5 Makanan Penambah Energi yang Bisa Melancarkan Proses Persalinan

Agar tidak lemas, konsumsi makanan penambah energi ya, Ma!

2 Desember 2021

5 Makanan Penambah Energi Bisa Melancarkan Proses Persalinan
Freepik/senivpetro

Proses persalinan biasanya membutuhkan banyak tenaga dan membakar banyak kalori dalam tubuh kita. Karena selain melibatkan mental, proses persalinan juga membutuhkan kekuatan fisik yang besar.

Nah di saat yang bersamaan, keinginan Mama untuk makan mungkin tidak begitu kuat karena terlalu fokus untuk segera melahirkan bayi. Padahal, tubuh kita memerlukan makanan sebagai penambah energi dan mempersiapkan cadangan nutrisi selama proses persalinan lho, Ma.

Untuk itu, mengonsumsi beberapa jenis makanan penambah energi sangat disarankan guna melancarkan proses persalinan. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi makanan penambah energi, Mama jadi memiliki tambahan tenaga untuk mengejan saat melahirkan.

Kira-kira apa saja ya makanan penambah energi yang bisa melancarkan proses persalinan? Berikut Popmama.com berikan informasinya untuk Mama. Sima dulu yuk sampai akhir!

1. Roti dengan toping selai kacang dan buah pisang

1. Roti toping selai kacang buah pisang
Freepik

Roti dengan toping selai kacang dan buah pisang, bisa jadi salah satu makanan penambah energi yang bisa melancarkan proses persalinan.

Kandungan karbohidrat pada roti dan pisang, akan memberikan energi bagi tubuh Mama dengan cepat. Tapi nggak perlu khawatir dengan naiknya kadar gula darah ya, Ma. Karena selai kacang mengandung protein, yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar gula darah dan mencegah rasa lapar.

Selain itu menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI, buah pisang juga kaya akan serat, vitamin A, C dan E, potasium, zat besi, serta kalium.

Nutrisi tersebut khususnya kalium, dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Dimana tekanan darah yang stabil sangat dibutuhkan ketika Mama akan melahirkan.

Editors' Picks

2. Bubur oatmeal dengan telur

2. Bubur oatmeal telur
Freepik/timolina

Selain roti dengan toping selai kacang dan pisang, Mama bisa juga nih makan bubur oatmeal dengan telur untuk menambah energi saat akan melahirkan.

Oatmeal adalah salah satu bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Diantaranya kaya protein, karbohidrat, serat, mineral, vitamin, zat besi, makan, dan juga kalsium. Semua nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh, karena bisa bantu meningkatkan energi dan melawan rasa kelelahan saat Mama menjalani proses persalinan, demikian seperti dilansir dari Healthline.

Untuk melengkapi nutrisinya, campurkan telur ke dalam bubur oatmeal ya, Ma. Telur tak hanya membuat bubur oatmeal semakin lembut, tapi juga menambahkan protein tanpa lemak yang akan membantu tubuh kenyang lebih lama saat menjalani persalinan.

Jika tidak suka mencampurnya langsung ke dalam bubur oatmeal, Mama bisa menambahkan potongan telur rebus sebagai toping bubur oatmeal ya.

3. Nasi dengan tambahan udang dan sayur

3. Nasi tambahan udang sayur
Freepik/timolina

Jika ingin mengonsumsi sesuatu yang lebih mengenyangkan, Mama bisa makan nasi dengan tambahan udang dan sayur.

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang bagus untuk energi tubuh. Sedangkan udang yang ditambahkan di atasnya sebagai toping, merupakan sumber protein rendah lemak untuk cadangan energi di dalam tubuh Mama. Tak lupa beri tambahan sayur atau kacang polong, serta saus rendah garam juga ya Ma.

Dilansir dari Verywell Family, kombinasi ketiganya bisa memberi tambahan energi untuk Mama yang akan menjalani proses persalinan. Namun bagi Mama yang memiliki alergi terhadap makanan laut atau seafood, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi udang ya!

4. Ubi jalar isi daging dan keju panggang

4. Ubi jalar isi daging keju panggang
peasandcrayons.com

Makanan yang satu ini sudah banyak dikonsumsi untuk menambah energi, bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai pengganti nasi. Jadi Mama bisa coba nih makan ubi jalar isi daging dan keju panggang, untuk menambah energi saat akan melahirkan.

Dilansir dari Eat This, seorang ahli diet berlisensi Chelsey Amer, MS, RDN, mengatakan bahwa salah satu makanan yang bisa memberikan energi tahan lama adalah ubi jalar. Ini karena ubi jalar mengandung serat dan karbohidrat kompleks, serta mengandung vitamin A dan C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, dalam ubi jalar dan daging mengandung banyak zat besi dan potasium, dua nutrisi yang biasanya akan banyak terkuras saat Mama menjalani proses persalinan.

Jadi, nggak ada salahnya nih untuk coba menu yang satu ini menjelang persalinan ya, Ma.

5. Sup sayur dengan kuah kaldu

5. Sup sayur kuah kaldu
Freepik/timolina

Masakan rumahan yang satu ini, tentu Mama sudah pernah buat kan?

Ternyata sup sayur dengan kuah kaldu bisa jadi pilihan makanan penambah energi, untuk Mama yang akan menjalani proses persalinan. Sayur dikenal kaya akan serat, vitamin dan zat besi. Dimana ini akan membantu melancarkan aliran oksigen ke dalam otak, sehingga Mama tidak mudah lelah.

Sedangkan kuah kaldu yang terbuat dari daging ayam maupun sapi akan membuat tubuh tetap terhidrasi, serta kandungan nutrisi di dalamnya membantu proses pembukaan rahim, menurut paparan riset dari Human Reproduction.

Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan Mama tidak menambahkan banyak garam ke dalam kuah kaldu ya. Karena garam akan memicu naiknya tekanan darah, yang bisa membahayakan proses persalinan.

Nah itulah tadi 5 makanan penambah energi yang bisa melancarkan persalinan.

Menjalani proses persalinan tentu membutuhkan energi yang besar. Jadi nggak ada salahnya Mama mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan mengonsumsi makanan penambah energi ya. Jika ragu untuk mengonsumsinya, Mama bisa kok berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.