkan puting luka
blibli.com

Pastinya setiap Mama yang menyusui pernah mengalami puting sakit. Untuk itu, satu barang yang perlu dipersiapkan sebelum Mama menyusui adalah nipple cream. Ini bisa berupa krim, salep atau lotion ya, Ma.

Nipple cream akan membantu melembapkan, menenangkan dan menyembuhkan puting yang kering, sakit, atau mengalami pecah-pecah. Di pasaran, Mama mungkin akan menemui banyak jenis nipple cream. Namun, pastikan Mama membeli dan menggunakan nipple cream dengan kandungan yang aman ya.

8. Breast shells untuk meminimalisir gesekan payudara dan pakaian

8. Breast shells meminimalisir gesekan payudara pakaian
blibli.com

Breast shells adalah benda berbentuk seperti cangkang ringan yang digunakan di dalam bra dengan posisi melingkari payudara. Ini berguna untuk membantu menarik keluar dan memperbaiki puting payudara yang berbentuk datar atau terbalik.

Selain itu, breast shells juga bermanfaat untuk menghindari kebocoran ASI, dan meminimalisir gesekan payudara dengan pakaian yang bisa menimbulkan iritasi.

Breast shells ini umumnya berbahan silikon dan Mama bisa menggunakannya berkali-kali. Namun sebelum menggunakannya, pastikan Mama sudah mencucinya agar tetap steril dan aman untuk digunakan ya.

9. Nipple shield atau pelindung puting payudara

9. Nipple shield atau pelindung puting payudara
blibli.com

Mirip seperti breast shells, nipple shield juga digunakan sebagai pelindung. Jika breast shells membantu melindungi payudara secara keseluruhan, nipple shields hanya akan melindungi bagian puting payudara.

Ini dibutuhkan saat bayi mengalami kesulitan dalam melakukan pelekatan yang baik dan benar. Selain itu, ini banyak direkomendasikan untuk Mama yang menyusui bayi prematur atau mengalami puting datar.

Nipple shields tersedia dalam berbagai ukuran. Namun, penggunaan nipple shields harus di bawah pengawasan langsung dari dokter atau konsultan laktasi ya, Ma.

Nah, itulah tadi 9 barang yang perlu dipersiapkan sebelum Mama menyusui si kecil. Tentunya dengan persiapan yang tepat, menyusui akan terasa lebih nyaman dan bayi bisa lebih maksimal dalam mendapatkan ASI.

Semoga informasi tersebut bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.