Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Potret Artis saat Ikut Kelas Menyusui, Ada Nikita Willy & Ria Ricis

Sederet artis ini belajar menyusui mulai dari teori hingga praktiknya

29 November 2022

8 Potret Artis saat Ikut Kelas Menyusui, Ada Nikita Willy & Ria Ricis
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Dalam menyambut kelahiran bayi, Mama tentu harus mempersiapkan semuanya, termasuk edukasi tentang menyusui. Karena meski menyusui adalah sesuatu yang alamiah, Mama tetap harus mempersiapkannya sebaik mungkin, supaya proses mengASIhi bayi bisa berjalan dengan baik.

Saat ini, ada banyak cara untuk mendapatkan edukasi seputar laktasi. Salah satunya dengan mengikut kelas menyusui, seperti yang dilakukan pada artis Tanah Air.

Beberapa dari mereka bahkan mengikuti kelas menyusui, dari trimester pertama kehamilan lho Ma. Tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai cara menyusui, manfaat ASI, merawat payudara, hingga mempersiapkan kondisi fisik dan mental agar bisa mengASIhi dengan lancar.

Kali ini, Popmama.com telah merangkum 8 potret artis saat ikut kelas menyusui. Mereka tampak kompak bersama suami dalam mempersiapkan proses menyusui nih, Ma!

1. Aubry Beer

1. Aubry Beer
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Melalui media sosial Instargam kala itu, Aubry Beer sempat menceritakan momen saat dirinya dan sang Suami mengikuti kelas persiapan menyusui. Menurut Aubry, dari kelas menyusui ia bisa dapat banyak ilmu terkait proses mengASIhi. Mulai dari memaknai proses menyusui, hingga belajar teknik-teknik menyusui yang baik dan benar.

Semua dilakukan Aubry karena sebagai orangtua baru ia merasa masih sangat minim informasi. Apalagi terkait perawatan bayi dan proses menyusui.

“di sini aku dan @rendika belajar banyaaaak bgt ilmu baruu, maklum jadi orang tua pertama kali masih clueless bgt dan perlu banyak bgt belajar,” tulisnya dalam caption Instagram pada (10/6).

2. Dhea Ananda

2. Dhea Ananda
Instagram.com/dea_ananda

Potret artis saat ikut kelas menyusui berikutnya datang dari Dhea Ananda. Seperti terlihat dalam foto, bahwa tak hanya Dhea, Ariel pun terlihat sangat antusias dalam mengikuti kelas menyusui. Meski masih tegang, keduanya belajar cara memandikan, menggendong, hingga menyusui bayi.

Diakui Dhea, kelas menyusui memberinya banyak informasi penting mengenai posisi menyusui yang baik, proses pumping ASI, hingga cara mengatasi bayi yang rewel saat menyusui.

3. Fitria Rasyidi

3. Fitria Rasyidi
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Berikutnya ada Fitria Rasyidi dan Madkucil yang juga ikut kelas menyusi bersama Bidan Mila. Bagi pasangan yang menikah pada 23 November 2021 tersebut, kelas menyusui sangat penting diikuti terutama bagi para calon orangtua baru.

Karena pada kenyataanya, proses menyusui dan mengurus bayi sangat butuh kesiapan dari segi fisik dan juga mental. Terlebih, keduanya juga tak ingin ada kesalahan sedikitpun dalam mengurus buah hatinya sejak dini.

Editors' Picks

4. Ina Marika

4. Ina Marika
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Ina Marika dan Rezca Syam juga sempat mengikuti kelas menyusui sebelum buah hati pertamanya lahir. Menurut Ina, ada beragam manfaat dalam mengikuti kelas menyusui ini. Terlebih di luar sana ada banyak mitos yang beredar terkait proses menyusui bayi, yang bisa bikin orangtua baru merasa bingung.

Nah di kelas menyusui inilah, ia dan suami mendapat banyak informasi yang meluruskan mitos-mitos di masyarakat. Sehingga dalam merawat dan menyusui bayi, mereka merasa lebih tenang dengan mengikuti apa yang memang seharusnya dilakukan.

5. Karina Nadila

5. Karina Nadila
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Bagi pasangan Karina Nadila dan Rangga, perjalanan hamil tak hanya berhenti sampai proses melahirkan. Masih ada trimester keempat yaitu fase menyusui, yang semuanya perlu dipelajari. Alasan inilah yang membuatnya bertekad mengikuti kelas menyusui bersama suami, supaya nantinya bisa lebih percaya diri dalam mengASIhi.

“kita tau kalau 4th trimester itu adalah perjalanan yang wow, jadi perjalanan hamil bukan cuma sampe lahiran aja. Tapi masih ada perjalanan yang harus dipelajarin lagi,” ungkapnya dalam salah satu unggahan video Instagram @jamilatus.sadiyah.

6. Nikita Willy

6. Nikita Willy
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Sebelum memutuskan untuk melahirkan di luar negeri, Nikita Willy sempat mengikuti kelas hypnobirthing dan laktasi. Bersama Bidan Mila, ia mengikuti semua kelas persiapan tersebut dari trimester pertama kehamilannya.

Dalam sebuah video wawancara bersama Bidan Mila, Nikita mengungkapkan bahwa proses kehamilan, melahirkan dan menyusui itu tidak bisa instan. Semua harus dipelajari, agar tubuh serta lingkungan sekitar juga siap dan mendukung.

“Kita aja mau dapat SIM tuh harus belajar dulu, harus ada tes dulu. Apalagi kita dapat anugerah, dapat anak gitu. Masa kita mau langsung just instan aja, kan nggak mungkin. Jadi kita memang harus belajar, harus persiapan supaya kita tau apa yang harus kita lakukan,” ungkap Nikita.

7. Ria Ricis

7. Ria Ricis
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Didampingi Teuku Ryan, Ria Ricis juga mengikuti kelas menyusui. Ia mulai aktif hadir dalam kelas menyusui, sejak usia kandungannya masuk trimester tiga kala itu.

Ia pun belajar banyak hal terkait proses pelekatan, cara pumping ASI, hingga merawat dan membersihkan payudara. Nggak cuma Ricis, Teuku Ryan juga sempat mencoba cara pijat oksitosin, yang dipercaya membuat Ibu menyusui merasa nyaman, mengurangi bengkak, hingga meningkatkan produksi ASI.

8. Winona Willy

8. Winona Willy
Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Mengikuti jejak sang Kakak, Winona Willy juga mempersiapkan banyak hal dalam menyambut kelahiran bayinya. Bersama Galih, Winona mengikuti setiap rangkaian kelas khusus untuk orangtua baru, mulai dari hypnobirthing, childbirth education, hingga kelas laktasi.

Diungkap Bidan Mila, Winona sudah sangat baik dalam mempersiapkan diri sebagai orangtua baru. Ditambah lagi dengan keterlibatan suami, yang pastinya bisa menambah semangat.

Itu tadi 8 potret artis saat ikut kelas menyusui. Untuk bisa menyusui dengan lancar, tentunya tubuh butuh kesiapan dari segi fisik dan mental. Tapi selain itu, Mama juga perlu dibekali dengan informasi dan edukasi, agar lebih percaya diri dalam mengASIhi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk