Tetap Percaya Diri, 5 Cara Jitu Mencegah Payudara Kendur saat Menyusui

Payudara kendur bisa menurunkan rasa percaya diri seorang perempuan

4 Agustus 2021

Tetap Percaya Diri, 5 Cara Jitu Mencegah Payudara Kendur saat Menyusui
Pexels.com

Menyusui bayi bukan hanya perkara memberikan ASI kepada si Kecil. Menyusui juga berpengaruh pada perubahan bentuk payudara. Sebagian besar ibu menyusui mengalami perubahan pada payudara selama masa menyusui, di antaranya payudara menjadi kendur. 

Meski tidak semua perempuan mengalami payudara kendur, ketakutan terhadap hal itu masih sering dirasakan ibu menyusui. Perubahan hormon dalam tubuh pasca melahirkan juga memengaruhi kesehatan payudara selama menyusui. 

Hal lainnya yang perlu diperhatikan juga adalah payudara kendur bisa menurunkan rasa percaya diri, terutama ketika berhubungan seksual dengan suami. Agar hal tersebut tidak terjadi, Mama bisa melakukan beberapa cara mencegah payudara kendur saat menyusui yang dirangkum Popmama.com seperti di bawah ini. 

1. Menggunakan bra khusus untuk menyusui

1. Menggunakan bra khusus menyusui
Pexels

Bra memiliki peranan penting untuk mengembalikan kekencangan payudara selama menyusui. Memilih bra yang tepat bisa menjaga payudara tetap sehat, indah, dan kencang. Oleh karena itu, Mama perlu menggunakan bra khusus ibu menyusui yang berkualitas bagus dan nyaman digunakan. 

Bra khusus ibu menyusui umumnya bisa menopang ligamen dan mencegah payudara kendur. Bra khusus juga nyaman digunakan untuk menyusui si Kecil. Meski boleh digunakan seharian, Mama harus melepaskan bra khusus ibu menyusui saat tidur ya. 

Editors' Picks

2. Rutin pijat payudara

2. Rutin pijat payudara
Pexels

Cara lainnya untuk mencegah payudara kendur adalah rutin memijat payudara dengan air hangat, kemudian dengan air dingin. Air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, sementara air dingin bisa membantu mengencangkan payudara. 

Mama bisa melakukannya saat mandi atau di sela waktu menyusui. Selain itu, Mama dapat melakukannya dengan handuk basah yang telah dicelupkan ke air hangat, kemudikan gunakan es batu untuk memijat payudara.

Lakukan pijat payudara searah jarum jam sekitar 15 menit sehari. Mama juga dapat menambahkan olive oil pada air hangat agar sirkulasi darah semakin lancar. 

3. Menjaga postur tubuh saat menyusui

3. Menjaga postur tubuh saat menyusui
Pexels

Posisi menyusui juga memengaruhi kekencangan payudara. Terbiasa menyusui dengan membungkuk justru membuat payudara kendur. Sebagian Mama mungkin melakukannya tanpa sadar. 

Jika Mama merasa pegal menopang tubuh si Kecil saat menyusui, sebaiknya gunakan bantal khusus menyusui. Bantal tersebut memang dirancang khusus untuk memberikan rasa nyaman dan mengatur posisi tubuh yang tepat saat menyusui. Jadi, tubuh mama bisa tetap tegap ketika menyusui. 

Memastikan tubuh tetap tegas ketika menyusui memang tidak mudah. Namun, Mama tetap harus mengatur posisi si Kecil, menggendongnya ke atas dan mendekati payudara, sehingga payudara mama tetap kencang. 

4. Olahraga rutin

4. Olahraga rutin
Pexels

Cara selanjutnya adalah rutin berolahraga. Salah satu gerakan olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan payudara adalah push up. Gerakan push up bisa membentuk otot di bagian payudara sehingga membuat ukuran payudara lebih kencang dan membesar. 

Selain itu, gerakan push up bisa mendorong jaringan payudara lebih maju. Payudara mama pun akan terlihat penuh ke depan. 

Jika Mama belum terbiasa berolahraga, Mama dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging, berenang, atau yoga. Terpenting adalah konsisten berolahraga agar payudara tetap kencang. 

5. Mengonsumsi makanan tinggi protein

5. Mengonsumsi makanan tinggi protein
Pexels/alleksana

Mama juga bisa mencegah payudara kendur dengan mengonsumsi makanan mengandung tinggi protein. Protein bisa membentuk otot dan memberikan nutrisi pada kulit agar tetap kenyal. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi adalah pepaya. 

Selain mengandung protein, pepaya juga memiliki enzim yang baik untuk merawat dan mengencangkan payudara. Pepaya juga bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI selama masa menyusui. 

Mama bisa menyantap pepaya mentah atau membuatnya menjadi jus. Agar khasiatnya lebih terasa, Mama bisa mengonsumsi pepaya atau jus pepaya secara rutin sebanyak dua kali sehari. 

Nah itulah cara mencegah payudara kendur saat menyusui. Payudara kendur memang kondisi normal karena menyusui si Kecil. Namun, bukan berarti Mama harus pasrah menghadapi perubahan tubuh tersebut. Mama bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengembalikan kekencangan payudara. Selamat mencoba di rumah ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.