Bisa Tingkatkan Produksi ASI, Ini 5 Manfaat Wortel untuk Ibu Menyusui

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, wortel juga bisa melancarkan produksi ASI

30 November 2020

Bisa Tingkatkan Produksi ASI, Ini 5 Manfaat Wortel Ibu Menyusui
Unsplash/Jonathan Pielmayer

Saat menyusui, Mama akan memerhatikan segala makanan yang dikonsumsi karena berkaitan dengan asupan nutrisi bagi si Kecil. Mama harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seimbang seperti daging untuk memenuhi asupan protein, sayuran untuk serat dan mineral, serta buah-buahan untuk asupan vitamin. 

Namun, tahukah Mama bahwa wortel juga bermanfaat untuk ibu menyusui? Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, wortel juga bisa melancarkan produksi ASI. Dalam 100 gram wortel, terkandung 41 kkal kalori, 0,9 gram protein, 9,6 gram karbohidrat, 4,7 gram gula, 2,8 gram serat, dan 0,2 gram lemak. 

Lalu, apa manfaat wortel bagi ibu menyusui? Berikut lima manfaat wortel untuk ibu menyusui yang dirangkum Popmama.com.

1. Melancarkan produksi ASI

1. Melancarkan produksi ASI
Freepik

Seperti dijelaskan sebelumnya, wortel bisa meningkatkan produksi ASI mama. Wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang bisa meningkatkan energi mama untuk memproduksi ASI. Tentu saja produksi ASI yang baik akan berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil. 

Wortel bahkan disebut sebagai makanan galactagogue. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut makanan yang dinilai baik untuk melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. Jadi, selain daun katuk atau sayuran hijau lainnya, Mama juga bisa mengonsumsi wortel selama masa menyusui. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Unsplash/Harshal S. Hirve

Tak hanya meningkatkan produksi ASI, wortel yang mengandung beta karoten bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama menyusui. Beta karoten yang masuk ke dalam tubuh akan diserap dan diubah menjadi vitamin A. Kemudian, vitamin A akan melindungi tubuh mama dari serangan berbagai macam penyakit. 

Oleh karena itu, wortel baik untuk dikonsumsi Mama selama masa menyusui agar Mama tidak cepat sakit. Wortel dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan wortel ketika Mama ingin mengonsumsinya secara langsung. 

3. Menurunkan kadar kolesterol

3. Menurunkan kadar kolesterol
Pixabay/Wounds_and_Cracks

Saat menyusui, Mama mengalami perubahan hormon yang bisa membuat nafsu makan meningkat. Mama akan mengonsumsi banyak makanan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan jantung. 

Perlu diketahui bahwa wortel bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol tinggi yang tidak segera mendapat pertolongan kesehatan bisa menyebabkan penyakit jantung. Tentu saja, Mama yang mengalami penyakit jantung akan memengaruhi tumbuh kembang si Kecil. 

4. Membantu perkembangan penglihatan bayi

4. Membantu perkembangan penglihatan bayi
Freepik

Manfaat wortel yang satu ini pasti sudah diketahui oleh semua orang. Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, wortel juga bermanfaat bagi ibu menyusui karena bisa membantu perkembangan penglihatan si Kecil. 

Wortel juga bermanfaat untuk kesehatan mata mama khususnya Mama yang selalu beraktivitas menggunakan laptop dan handphone selama masa menyusui. Wortel dapat disajikan sebagai bahan pelengkap makanan seperti sop atau dikukus untuk dijadikan cemilan. 

5. Menjaga kesehatan kulit

5. Menjaga kesehatan kulit
Freepik

Wortel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit mama dan si Kecil. Selama masa menyusui, Mama mungkin merasa kulit mulai kusam. Oleh karena itu, wortel bisa menjaga kelembapan kulit mama sekaligus menjaga kesehatan kulit bayi yang baru lahir. 

Namun, Mama perlu hati-hati juga karena mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak bisa menimbulkan karotenemia atau kulit menjadi kekuningan. Kondisi ini disebabkan kandungan beta karoten dalam wortel. 

Itulah manfaat wortel untuk ibu menyusui. Walaupun wortel memiliki banyak manfaat untuk ibu menyusui, namun jangan mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Makanan apapun yang dikonsumsi dalam jumlah berebihan bisa berisiko bagi kesehatan.

Wortel juga bisa menyebabkan alergi pada beberapa bayi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk rutin konsultasi ke dokter ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.