Jangan Heran, Ini 5 Perubahan Tubuh yang Terjadi Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan, Mama akan mengalami sejumlah perubahan tubuh seperti berat badan naik

23 Mei 2021

Jangan Heran, Ini 5 Perubahan Tubuh Terjadi Pasca Melahirkan
Pexels/Jonathan Borba

Memiliki momongan memang memberikan kebahagiaan bagi setiap pasangan. Namun, proses melahirkan menyisakan “pekerjaan rumah” bagi setiap mama. 

Pasalnya, pasca melahirkan, Mama akan mengalami sejumlah perubahan tubuh. Oleh karena itu, Mama akan berusaha mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil dan melahirkan dengan melakukan olahraga atau diet sehat. 

Ada yang membutuhkan waktu sebentar untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, namun ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama agar kembali kurus seperti sebelum hamil dan melahirkan. Lantas, apa saja perubahan tubuh yang terjadi pasca melahirkan? 

Kenali lima tanda perubahan pada tubuh mama setelah melahirkan yang telah dirangkum Popmama.com

1. Perubahan pada vagina

1. Perubahan vagina
Freepik/gballgiggsphoto

Seperti diketahui, bayi keluar dari rahim melalui vagina ketika Mama menjalani proses persalinan normal. Oleh karena itu, pasca melahirkan, vagina biasanya akan mengendur. 

Namun, Mama tak perlu khawatir. Vagina akan berangsur-angsur kembali ke ukuran sebelumnya yakni sebelum hamil. 

Setiap ibu melahirkan tentunya membutuhkan waktu yang berbeda-beda hingga ukuran vagina kembali seperti keadaan sebelum hamil. Umumnya dibutuhkan waktu sekitar enam minggu atau 42 hari untuk mengembalikan ukuran vagina. 

Editors' Picks

2. Dinding perut

2. Dinding perut
Pixabay/Alicia_Harper

Sama seperti vagina, dinding perut mama akan mengendur pasca melahirkan. Kondisi ini disebabkan perut mama yang membesar saat hamil, lalu harus beradaptasi untuk kembali ke ukuran sedia kala seperti sebelum hamil. 

Untuk mengembalikan dinding perut ke posisi semula, Mama perlu mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang disertai dengan olahraga teratur. Pasalnya, olahraga teratur dapat mengencangkan dinding perut yang mulai kendur. 

3. Rambut rontok

3. Rambut rontok
Freepik/User20061941

Selama ini, Mama mungkin hanya mengetahui perubahan fisik berupa munculnya stretch mark pasca melahirkan. Tak hanya stretch mark, perubahan fisik ternyata juga terjadi pada rambut. 

Rambut mama akan semakin rontok pasca melahirkan karena terjadi perubahan hormon dalam tubuh mama. Kerontokan rambut bahkan bisa terjadi sampai lima bulan hingga membuat rambut mama menipis.

Apabila Mama mulai khawatir dengan kerontokan rambut yang sedang dialami saat ini, tak ada salahnya untuk segera konsultasi ke dokter. 

4. Berat badan bertambah

4. Berat badan bertambah
Freepik/spukkato

Berat badan naik pasca melahirkan pasti dialami semua mama. Namun, kenaikan berat badan hanya bersifat sementara selama Mama bisa menjaga pola makan. 

Jika Mama berkeinginan untuk mengembalikan bentuk tubuh dan berat badan seperti sebelum hamil, maka jangan langsung melakukan diet ketat. Pasalnya, Mama tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan menyusui. 

Mama bisa konsultasi ke dokter spesialis gizi untuk mengetahui jenis diet yang tepat bagi ibu menyusui. Apabila Mama tetap melakukan diet ketat, dikhawatirkan kondisi itu bisa membahayakan kesehatan mama dan bayi. 

5. Payudara membesar

5. Payudara membesar
Pixabay/Robert-Owen-Wahl

Seiring bertambahnya berat badan, maka ukuran payudara juga semakin membesar. Ukuran payudara akan menyesuaikan dengan kenaikan berat badan dan produksi ASI. 

Meski ukuran payudara bertambah besar, Mama tak perlu khawatir karena itu menandakan produksi ASI tetap lancar. Ukuran payudara akan kembali seperti sedia kala ketika Mama sudah bisa mengatur pola makan dan menurunkan berat badan. 

Itulah beberapa perubahan tubuh yang terjadi pasca melahirkan. Perlu diingat apabila Mama ingin mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kala, jangan lakukan diet ketat karena bisa membahayakan kesehatan mama dan bayi. Konsultasikan ke dokter untuk program diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.