Mengharukan, Begini Motivasi Perawat Saat Pasiennya Melahirkan

Motivasi perawat ini membuat siapapun akan terharu saat mendengarnya

10 April 2020

Mengharukan, Begini Motivasi Perawat Saat Pasien Melahirkan
Unsplash/Wdongx

Proses persalinan pasti akan menjadi sebuah proses yang berat bagi seorang Mama. Selain keinginan yang kuat, diperlukan juga dukungan orang terdekat dan pihak yang membantu proses persalinan tersebut.

Dalam sebuah video di akun instagram @kalesalad  yang viral ini, terlihat jelas bagaimana seorang perawat sedang memberikan motivasi kepada seorang Mama yang hampir saja menyerah saat bersalin.

Butuh dukungan

Butuh dukungan
Unsplash/Kelly Sikkema

Setiap ibu yang sedang bersalin memang sangat membutuhkan dukungan, terutama dari pasangan dan semua orang yang berada di ruangan bersalin. Dukungan tersebut akan membuat persalinan berjalan lebih lancar. Setidaknya ada beberapa hal yang dapat membuat proses melahirkan lebih nyaman. Berikut ini Popmama.com rangkum hal apa saja yang dapat membantu lancarnya sebuah persalinan.

Editors' Picks

1. Pijatan di punggung

1. Pijatan punggung
Unsplash/Alan Chaisan

Mintalah Papa untuk memijat punggung Mama saat proses persalinan. Bantuan tersebut akan membuat Mama merasa lebih relaks dan dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon yang dapat memudahkan persalinan. Jadi jangan segan untuk meminta punggung Mama untuk dipijat, ya.

2. Aromaterapi

2. Aromaterapi
Unsplash/Drew L

Aromaterapi juga menjadi salah satu benda yang dapat membuat Mama merasa lebih relaks. Semakin Mama merasa relaks, maka pembukaan serviks akan berjalan lebih cepat. Cobalah konsultasikan pada tempat Mama bersalin apakah diperbolehkan untuk menggunakan aromaterapi di ruang bersalin.

3. Birthing ball

3. Birthing ball
Unsplash/Mr Lee

Birthing ball juga bisa digunakan untuk melancarkan persalinan. Mama bisa duduk di atas birthing ball untuk semakin merangsang kontraksi. Selain itu, Mama juga bisa mengapit birthing ball di antara kedua kaki dengan posisi tidur miring untuk mempercepat pembukaan dan mengurangi rasa nyeri akibat kontraksi.

4. Kain panjang

4. Kain panjang
spinningbabies.com

Kain panjang atau yang biasa dikenal dengan kain jarit ini juga sangat berguna untuk membantu proses persalinan. Kain jarit bisa digunakan untuk melakukan gerakan rebozo, yaitu meletakkan kain di atas perut lalu ujung kain ditarik ke atas dan digoyang-goyang.

Mintalah bantuan suami atau doula untuk melakukan rebozo. Gerakan rebozo juga terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang biasa terjadi saat kontraksi. Dengan berkurangnya rasa nyeri, Mama bisa lebih semangat untuk melahirkan dengan proses melahirkan secara normal.

Demikian 4 benda yang dapat melancarkan proses persalinan Mama. Tetap semangat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.