5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Leher Hitam Pasca Melahirkan

Hiperpigmentasi adalah penghitaman kulit di bagian-bagian tertentu

7 April 2021

5 Cara Mudah Ampuh Mengatasi Leher Hitam Pasca Melahirkan
Freepik/drobotdean

Sebagian besar ibu hamil akan mengalami masalah kulit karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Masalah kulit tersebut bisa terus muncul hingga proses persalinan. Salah satu masalah kulit yang sering dialami selama kehamilan atau pasca melahirkan adalah hiperpigmentasi. 

Hiperpigmentasi adalah menghitamnya kulit di bagian-bagian tertentu misalnya leher, ketiak, dan selangkangan. Hiperpigmentasi bisa menjadi tanda awal kehamilan dan bisa menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan. 

Namun ada kalanya hiperpigmentasi sulit dihilangkan dan tidak dapat kembali seperti warna kulit sebelumnya. Tentu saja kondisi tersebut mengganggu penampilan mama, terutama jika hiperpigmentasi muncul pada area leher. 

Untuk membantu Mama, Popmama.com telah merangkum lima cara menghilangkan leher hitam setelah melahirkan, di bawah ini. 

1. Mengoleskan cuka apel

1. Mengoleskan cuka apel
Pixabay/rawpixel

Cuka apel adalah bahan alami yang mampu menyeimbangkan kadar pH kulit sehingga kulit bisa tampak lebih cerah dan bercahaya. Mama bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan area hitam pada kulit leher. 

Cuka apel mengandung asam malat yang bisa mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan leher hitam. Cara penggunaan cuka apel adalah ambil dua sendok makan cuka sari apel, lalu campur dengan empat sendok makan air. Kemudian oleskan larutan cuka apel dan air tersebut ke bagian leher yang hitam menggunakan kapas. 

Sebelum dibilas dengan air, biarkan cuka apel meresap ke kulit terlebih dahulu selama 10 menit. Mama bisa mengulangi cara di atas satu kali dalam dua hari. 

Editors' Picks

2. Menggunakan kentang

2. Menggunakan kentang
Freepik

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan leher hitam adalah kentang. Perlu Mama ketahui bahwa kentang dipercaya sebagai pemutih alami yang bisa mencerahkan kulit. Kentang juga dapat membantu menghilangkan bercak hitam akibat hiperpigmentasi selama kehamilan. 

Cara penggunaannya adalah parut kentang menjadi potongan kecill-kecil. Lalu peras parutan kentang dan oleskan ke bagian hitam pada leher. Diamkan hingga mengering, lalu bilas menggunakan air hangat. 

Penggunaan kentang tidak akan menimbulkan efek samping sehingga Mama bisa melakukannya sesuai kebutuhan. 

3. Mengoleskan lidah buaya

3. Mengoleskan lidah buaya
Freepik

Lidah buaya selama ini memang dikenal sebagai tumbuhan yang mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit. Lidah buaya mengandung senyawa aloesin yang bisa mengurangi hiperpigmentasi. 

Mama bisa menggunakan 1 sendok makan gel lidah buaya untuk dioleskan pada area hitam di leher. Oleskan dengan lembut menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih. Diamkan beberapa saat hingga gel lidah buaya meresap ke kulit, lalu bilas menggunakan air hangat. 

Apabila Mama sulit untuk menemukan lidah buaya, maka Mama dapat menggunakan produk ekstrak lidah buaya yang sudah banyak dijual di toko-toko online maupun offline. 

4. Menggunakan krim malam

4. Menggunakan krim malam
Freepik/Ikvyatkovskay

Ketika mama ingin menghilangkan bercak hitam dengan cepat dan aman, maka Mama bisa konsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan krim malam. Krim malam yang mengandung asam retinoat dapat digunakan untuk menghilangkan bercak hitam pada leher. 

Meski begitu, Mama dianjurkan tidak menggunakan krim malam tanpa konsultasi ke dokter. Sebab, kandungan dalam krim malam dikhawatirkan bisa membahayakan Mama dan bayi yang menyusu ASI. 

5. Mikrodermabrasi

5. Mikrodermabrasi
Freepik/Benzoix

Cara lainnya untuk memudarkan bahkan menghilangkan bekas kehitaman di leher adalah chemical peeling dan mikrodermabrasi. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit yang telah mengetahui riwayat kesehatan mama. 

Mikrodermabrasi adalah teknik mempercepat proses regenerasi kulit sehingga sel-sel kulit mati akan terangkat dan tergantikan oleh sel-sel kulit baru. 

Itulah lima cara untuk menghilangkan leher hitam setelah melahirkan yang mengganggu penampilan. Untuk memastikan kondisi kulit dan langkah penanganan yang tepat, Mama bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.