Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cerita Kartika Putri Lakukan Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan

Mulai dari pijat, totok wajah, hingga mandi rempah dilakukan Kartika usai melahirkan anak kedua

21 November 2022

Cerita Kartika Putri Lakukan Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan
Instagram.com/kartikaputriworld

Pasangan Kartika Putri dan Habib Usman, baru saja dikarunia anak kedua yang lahir pada Kamis, 13 Oktober 2022. Kartika Putri menjalani persalinan normal di rumah dan berhasil melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan.

Melalui video di kanal YouTube Kartika Putri Official, perempuan yang kerap disapa Karput tersebut membagikan pengalamannya saat menjalani masa pemulihan. Ia diketahui menjalani perawatan tradisional pasca melahirkan, mulai dari pijat seluruh badan, totok wajah, hingga mandi rempah.

Dibantu seorang perawat bernama Nurul, Karput mengaku perawatan pasca melahirkan membuat tubuhnya jauh lebih rileks dan rasa sakit usai melahirkan jadi mereda.

Seperti apa cerita Kartika Putri lakukan perawatan tradisional pasca melahirkan? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya untuk Mama.

1. Kartika Putri lakukan perawatan pasca melahirkan

1. Kartika Putri lakukan perawatan pasca melahirkan
Instagram.com/kartikaputriworld

Kartika Putri dikarunia anak kedua, yang lahir secara normal pada Kamis, 13 Oktober 2022. Ia diketahui melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat 3,55 kilogram dan panjang 51 sentimeter. Di beri nama Khadeejah, anak kedua Kartika dan Habib Usman lahir dengan sehat dan selamat.

Pasca melahirkan, Karput mengakui kalau dirinya menjalani serangkaian perawatan pasca melahirkan. Hal ini diketahui lewat salah satu video di kanal YouTube Kartika Putri Official, yang tayang pada (19/11).

“Aku tuh 40 hari perawatan pasca melahirkan,” ungkap Karput.

Editors' Picks

2. Perawatan dilakukan dari hari pertama pasca melahirkan

2. Perawatan dilakukan dari hari pertama pasca melahirkan
Youtube.com/Kartika Putri Official

Setelah melahirkan, Karput mengatakan kalau dirinya merasa lelah dan nge-drop. Bahkan seluruh tubuhnya terasa nggak nyaman, karena bengkak dan juga nyeri.

Beruntungnya sejak hari pertama Baby Khadeejah lahir, ia langsung menggunakan jasa perawat bernama Nurul. Dimana perawat tersebutlah yang membantunya menjalani serangkaian perawatan pasca melahirkan.

“Ibu (Nurul) dari hari pertama ya. Lagi ngedrop-ngedropnya banget, bengkak banget ya Bu, meriang banget. Jadi Ibu yang berjasa,” ungkapnya.

3. Serangkaian perawatan bersifat tradisional dilakukan oleh Kartika Putri

3. Serangkaian perawatan bersifat tradisional dilakukan oleh Kartika Putri
Instagram.com/kartikaputriworld

Bersama Ibu Nurul, Kartika pun menjalani serangkaian perawatan yang semuanya bersifat tradisional. Mulai dari pakai pilis, pijat seluruh badan, totok wajah, hingga mandi rempah.

“Kan aku pake pilis, massage seluruh badan, totok wajah, harusnya payudara, diuap rempah terus di-steam. Abis itu, mandi pake air steam-an (air rempah) itu,” kata Kartika.

4. Perawatan pasca melahirkan bikin tubuh terasa rileks dan rasa sakit mereda

4. Perawatan pasca melahirkan bikin tubuh terasa rileks rasa sakit mereda
Youtube.com/Kartika Putri Official

Perawatan pasca melahirkan bukan pertama kalinya bagi Kartika. Sebab saat melahirkan anak pertamanya, Khalisa, Kartika juga melakukan hal serupa.

Menurutnya, perawatan ini bisa bikin tubuh jadi lebih rileks dan rasa sakit setelah melahirkan jadi mereda. Ia pun sangat merekomendasikan perawatan seperti ini, khususnya bagi para Mama yang baru melahirkan.

“Jadi kalo perawatan pasca melahirkan tuh aku udah dari zaman Khalisa. Sekarang juga sama Ibu Nurul. Nah ini udah ketolong banget, karena setiap hari dipijat itu rileks ya Bu ya. Kayak hormon oksitosinnya tuh jadi keluar. Jadinya membantu banget badan yang tadinya sakit-sakit terutama pinggang,” jelas Kartika.

5. Metode tradisional diakui Kartika Putri membuatnya lebih nyaman

5. Metode tradisional diakui Kartika Putri membuat lebih nyaman
Youtube.com/Kartika Putri Official

Masih dalam video yang sama, Kartika Putri mengungkapkan kalau dirinya memang selalu merasa nyaman dalam menjalani metode tradisional.

Hal ini terbukti, mulai dari proses persalinan yang dilakukan di rumah, potong ari-ari Baby Khadeejah yang masih menggunakan lilin, hingga serangkaian perawatan pasca melahirkan yang semuanya dilakukan secara tradisonal.

“Aku tuh semuanya pake tradisional. Jadi kalo ditanyain lahirannya di rumah, ya iya. Lahirannya di rumah, perawatannya juga semua tradisional gitu,” tutupnya.

Itu tadi cerita Kartika Putri lakukan perawatan tradisional pasca melahirkan.

Perawatan pasca melahirkan memang jadi satu hal penting yang perlu diperhatikan ya, Ma. Sebab ini secara langsung akan membantu mengoptimalkan proses pemulihan tubuh Mama, setelah melahirkan. Apakah Mama juga melakukan perawatan serupa seperti Kartika Putri?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk