7 Tugas Suami Ketika Istri Memasuki Masa Menyusui

Bisa dicoba agar proses menyusui si Kecil jadi lancar nih Pa!

20 Mei 2022

7 Tugas Suami Ketika Istri Memasuki Masa Menyusui
Pexels/Viktoria-slowikowska

Setelah melahirkan, Mama biasanya akan disibukkan dengan aktivitas baru yakni menyusui si Kecil. Dimana saat menyusui, dukungan orang-orang terdekat sangatlah diperlukan, terutama dari pasangan.

Meskipun tak banyak yang bisa dilakukan, pada kenyataanya Papa memiliki peran penting lho dalam mendampingi istri di masa menyusui.

Sebab beberapa bantuan kecil dari Papa, rupanya bisa bikin Mama jadi lebih rileks dan terhindar dari stres. Hal ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI dan mengoptimalkan proses menyusui.

Nah supaya Papa nggak bingung lagi, kali ini Popmama.com akan berikan informasi mengenai 7 tugas suami ketika istri memasuki masa menyusui, dilansir dari Motherly.

1. Membantu istri melakukan pekerjaan lainnya

1. Membantu istri melakukan pekerjaan lainnya
Freepik/wayhomestudio

Tugas suami ketika istri memasuki masa menyusui yang pertama adalah membantu mengambil alih pekerjaan lainnya. Sebab saat menyusui, Mama biasanya akan fokus pada bayi. Sehingga beberapa pekerjaan lain mungkin belum sempat dilakukan.

Saat inilah Papa bisa membantu Mama dengan melakukan tugas-tugas lainnya. Diantaranya seperti mencuci popok, mencuci alat-alat pumping ASI, atau membantu menyelesaikan pekerjaan rumah lain yang biasa dilakukan Mama.

2. Banyak belajar mengenai proses menyusui

2. Banyak belajar mengenai proses menyusui
Pexels/Adrienn

Meski pada kenyataanya menyusui akan dilakukan oleh Mama, nggak ada salahnya lho Papa juga ikut belajar mengenai hal ini. Papa bisa mencari tahu istilah-istilah dalam menyusui, ASI, atau beberapa cara mengatasi masalah saat menyusui.

Ketika sudah memahami banyak hal yang berkaitan dengan proses menyusui, Papa akan lebih mudah dalam membantu Mama memecahkan masalah. Misalnya membantu bayi melakukan pelekatan yang tepat, atau mendukung Mama menyusui dengan memberikan makanan sebagai booster ASI.

Editors' Picks

3. Tunjukkan rasa terima kasih dan tetaplah bersabar

3. Tunjukkan rasa terima kasih tetaplah bersabar
Freepik/svetlanasokolova

Proses menyusui bisa bikin Mama mengalami banyak perubahan, mulai dari fisik hingga mental. Kondisi inilah yang terkadang membuat mood Mama berubah. Bisa merasa sangat bahagia atau bahkan sedih karena kelelahan.

Karena itu, Papa harus banyak bersabar dalam menghadapinya ya.

Tujukkan juga rasa terima kasih kepada Mama karena sudah menyusui si Kecil. Dengan begitu, Mama akan merasa dihargai dan menganggap kalau rasa lelahnya tidak sia-sia.

4. Membahagiakan istri dengan memberi kejutan usai menyusui

4. Membahagiakan istri memberi kejutan usai menyusui
Freepik/master1305

Membahagiakan Mama juga jadi tugas Papa dalam membantu kelancaran proses menyusui. Jika Mama merasa bahagia, hormon-hormon di dalam tubuhnya juga akan mendukung untuk kelancaran produksi ASI.

Salah satu caranya, Papa bisa coba memberi kejutan nih untuk Mama. Seperti memberikan makanan kesukaanya, membelikan barang tertentu yang diingikan, atau mengajak Mama pergi jalan berdua untuk sekedar makan atau nonton film terbaru.

5. Dampingi dan bantu istri saat hendak bepergian

5. Dampingi bantu istri saat hendak bepergian
Freepik/wayhomestudio

Saat menyusui tak jarang Mama perlu pergi ke luar rumah, misalnya untuk kontrol ke dokter pasca melahirkan atau sekedar berjalan-jalan. Nah, papa bisa nih memberi dukungan dengan cara mendampingi Mama selama bepergian, atau membantunya menyiapkan semua keperluan.

Bantu Mama dengan cara memakaikan pakaian untuk si Kecil, mengemas keperluan seperti popok dan alat pumping ASI, serta menyiapkan beberapa snack untuk Mama diperjalanan.

6. Beri dukungan emosional kepada istri

6. Beri dukungan emosional kepada istri
Pexels/Tima-miroshnichenko

Tugas suami ketika istri memasuki masa menyusui lainnya yakni memberi dukungan secara emosional agar proses menyusui lancar.

Menyusui memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika mengingat kalau seorang Mama harus memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi selama 6 bulan lamanya.

Karena itu, dukungan emosional dari Papa sangat dibutuhkan. Misalnya dengan memberi semangat dan kasih sayang. Ini bertujuan agar Mama terhindar dari rasa frustasi dan bisa kembali fokus dengan tujuan awalnya, yakni memberi ASI secara ekslusif kepada bayi.

7. Bantu mengabadikan setiap momen menyusui untuk kenang-kenangan

7. Bantu mengabadikan setiap momen menyusui kenang-kenangan
Freepik/User18526052

Proses menyusui tak akan bisa terulang. Karenanya, Papa perlu berterima kasih kepada Mama karena sudah berusaha menyusui dan menghabiskan waktu sehari-hari dengan si Kecil.

Ambilah beberapa foto atau dokumentasi saat Mama sedang menyusui. Lalu tunjukkan hasilnya nanti, beberapa tahun ke depan. Tak perlu khawatir dengan kualitas gambar, yang penting ini bisa jadi satu hal manis untuk hubungan kamu dan pasangan.

Nah demikianlah tadi 7 tugas suami ketika istri memasuki masa menyusui. Ingatlah bahwa dukungan sekecil apapun bagi Mama menyusui akan sangat berarti demi kelancaran prosesnya.

Karenanya, tetaplah bersabar dan semangat dalam mendukung Mama saat menyusui ya Pa!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk