Dukung Istri Menyusui, Ini Deretan Selebriti yang Menjadi Ayah ASI

Papa bisa menjadi Ayah ASI yang artinya selalu mendukung Mama agar lancar menyusui

5 Agustus 2021

Dukung Istri Menyusui, Ini Deretan Selebriti Menjadi Ayah ASI
Freepik

Proses menyusui bukan perkara mudah bagi Mama. Sebab, ada faktor eksternal dan internal yang memengaruhi proses menyusui dan produksi ASI. Faktor internal artinya kesehatan mama dan nutrisi yang masuk dalam tubuh mama. Semakin bernutrisi makanan yang dikonsumsi, maka semakin besar peluangnya untuk memproduksi ASI lebih banyak. 

Sementara itu, faktor eksternal adalah dukungan dari orang-orang sekitar dan cara Mama mengelola stres. Pasalnya, Mama yang baru melahirkan umumnya rentan stres ketika harus mengurus si Kecil. Apabila tidak segera diatasi, maka stres bisa menurunkan produksi ASI.

Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari Papa untuk menjaga kestabilan emosi mama selama masa menyusui. Papa bisa menjadi Ayah ASI yang artinya selalu mendukung Mama agar lancar menyusui. 

Bentuk dukungan bisa dilakukan dengan menemani Mama ketika menyusui si Kecil, meningkatkan ikatan emosional sehingga kondisi emosional mama tetap terjaga.

Beberapa selebriti Tanah Air ternyata juga berkomitmen untuk menjadi Ayah ASI ketika istri mereka melahirkan dan harus menyusui. Siapa saja mereka?

Berikut Popmama.com rangkum lima selebriti yang menjadi Ayah ASI untuk mendukung istri menyusui. 

1. Ringgo Agus Rahman

1. Ringgo Agus Rahman
Instagram.com/ringgoagus

Selebriti yang pertama adalah Ringgo Agus Rahman. Suami dari Sabai Morscheck ini secara terang-terangan mengaku berperan sebagai Ayah ASI selama istrinya menyusui anak pertama, Bjorka Dieter Morscheck. 

Meski memiliki segudang aktivitas di dunia akting, Ringgo tetap memprioritaskan perannya sebagai Ayah ASI. Dia rela bertanggung jawab penuh untuk mendukung istrinya memberikan ASI eksklusif kepada anak pertamanya.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan Ringgo adalah bergantian menjaga anaknya dan mengecek secara berkala kesehatan anak pertamanya. 

Editors' Picks

2. Jevin Julian

2. Jevin Julian
Instagram.com/jevinjulian

Suami dari Rinni Wulandari ini selalu mendukung istrinya saat menyusui anak semata wayang mereka, Nord Kiano Julian. Jevin sadar jika menyusui terkadang memiliki hambatan seperti produksi ASI menurun atau Mama mengalami stres. 

Saat Rinni merasa stres, Jevin siap memanjakan sang Istri sehingga suasana hatinya bisa kembali normal. Kemudian, apabila produksi ASI mulai menurun, Jevin mendukung Rinni untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi untuk meningkatkan ASI-nya lagi. 

3. Adi Nugroho

3. Adi Nugroho
Instagram.com/donitabhubiy

Sukses berkarir sebagai pembawa acara tak menjadikan Adi Nugroho melupakan perannya sebagai suami dan Papa dari dua anaknya. Di tengah jadwal padatnya, Adi masih siap membantu sang Istri, Donita, untuk merawat kedua anaknya sekaligus mendukung pemberian ASI selama dua tahun. 

Salah satu bentuk dukungan Adi kepada Donita adalah memberikan segelas air hangat setiap kali Donita selesai menyusui. Selain itu, Adi juga rela memijat punggung Donita setelah menyusui sehingga sang Istri tidak mudah lelah dan produksi ASI-nya tetap lancar. 

Saat si Kecil terjaga di malam hari, Adi rela menemani sang Istri menyusui anaknya. Terkadang, Adi juga membantu menenangkan si Kecil yang menangis sehingga Donita bisa beristirahat sejenak. 

4. Sogi Indra Dhuaja

4. Sogi Indra Dhuaja
Instagram.com/Sogi Indra Duhaja

Pria yang berkarir di dunia komedi ini juga memprioritaskan kebahagiaan keluarganya. Sogi sudah lama bergabung di komunitas Ayah ASI untuk memperkuat perannya sebagai Ayah ASI di tengah keluarga. 

Dari komunitas itu, Sogi belajar cara mendukung istrinya untuk memperlancar produksi ASI sekaligus memberikan ASI eksklusif kepada anaknya. Sogi juga tak sungkan membagikan pengalamannya sebagai Ayah ASI di media sosial atau melalui komunitas. 

5. Rizky Kinos

5. Rizky Kinos
Instagram.com/missnyctagina

Suami dari Nycta Gina ini juga setia menemani istrinya ketika menyusui anak pertama mereka, Panutan Adhya Semesta Trinycta. Kinos, sapaan akrabnya, rela membagi peran sebagai presenter dan Ayah ASI. Dia siap menemani Nycta Gina saat menyusui di rumah sekaligus membantu merawat si Kecil. 

Meski harus pintar membagi jadwal bekerja dan perannya sebagai Ayah ASI, Kinos kala itu mengakui menikmati hidupnya yang bisa mendukung penuh istrinya untuk memberikan ASI eksklusif. Kini keduanya sudah dikaruniai dua anak dan kebahagiaan selalu menyelimuti mereka. 

Itulah rangkuman singkat mengenai deretan selebriti yang menjadi Ayah ASI untuk mendukung istri menyusui. Terkadang, Mama merasa tidak percaya diri bisa memberikan ASI eksklusif kepada si Kecil. Namun, berkat dukungan Papa dan orang-orang sekitar, Mama tentu bisa memberikan ASI eksklusif kepada bayi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.