5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Mama setelah Melahirkan

Teh chamomile bantu tingkatkan kualitas tidur, sehingga depresi pasca melahirkan bisa dicegah

24 Januari 2022

5 Manfaat Teh Chamomile Kesehatan Mama setelah Melahirkan
Pixabay/ebaso

Usai melahirkan, biasanya Mama dihadapkan dengan banyaknya aktivitas baru dalam mengurus si Kecil. Selain itu, Mama juga harus fokus nih terhadap pemulihan tubuh pasca melahirkan. Dimana dalam prosesnya tubuh harus sehat dan juga rileks, agar proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

Nah salah satu minuman yang bisa memberikan ketenangan, serta memiliki banyak manfaat bagi Mama setelah melahirkan yaitu teh chamomile. Teh yang satu ini dibuat dari ekstrak bunga chamomile (Matricaria recuita) yang banyak tumbuh di Eropa.

Berikut Popmama.com rangkum 5 manfaat teh chamomile untuk kesehatan Mama setelah melahirkan, dilansir dari Healthline. Simak artikel ini selengkapnya ya Ma!

1. Teh chamomile bantu tingkatkan kualitas tidur

1. Teh chamomile bantu tingkatkan kualitas tidur
Freepik/drobotdean

Teh chamomile memiliki kandungan antioksidan apigenin yang bermanfaat mengikat reseptor tertentu di otak, sehingga membuat tubuh cepat mengantuk dan terhindar dari insomnia Ma.

Menurut sebuah penelitian, perempuan pasca melahirkan yang minum teh chamomile selama dua minggu, melaporkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak minum teh. Selain itu, mereka juga diketahui memiliki gejala depresi yang lebih sedikit. Dimana masalah depresi pasca melahirkan sering dikaitkan dengan gangguan tidur.

Jadi minum teh chamomile sangat baik nih Ma, guna meningkatkan kualitas tidur khususnya bagi Mama setelah melahirkan.

Editors' Picks

2. Minum teh chamomile bisa melindungi tubuh dari risiko kanker tertentu

2. Minum teh chamomile bisa melindungi tubuh dari risiko kanker tertentu
Freepik/cookie_studio

Menurut penelitian, kandungan antioksidan apigenin pada teh chamomile telah terbukti mampu melawan sel kanker lho Ma. Terutama kanker payudara, saluran cerna, kulit dan rahim.

Selain itu, satu penelitian lain yang dilakukan terhadap 537 orang, mendapatkan hasil kalau mereka yang minum teh chamomile 2-6 kali per minggu, secara signifikan lebih kecil kemungkinan terkena kanker tiroid daripada mereka yang tidak minum the chamomile.

Tentu ini jadi kabar baik untuk Mama yang baru saja melahirkan ya!

3. Teh chamomile bisa tingkatkan kesehatan pencernaan

3. Teh chamomile bisa tingkatkan kesehatan pencernaan
Freepik/wayhomestudio

Usai melahirkan, tak sedikit dari Mama yang mungkin mengalami masalah pencernaan. Padahal pencernaan yang sehat akan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini sangat penting khususnya bagi Mama dengan banyaknya aktivitas merawat si Kecil.

Jika Mama mengalami masalah pencernaan setelah melahirkan, tak perlu khawatir ya.

Menurut beberapa bukti terbatas yang ditemukan, teh chamomile dinilai efektif untuk meningkatkan kesehatan pencernaan lho. Ini karena, minum teh chamomile punya efek menenangkan bagi perut.

Selain itu secara tradisional, teh chamomile juga telah banyak digunakan untuk mengobati beberapa penyakit pencernaan, seperti mual dan kelebihan gas di perut.

4. Teh chamomile bisa bantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

4. Teh chamomile bisa bantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh
Freepik

Untuk Mama yang baru melahirkan, minum teh chamomile dipercaya bisa bantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh lho. Kadar gula darah yang tidak terkontrol, bisa berisiko menyebabkan penyakit kronis yaitu diabetes.

Ketika kadar gula darah meningkat secara kronis, ini bisa berakibat pada kerusakan sel-sel di pankreas. Nah, kandungan senyawa antiinflamasi dalam teh chamomile dapat bantu cegah hal tersebut Ma.

Seperti yang kita tahu, kesehatan pankreas sangat penting untuk menghasilkan insulin bagi tubuh. Hormon insulin akan bekerja mengatur kadar gula darah atau glukosa yang ada di dalam tubuh kita.

5. Minum teh chamomile bisa meningkatkan kesehatan jantung

5. Minum teh chamomile bisa meningkatkan kesehatan jantung
Freepik

Teh chamomile kaya akan antioksidan bernama flavonoid. Antioksidan yang satu ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, sehingga risiko penyakit jantung juga bisa menurun.

Selain itu, flavonoid juga bermanfaat untuk mengatasi inflamasi di dalam tubuh lho Ma. Tentu ini sangat berguna bagi Mama yang sedang dalam masa pemulihan setelah melahirkan.

Nah demikianlah tadi, 5 manfaat teh chamomile untuk kesehatan Mama setelah melahirkan. Kebanyakan orang yang minum teh chamomile tidak mengalami efek samping yang merugikan. Tapi jika Mama belum pernah sama sekali mengonsumsinya, sebaiknya lebih berhati-hati ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk