Jalani Proses Persalinan 36 Jam, Tiwi Eks T2 Melahirkan Anak Kedua

Proses persalinannya dilalui dengan metode gentle birth

12 April 2021

Jalani Proses Persalinan 36 Jam, Tiwi Eks T2 Melahirkan Anak Kedua
Instagram.com/tentangtiwi

Kabar bahagia datang dari salah satu penyanyi eks Grup vokal T2, yaitu Tiwi. Melalui laman Instagramnya, Tiwi mengabarkan bahwa ia baru saja melahirkan anak keduanya pada hari Minggu (11/04/2021) jam 22.00 WIB. 

Tak seperti dugaannya, proses persalinan anak keduanya ini berlangsung hingga 36 jam. Namun, ia tidak menyerah hingga akhirnya melahirkan bayi mungil yang cantik.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya mengenai persalinan anak kedua Tiwi Eks T2.

1. Melahirkan dengan metode gentle birth

1. Melahirkan metode gentle birth
Instagram.com/tentangtiwi

Mama yang memiliki nama lengkap Pratiwi Dwiarti ini bercerita bahwa ia sudah merasakan perutnya kencang sejak hari Jumat (9/4/2021) malam hari. Karena belum ada tanda-tanda persalinan lainnya, ia pun memilih untuk melakukan observasi di rumah sambil melakukan olahraga yoga.

Hingga selanjutnya muncul flek di hari Sabtu (10/4/2021). Setelah muncul flek itu lah ia bergegas menuju tempat bersalin pilihannya di Lahir di Tembuni, Jakarta Selatan.

Namun, setelah diperiksa ternyata persalinan baru di pembukaan dua. Padahal Tiwi sering mendengar cerita orang bahwa melahirkan anak kedua akan lebih mudah dan lebih cepat dari persalinan anak pertama.

"Oke afirmasi yang sangat positif ya untuk aku yang lahiran anak pertama menggunakan epidural, sedangkan di Tembuni benar-benar Gentle Birth. Pas di cek ternyata pembukaan dua, silakan pulang lagi ke rumah," kata Tiwi dalam keterangan foto di Instagramnya.

Editors' Picks

2. Anak keduanya berjenis kelamin perempuan

2. Anak kedua berjenis kelamin perempuan
Instagram.com/tentangtiwi

Hingga berita ini diturunkan, Tiwi memang belum mengumumkan secara resmi jenis kelamin dan nama anaknya. Namun, dari beberapa unggahan di Instagram Storynya, terlihat kalau Mama dua anak ini melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan yang disapa Aleia.

Dengan hadirnya bayi perempuannya, kini keluarga Tiwi semakin lengkap dengan sepasang anak. Sebelumnya, Tiwi telah dikaruniai anak laki-laki Reo Athar Sakuramoto.

3. Persalinan dibumbui drama

3. Persalinan dibumbui drama
Instagram.com/tentangtiwi

Menjalani proses persalinan selama 36 jam tentu bukan hal yang mudah. Begitu juga yang dialami oleh Tiwi. Mama yang mengawali karirnya melalui ajang pencarian bakat ini menyebut persalinannya penuh perjuangan dan dibumbui drama.

Pasalnya, setelah pembukaan enam pada hari Minggu (11/4/2021) jam 8 pagi, Tiwi tidak mengalami penambahan pembukaan hingga pukul 13.00. Hingga akhirnya ia pun baru melahirkan di malam harinya.

Meski begitu ia sangat bersyukur dengan semua dukungan yang diberikan untuknya.

"36 jam penuh perjuangan dan dibumbui drama. Banyak banget yang mention DM pas aku buka. Aku sitirahat dulu ya, insya Allah besok ku balas satu persatu, i love you all," ucap Tiwi.

4. Penyebab lamanya waktu pembukaan

4. Penyebab lama waktu pembukaan
Instagram.com/tentangtiwi

Pembukaan serviks yang berlangsung lama saat proses persalinan merupakan tantangan tersendiri bagi para mama yang hendak melahirkan secara normal.

Setidaknya ada tujuh hal yang bisa menjadi penyebab lamanya waktu pembukaan saat melahirkan, yaitu:

  • Rongga panggul sempit
  • Posisi bayi
  • Berat badan bayi terlalu besar
  • Memiliki riwayat bedak serviks
  • Merasa stres dan kelelahan
  • Plasenta previa
  • Bayi kembar

Pastikan Mama selalu berdiskusi dengan dokter dan menuruti semua sarannya agar proses persalinan berjalan lebih lancar, ya.

Itu dia berita seputar Tiwi Eks T2 yang melahirkan anak kedua. Semoga Tiwi lekas pulih dan sang Bayi sehat selalu. Sekali lagi selamat untuk Mama Tiwi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.