TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Jenis Infeksi setelah Melahirkan yang Perlu Diwaspadai

Kenali jenis infeksi pasca melahirkan, agar Mama bisa terhindar dari risikonya!

29 September 2022

5 Jenis Infeksi setelah Melahirkan Perlu Diwaspadai
Freepik/freepic.diller

Infeksi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Mama yang baru melahirkan. Selain karena tubuh masih lelah pasca melahirkan, infeksi bisa saja timbul karena Mama kurang istirahat dan kurang memperhatikan faktor kesehatan.

Sejauh ini, ada banyak jenis infeksi yang mungkin muncul pasca melahirkan. Penyebabnya juga beragam Ma, tapi yang paling sering yaitu paparan bakteri selama kehamilan dan saat persalinan berlangsung.

Supaya lebih jelas, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai 5 jenis infeksi pasca melahirkan yang perlu diwaspadai, dilansir dari Flo Health. Catat ya Ma!

1. Endometriosis

1. Endometriosis
Freepik

Endometriosis merupakan suatu kondisi ketika endometrium tumbuh di luar rahim. Hal ini didefinisikan sebagai infeksi yang terjadi di saluran genital bagian atas, dimana di dalamnya termasuk endometrium, miometrium dan jaringan sekitarnya.

Menurut Flo Health, 1 hingga 3% endometriosis ditemukan setelah persalinan pervaginam (persalinan normal). Sementara risikonya 5 – 10 kali lebih tinggi, terjadi pada perempuan yang melahirkan caesar.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan terjadinya endometriosis pasca melahirkan. Diantaranya yaitu waktu operasi yang berlangsung lama, ketuban pecah lebih dari 18 jam, korioamnionitis, serta vaginosis bakterialis.

Editors' Picks

2. Infeksi mastitis

2. Infeksi mastitis
Freepik/Zurijeta

Pasca melahirkan, Mama akan menjalani peran baru sebagai Ibu menyusui.

Nah salah satu risiko yang mungkin dialami yaitu infeksi mastitis. Mastitis merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh penyumbatan saluran ASI dan infeksi bakteri. Gejalanya berupa kemerahan dan rasa gatal di payudara, puting mengeluarkan nanah, proses menyusui yang terasa menyakitkan, hingga demam tinggi.

Jika mengalami salah satu gejalanya, Mama harus segera memeriksakan diri ke dokter ya. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dan meresepkan obat antibiotik untuk penyembuhan infeksi mastitis.

3. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

3. Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Freepik/Jcomp

Jenis infeksi pasca melahirkan yang perlu diwaspadai berikutnya yaitu infeksi saluran kemih. Ini banyak dialami oleh perempuan, baik yang menjalani persalinan normal maupun caesar. Dimana risiko ini meningkat ketika kateter ditempatkan di kandung kemih, dengan tujuan mengurangi penumpukan urine selama dan sesudah persalinan.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) muncul dengan gejala seperti, frekuensi buang air besar yang lebih sering, demam, nyeri atau sakit saat buang air kecil, nyeri di area punggung, serta sembelit.

Kondisi bisa diatasi dengan menggunakan antibiotik, tapi harus dengan resep dokter ya!

4. Infeksi luka operasi caesar

4. Infeksi luka operasi caesar
Freepik/kroshka_nastya

Infeksi ini banyak dialami oleh Mama yang menjalani persalinan caesar, dengan presentase kejadian 3 hingga 15%. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri bernama Staphylococcus Aureus yang menyerang luka bekas operasi, dalam kurun waktu 30 hari pasca melahirkan.

Gejalanya berupa kemerahan dan nyeri di area bekas sayatan operasi, demam, hingga nyeri perut bagian bawah. Infeksi luka operasi caesar ini bisa berkembang jika Mama mengalami masalah kesehatan tertentu seperti diabetes melitus, ketuban pecah dini, dan obesitas.

5. Infeksi rahim pasca melahirkan

5. Infeksi rahim pasca melahirkan
Freepik.com

Terakhir ada infeksi rahim pasca melahirkan. Ini merupakan suatu keadaan ketika bakteri menginfeksi rahim dan area sekitarnya. Menurut WHO, infeksi ini menyumbang kurang lebih 15% dari 500.000 kematian Ibu setiap tahunnya.

Gejalanya berupa demam, nyeri perut di bagian bawah, mengalami keputihan, sakit kepala, pendarahan vagina, pusing, dan peningkatan denyut jantung.  Jika mengalaminya, Mama tentu membutuhkan perawatan medis. Karena untuk kondisi seperti ini, biasanya dokter akan memberikan resep obat antibiotik, yang diminum sesuai dengan dosis dan aturan medis.

Demikian Ma, informasi mengenai 5 jenis infeksi pasca melahirkan yang perlu diwaspadai.

Mulai sekarang, jangan abaikan setiap masalah kesehatan yang muncul pasca melahirkan ya. Sekecil apapun gejala yang timbul, segeralah periksakan diri ke dokter. Karena deteksi dini dan pengobatan yang tepat, bisa bantu Mama agar terhindar dari masalah serius pasca melahirkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk