11 Artis Indonesia yang Pernah Mengalami Keguguran

Siapa saja artis Indonesia yang pernah mengalami keguguran?

26 November 2020

11 Artis Indonesia Pernah Mengalami Keguguran
Pexels/Rosie Ann

Setiap pasangan pasti mengharapkan kehadiran anak di tengah kehidupan rumah tangga untuk melengkapi kebahagiaan mereka. Para orangtua bahkan rela mengeluarkan biaya cukup besar untuk mendapatkan keturunan, misalnya dengan menjalani program bayi tabung. 

Namun, ada kalanya kenyataan tak sesuai harapan karena beberapa pasangan artis harus mengalami keguguran. Keguguran umumnya disebabkan faktor internal dan eksternal. 

Siapa saja artis Indonesia yang pernah mengalami keguguran? Berikut Popmama.comrangkum 11 artis Indonesia yang pernah mengalami keguguran:

1. Fairuz A Rafiq

1. Fairuz A Rafiq
Instagram.com/sonnyseptian

Pada September 2020, pasangan Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian harus kehilangan buah hati yang masih dalam kandungan. Informasi keguguran tersebut awalnya diungkapkan oleh Sonny melalui Instagram pribadinya. 

“Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Mohon doanya ya dari teman-teman, supaya istri saya atau mungkin juga saya diberikan kesabaran atas musibah yang terjadi," kata Sonny dalam unggahan videonya. 

Sonny kemudian meminta dukungan dari warganet agar istrinya selalu diberikan kekuatan menghadapi kenyataan tersebut. Sonny pun setia mendampingi istrinya untuk melewati momen sedih setelah kehilangan buah hati. 

“Nggak ada orangtua yang nggak sedih ditinggalkan anaknya. Hanya saja saya yakin di luar sana masih banyak hal yang lebih menyedihkan daripada ini. Kita harus yakin bahwa Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hambanya," lanjut Sonny. 

2. Adiezty Fersa

2. Adiezty Fersa
Instagram.com/adieztyfersa

Sebelum mengumumkan kehamilan pada Oktober 2020, istri GIlang Dirga, Adiezty Fersa sempat dua kali mengalami keguguran. Pada tahun 2016, calon anak pertama GIlang dan Adiez meninggal dunia ketika berusia 7 minggu. Mereka mengetahui buah hatinya telah meninggal ketika tak terdengar detak jantung. 

“Dokter sampai bilang, kalau dipertahankan janin ini di dalam perut, kemungkinannya pertama dia tidak akan berkembang di bulan ketujuh dan itu akan berbahaya bagi Ibunya. Pilihan kedua, yaudah nggak apa-apa kalau memang dia mau dilahirkan sekarang juga, akan lebih baik juga untuk keduanya," ujar Gilang.

Pada tahun 2018, calon anak kedua Gilang dan Adiez meninggal dunia dalam kandungan ketika berusia 5 bulan. Calon bayi itu harus dilahirkan paksa saat anniversary pernikahan Gilang dan Adiez. 

“Saat anniversary, kita malah ke rumah sakit untuk melahirkan Ace (nama anak mereka)," ujar Adiez sedih.

Kala itu, Adiez pun harus diinduksi selama tiga hari untuk mengeluarkan sang  buah hati, 

"Melahirkannya juga nggak bisa caesar, harus normal, jadi saya harus diinduksi dulu dari tanggal 18 sampai 21," papar Adiez. 

3. Cherly Juno

3. Cherly Juno
Instagram.com/cherly7uno

Akhir Agustus 2020, Cherly Juno juga menyampaikan kabar duka tentang keguguran yang baru dia alami. Dalam video yang diunggah melalui akun Instagramnya, Cherly mengaku mengetahui kehamilan anak keduanya pada 18 Agustus 2020. 

Cherly pun bisa mendengar detak jantung calon anak keduanya ketika melakukan USG ke dokter kandungan. Namun ketika melakukan USG kembali ke dokter, Cherly dan sang Suami sudah tidak mendengar detak jantung anak keduanya. 

Dokter pun menyatakan bayi Cherly meninggal dalam kandungan sehingga harus dilakukan tindakan kuret, sebelum terjadi perdarahan. 

“Thank you for @sandysandyprasetyo sudah membantu menenangkan kami berdua banget dengan alasan yang bisa kami terima dengan sangat baik," tulis Cherly.

4. Jane Shalimar

4. Jane Shalimar
Instagram.com/janeshalimar_1

Pada Mei 2020, artis Jane Shalimar harus kehilangan buah hatinya yang baru berusia tujuh minggu. Berita duka tersebut disampaikan oleh Jane dan Arsya Wijaya melalui akun Instagram.

"Terima kasih Allah-ku. Kau Maha Hebat. Kutitipkan malaikat kecil di sisi-Mu ya Rabb, semoga kelak akan bertemu lagi #AlfatihaUntukAnakku," tulis Jane dalam salah satu unggahannya di Instagram. 

Walaupun calon bayinya baru berusia 7 minggu, namun momen kehamilannya tetap memberikan kesan bahagia bagi Jane. Dia pun berterima kasih kepada sang Pencipta karena pernah dititipkan seorang bayi di dalam kandungannya. 

“Walau hanya tujuh minggu, tetapi dia adalah anugerah terindah yang pernah kami miliki. Semua kenangan takkan terhapus dan tetap menjadi pelita kecil kami tuk memandu, hingga nanti kita akan bertemu lagi di lain waktu," tulis Jane. 

Editors' Picks

5. Artika Sari Devi

5. Artika Sari Devi
Popmama.com/Michael Andrew

Pada April 2020, Artika Sari Devi mengabarkan berita duka tentang keguguran calon anak ketiganya. Kabar keguguran itu diunggah Artika melalui instagram pribadinya. 

Walaupun diselimuti duka, Artika tetap berusaha tegar dan ikhlas menerima kepergian calon anak ketiganya yang berusia 9 minggu 2 hari. Padahal Artika telah menanti kehadiran anak ketiganya ini dalam waktu lama. Untuk diketahui, Artika sudah dikaruniai dua anak perempuan yakni Sarah Abiela Ibrahim berumur 10 tahun dan Dayana Zoelie Ibrahim berumur 5 tahun. 

“Your heart stopped but my love for u did not. Until we meet again anakku sayang." tulis Artika.

6. Sabai Morscheck

6. Sabai Morscheck
Instagram/sabaidieter

Sebelum melahirkan anak kedua, Sabai Morscheck pernah mengalami keguguran. Kabar duka itu disampaikan Sabai dan sang Suami, Ringgo Agus Rahman ketika mengumumkan kehamilan anak kedua pada April 2020 lalu. 

"Bahkan dari ketika kakak kamu Bjorka sudah umur 2 tahun. Baba sudah berharap sekali. Namun, kamu baru hadir ketika kakak kamu berusia 4 tahun," ucap Ringgo. 

"Sebenarnya setelah kakak kamu Bjorka, Mama sempat hamil lagi. Hanya saja, Mama keguguran. Setelah itu, memang sudah berharap sekali kamu muncul," sambung Sabai.

Kala itu, Sabai kehilangan calon anak kedua yang masih berusia 5 minggu. Namun, Sabai dan Ringgo berusaha ikhlas dan tegar melepas kepergian calon anak keduanya tersebut. 

7. Nagita Slavina

7. Nagita Slavina
Instagram.com/raffinagita1717

Pada Maret 2020, kabar duka datang dari pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pasalnya, mereka baru kehilangan calon anak kedua yang baru berusia 1 bulan. 

Melalui akun Youtube, Nagita mengatakan bahwa dia mengalami keguguran di toilet mal. Awalnya, Gigi ingin bertemu dokter karena mengalami flek. Sebelum bertemu dokter kandungan, Gigi sempat meeting di 2 tempat, salah satunya mal. 

Menurut dokter, keguguran yang dialami Gigi disebabkan kelelahan. Kala itu, Gigi dan Raffi memang baru kembali dari luar negeri. Setibanya di Jakarta, Gigi pun langsung minta dipijat. 

“Aku lupa banget mau ingetin untuk jangan dipijit, tapi ya belum rejeki, jadi Gigi dipijit, namanya juga belum tahu hamil," begitu tutur Papa dari Rafathar.

8. Paula Verhouven

8. Paula Verhouven
Instagram.com/baimwongofficial

Sebelum melahirkan anak pertama, Kiano Tiger Wong, Paula Verhouven diketahui pernah mengalami keguguran pada tahun 2019. Paula memang sempat menutupi kabar duka tersebut dalam beberapa hari. 

Sang Suami, Baim Wong mengatakan keguguran Paula disebabkan intensitas naik pesawat yang cukup sering saat honeymoon. Pasalnya, Baim tak mengetahui bahwa istrinya tengah hamil saat honeymoon. Setelah peristiwa keguguran itu, Paula seringkali terdiam dan menangis karena mengalami keguguran. 

"Karena kita di posisi, kita sedih tapi harus tegar, begitu dibilang nggak ada (Paula) langsung nangis. Nggak tega lah saya, karena bagi perempuan itu istilahnya bayinya kan meninggal. Jadi yang dirasain seorang ibu, dan itu berlangsung berminggu-minggu," ujar Baim Wong pada awak media.

9. Arumi Bachsin

9. Arumi Bachsin
Instagram.com/arumi_arumi_94

Arumi Bachsin mengalami keguguran saat hamil anak ketiga pada Februari 2019. Akibat keguguran itu, Arumi pun harus dikuret untuk mengeluarkan bayi dalam kandungan. 

Sang Suami, Emil Dardak mengatakan keguguran disebabkan perkembangan embrio yang tidak bekerja secara maksimal. Keduanya pun tetap tegar menerima kenyataan untuk kehilangan jabang bayi. 

“Ya itu tadi, ini ada kondisi bahwa perkembangan embrionya mungkin tidak sesuai dengan harapan sehingga tubuh memiliki mekanismenya sendiri biasanya di trimester pertama. Tapi yang namanya mekanisme alami tidak 100 persen ideal sehingga dibantu dengan tindakan medis," ungkap Emil.

10. Irish Bella

10. Irish Bella
instagram.com/_irishbella_

Sama seperti Paula Verhouven, Irish Bella juga sempat mengalami keguguran sebelum melahirkan anak pertama yang diberi nama Air Rumi Akbar 1453. Irish harus kehilangan dua bayi kembarnya pada 6 Oktober 2019 karena mereka meninggal dalam kandungan. 

“Hari ini anak pertama kami, putri pertama saya dengan Irish harus diambil lagi sama Allah. Karena itu semua titipan, dan Allah sekarang sudah minta titipan itu," ucap Ammar, usai mengantarkan si Kembar ke tempat peristirahatan terakhir, di TPU Kalimulya 1, Depok, Jawa Barat.

Penyebab kematian anak kembar Irish dan Ammar adalah adanya plasenta yang lepas atau disebut solusio plasenta. Plasenta bayi lepas disebabkan Irish kala itu mengalami preeklampsia. 

Tak hanya itu, dua bayi kembar Irish juga mengalami twin to twin transfusion syndrome (TTTS) yang meyebabkan salah satu bayi mendapat banyak aliran darah, sedangkan bayi lainnya mengalami kekurangan darah. 

11. Titi Kamal

11. Titi Kamal
Instagram.com/titi_kamall

Terakhir, artis Titi Kamal juga mengalami keguguran pada Juli 2019 lalu. Istri dari Christian Sugiono itu harus kehilangan anak ketiga ketika menjalani proses syuting sebuah film. 

Titi kehilangan bayi ketika usia kandungannya masih delapan minggu. Penyebab keguguran adalah janin dalam kandungan yang tidak berkembang. Meskipun begitu, Titi menegaskan keguguran yang dia alami bukan disebabkan proses syuting. 

Itulah 11 artis yang pernah mengalami keguguran. Semoga mereka diberikan ketabahan dan selalu bahagia ya, Ma!

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.