TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Cepat Pulih Pasca Melahirkan ala Ina Marika, Kompak Bareng Suami

Support system dari suami jadi satu hal penting bagi Ina Marika di masa postpartum-nya

21 September 2022

Tips Cepat Pulih Pasca Melahirkan ala Ina Marika, Kompak Bareng Suami
Instagram.com/ina.marika

Ina Marika dan Rezca Syam dikarunia anak pertama, tepat pada Rabu 27 Juli 2022. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut lahir dengan sehat dan selamat di RS Brawijaya Antasari, Jakarta.

Setelah melahirkan, perempuan yang berprofesi sebagai bintang FTV ini pun menjalani peran barunya sebagai seorang Mama. Diakuinya, kehidupan pasca persalinan tidaklah mudah untuk dijalani.

Karena itu, melalui media sosial Instagram @ina.marika, ia membagikan beberapan tips bagi para Mama dan Papa di luar sana, yang sedang berjuang menjalani fase postpartum atau pasca melahirkan.

“Postpartum is REAL. Tapi kita tetep senang. Sekalian mau kasih tips ah yang membantu meringankan masa-masa postpartumku saat ini. Siapa tau bs membantu para calon Ibu dan Bapak di luar sana,” ungkapnya dalam unggahan Instagram Story, beberapa waktu pasca melahirkan Baby Raka.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya mengenai 5 tips cepat pulih pasca melahirkan ala Ina Marika.

1. Dapatkan support sistem dari pasangan

1. Dapatkan support sistem dari pasangan
Instagram.com/rezcasyam

Menurut Ina Marika, satu hal yang perlu didapatkan seorang Mama pasca melahirkan yaitu support system dari orang sekitar, terutama pasangan. Sebab, di masa postpartum (pasca melahirkan), Mama biasanya butuh lebih banyak bantuan dan perhatian.

Berutungnya ia memiliki suami yang selalu siap siaga. Tak hanya di masa kehamilan, Rezca Syam bahkan setia menemaninya di masa-masa sulit persalinan dan sesudahnya.

“My #1 support system. Peran suami penting BANGET! dan kamu (Rezca Syam) hebat bisa memenuhi itu semua. Makasih ya bojo, selamat menjadi bapak,” Ungkap Ina Marika.

Editors' Picks

2. Buat pekerjaan rumah jadi lebih mudah

2. Buat pekerjaan rumah jadi lebih mudah
Instagram.com/ina.marika

Setelah melahirkan, Mama dan Papa tentu akan dihadapkan dengan aktivitas baru dalam merawat si Kecil. Tak jarang, segala bentuk perhatian akan terfokus pada bayi. Dimana hal ini bikin pekerjaan rumah jadi menumpuk.

Nah tips dari Ina Marika yaitu, Mama harus membuat pekerjaan rumah jadi lebih mudah.

Salah satu contohnya bisa dengan menggunakan jasa laundry pakaian atau jasa home cleaning Ma.

3. Pakai bantuan bidan home care

3. Pakai bantuan bidan home care
Instagram.com/ina.marika

Setelah melahirkan Baby Raka, perempuan kelahiran 6 Januari 1999 ini memilih untuk menggunakan jasa bidan homecare selama 7 hari. Menurutnya ini sangat membantu meringankan tugas dirinya dan suami sebagai orangtua baru.

“Aku ambil paket yang 7 hari, tapi mereka ada yang bisa sehari/5 hari juga. Ini itu khusus untuk newborn (mandiin, jemur, tummy time, dsb). Atau bisa banget bidan dateng, Ibu dan Bapak istirahat. Jadi ada waktu lebih buat bayar begadang semalam,” jelasnya.

4. Lakukan pijat laktasi agar ASI lancar

4. Lakukan pijat laktasi agar ASI lancar
Instagram.com/ina.marika

Setiap orangtua baru pasti akan mengalami fase menyusui bayi.

Tak jarang, pada masa menyusui, masalah produksi ASI dan proses pelekatan jadi satu hal yang dikhawatirkan. Bahkan pada beberapa kasus, hal ini bisa bikin Mama mengalami stres dan berdampak pada terhambatnya proses pemulihan tubuh.

Karenanya, Ina Marika juga memberikan tips bagi para Mama untuk melakukan pijat laktasi agar ASI lancar. Jika suplai ASI dan proses menyusui lancar, ini bisa bikin Mama lebih bahagia, sehingga proses pemulihan tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Buat para Ibu setelah melahirkan, bisa banget pijat oksitosin/laktasi dan sharing soal jahitan kayak aku. Dibantu juga pantau pelekatannya saat mengASIhi supaya bener,” tambahnya.

5. Pastikan mengurus anak berdua dengan suami

5. Pastikan mengurus anak berdua suami
Instagram.com/ina.marika

Terakhir, pastikan dalam mengurus bayi, Mama melakukannya berdua dengan suami ya. Ingatlah bahwa mengurus anak adalah tugas bersama. Jadi Papa juga harus berperan, seperti yang dilakukan oleh Rezca Syam, yang ikut membantu sang Istri mengurus Baby Raka.

“Trus, terakhir.. Ngurusin anak ber2! Waaaaah ini yang paling membantu. Suami bersedia diajak kooperatif dalam mengurus anak. Begadangnya gantian. Tetep capeeek, tapi capeknya bareng-bareng dan happy,” ungkapnya.

Nah itulah tadi, 5 tips cepat pulih pasca melahirkan ala Ina Marika. Mama dan Papa bisa juga lho mencobanya di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk