Pentingnya Membuat Rencana Persalinan agar Melahirkan Lebih Nyaman

Menyiapkan rencana persalinan ternyata penting juga buat Mama. Yuk cari tahu di sini!

25 Mei 2020

Penting Membuat Rencana Persalinan agar Melahirkan Lebih Nyaman
freepik.com/freepik

Hari saat Mama melahirkan adalah hari yang sangat penting di hidup mama. Karena itulah membuat rencana persalinan akan membantu Mama membuat keputusan tentang bagaimana Mama ingin momen melahirkan mama nanti berjalan sesuai keinginan mama.

Rencana persalinan sebenarnya bisa dibilang adalah daftar keinginan mama saat masa bersalin atau melahirkan nanti. Dalam rencana persalinan, Mama bisa merencanakan siapa yang harus menemani Mama, bagaimana ruangan melahirkan yang Mama inginkan, apa saja yang perlu disiapkan, dan lain sebagainya.

Mama bisa memasukkan hal apa pun yang membuat Mama nyaman ke dalam rencana persalinan. Hal ini diharapkan dapat membantu Mama untuk lebih fokus dan nyaman saat melahirkan.

Hal apa saja yang bisa Mama sertakan ke dalam rencana persalinan? Simak informasi dari Popmama.com berikut ini yang dilansir dari Webmd.com.

Editors' Picks

1. Apa saja yang harus ada dalam rencana persalinan?

1. Apa saja harus ada dalam rencana persalinan
freepik.com/freepik

Beberapa hal yang bisa Mama masukkan ke dalam rencana persalinan antara lain:

  1. Informasi dasar: Nama Mama, nama dokter dan informasi kontaknya, tempat Mama akan melahirkan, dan siapa yang akan bersama Mama saat melahirkan.
  2. Suasana persalinan: Mama bisa tulis hal yang bisa membantu Mama merasa paling nyaman, seperti apakah Mama ingin lampu kamar redup dengan musik yang membuat Mama tenang, atau Mama ingin mengabadikan momen melahirkan dengan foto dan video.
  3. Mengatur rasa sakit saat bersalin: Catat hasil konsultasi Mama dengan dokter untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan, seperti apakah Mama ingin dibius lokal (epidural), dan hal-hal apa saja yang mungkin menyebabkan Mama berubah pikiran untuk tidak mendapatkan epidural.
  4. Keinginan saat melahirkan: Apakah Mama ingin cermin agar bisa melihat kelahiran bayi Mama? Apakah Mama ingin Papa yang memotong tali pusar si Kecil? Atau Mama ingin melakukan inisiasi menyusui dini segera setelah si Kecil dilahirkan?
  5. Pemberian makanan dan perawatan setelah melahirkan: Setelah si Kecil lahir, Mama harus memikirkan tentang pemberian makanan dan perawatannya, seperti apakah Mama ingin segera menyusui setelah melahirkan? Apakah Mama ingin menggabungkan pemberian susu formula dan ASI? Apakah Mama ingin si Kecil dirawat dalam satu kamar bersama Mama?

2. Siapa yang harus meninjau rencana persalinan?

2. Siapa harus meninjau rencana persalinan
freepik.com/asmedvednikov

Rencana persalinan Mama sebaiknya juga dicek oleh Papa dan siapapun yang akan bersama Mama saat melahirkan nanti. Mama juga sebaiknya mengonsultasikan rencana persalinan dengan dokter untuk mengetahui jika rencana mama bisa atau tidak bisa dilakukan selama proses persalinan dan perawatan setelah kelahiran.

Mama bisa mendapatkan tanggapan dan saran dari dokter tentang rencana persalinan yang sudah Mama siapkan. Dengan mendiskusikan rencana persalinan bersama orang terdekat dan dokter, Mama bisa mengurangi risiko konflik yang mungkin terjadi saat atau setelah Mama melahirkan. 

3. Siapa yang harus mempunyai salinan rencana persalinan?

3. Siapa harus mempunyai salinan rencana persalinan
freepik.com/wavebreakmedia-micro

Rencana persalinan adalah sebuah catatan keinginan mama saat akan melahirkan. Baiknya Mama membuat salinan rencana persalinan mama untuk diberikan kepada orang-orang yang akan turut campur dalam proses melahirkan nanti.

Setelah semua hal yang ada dalam rencana persalinan mama disetujui oleh dokter dan juga orang terdekat, Mama bisa berikan catatan rencana persalinan tersebut ke dokter untuk disimpan bersama catatan medis mama. Papa dan siapa pun yang akan menemani Mama selama proses melahirkan juga harus mempunyai salinan catatan rencana persalinan Mama.

Rencana persalinan dan semua keinginan mama bisa Mama diskusikan bersama dokter saat Mama melakukan cek kehamilan secara rutin. Rencana persalinan ini bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan kehamilan mama di setiap trimesternya. Jangan lupa bawa rencana persalinan tersebut saat Mama akan melahirkan supaya semua pihak yang bersama Mama saat proses melahirkan bisa membantu Mama melahirkan dengan lebih nyaman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.