Sempat Diduga Maling, Seorang Ibu di Jambi Melahirkan di Kebun Sawit

Warga sekitar bantu proses persalinan dengan peralatan seadanya

27 Juni 2024

Sempat Diduga Maling, Seorang Ibu Jambi Melahirkan Kebun Sawit
Freepik/rawpixel.com

Kisah pilu dialami seorang perempuan di Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Pada Hari Selasa (25/6/2024), ia terpaksa melahirkan bayinya di sebuah semak-semak kebun sawit, didampingi oleh suami dan dua anaknya.

Warga sekitar awalnya menduga, kalau perempuan ini tengah melakukan pencurian tandan buah sawit. Namun setelah didekati, warga justru menemukan seorang Ibu hamil yang hendak melahirkan di semak-semak.

Proses persalinan pun berlangsung dramatis. Di mana warga sekitar turut membantu dengan peralatan seadanya, salah satunya pisau yang digunakan untuk memotong tali pusat bayi.

Berikut Popmama.com rangkum berita selengkapnya mengenai seorang Ibu di Jambi melahirkan di kebun sawit.

1. Perempuan ini sempat diduga maling kelapa sawit

1. Perempuan ini sempat diduga maling kelapa sawit
Freepik.com/tawatchai07

Warga Bukit Baling, Sekernan, pinggir jalan nasional Kabupaten Muaro Jambi dikejutkan dengan peristiwa seorang perempuan yang melahirkan bayi di perkebunan sawit milik warga.

Warga setempat bernama Arja’i mengungkapkan bahwa, awalnya ia curiga dengan gerak-gerik perempuan yang masuk ke semak-semak perkebunan sawit, bersama dengan laki-laki dan anak-anak.

Arja’i dan warga lainnya mengira perempuan tersebut hendak mencuri tandan buah sawit. Tapi rupanya, mereka merupakan sepasang suami istri beserta dua anak kecil.

“Mereka itu ada di semak-semak di tempat penampungan kelapa sawit warga. Jadi warga curiga (maling),” kata Arja’i kepada awak media pada Selasa (25/6/2024).

Editors' Pick

2. Melahirkan di semak-semak perkebunan sawit

2. Melahirkan semak-semak perkebunan sawit
freepik/jcomp

Saat mendekati perempuan tersebut, Arja’i dan warga lainnya pun kaget. Hal ini lantaran, perempuan itu baru saja melahirkan, dengan kondisi ari-ari yang masih menempel.

“Ternyata itu Ibu hamil dan suaminya, mereka minta bantuan untuk melahirkan,” tambah Arja’i.

Perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut menyebut bahwa, ia dan suaminya berasal dari Indragiri Hilir, Riau. Di mana saat itu, mereka tengah melakukan perjalanan menuju Sumatera Selatan.

Namun di tengah perjalanan, perempuan itu meminta sang Suami untuk berhenti di pertengahan jalan. Sebab ia merasakan sakit akibat kontraksi dan hendak melahirkan bayinya.

Tanpa berpikir panjang, sang Suami pun menghentikan laju motor dan membawa perempuan tersebut beserta dua orang anak mereka ke semak-semak perkebunan sawit.

3. Warga sekitar membantu dengan alat seadanya

3. Warga sekitar membantu alat seadanya
Freepik/pch.vector

Proses persalinan berlangsung cukup dramatis. Mengingat perempuan itu melahirkan di tengah semak-semak, yang tentunya sulit diakses.

Beruntungnya, warga sekitar turut membantu dengan alat seadanya. Salah satu warga bahkan membantu proses pemotongan ari-ari menggunakan senjata tajam jenis pisau.

“Proses kelahiran cukup dramatis. Karena saat memotong tali pusat bayi, warga menggunakan senjata tajam jenis pisau,” ungkap Arja’i.

4. Ibu dan bayi dalam kondisi sehat

4. Ibu bayi dalam kondisi sehat
Freepik/tehchesiong

Beruntungnya Ibu dan bayi tersebut dalam kondisi sehat dan selamat.

Setelah proses persalinan berlangsung, Ibu dan bayi berjenis kelamin perempuan tersebut langsung dibawa ke pos penimbangan kelapa sawit. Di mana setelah itu, mereka dibawa ke rumah salah satu warga untuk beristirahat.

“Alhamdulillah kondisi Ibu dan bayinya dalam keadaan sehat walafiat. Saat ini masih berada di rumah warga untuk istirahat,” tutupnya.

Itulah berita selengkapnya mengenai seorang Ibu di Jambi melahirkan di kebun sawit. Tentu kejadian ini begitu mengiris hati ya. Semoga peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

Baca juga:

The Latest