Ibu Menyusui Makan Durian, Ketahui Efeknya untuk Bayi

Apakah bayi merasakan efek tertentu ketika ibu menyusui makan durian?

8 Januari 2021

Ibu Menyusui Makan Durian, Ketahui Efek Bayi
Freepik/mrsiraphol

Ketika menyusui, Mama dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi tinggi untuk memenuhi asupan nutrisi diri sendiri dan bayi. Makanan bergizi juga bisa menunjang produksi ASI yang berpengaruh pada tumbuh kembang bayi. 

Ada banyak makanan bergizi di sekitar mama, seperti sayuran hijau, ubi, dan kacang-kacangan, serta buah-buahan. Siapa sangka durian adalah salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan mama saat menyusui. Durian memang memiliki wangi dan rasa yang khas, sehingga tak heran jika hampir semua orang menyukainya. 

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apakah bayi merasakan efek tertentu ketika ibu menyusui makan durian? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama.

Manfaat Durian untuk Kesehatan

Manfaat Durian Kesehatan
Freepik/Mrsiraphol

Sebelum membahas mengenai efek durian terhadap bayi, Mama sebaiknya mengenal terlebih dahulu manfaat durian untuk kesehatan. Durian mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, serta protein. Tentu saja, seluruh nutrisi tersebut dibutuhkan Mama dan si Kecil.

Durian bahkan mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga Mama tidak mudah terserang penyakit ketika menyusui. Dalam 100 gram durian, terdapat kandungan 150 kalori, 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, 44 IU vitamin A, 20 mg vitamin C, 30 mg magnesium, dan mineral. 

Kandungan serat mampu menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan peredaran darah. Sementara itu, kandungan karbohidratnya membuat durian bisa dijadikan salah satu sumber makanan untuk menambah energi selama masa menyusui. 

Editors' Picks

Rasa ASI Berubah

Rasa ASI Berubah
Unsplash/Jim Teo

Mengonsumsi durian memang aman untuk kesehatan mama dan si Kecil. Namun, makanan yang dikonsumsi secara berlebihan tentu bisa menimbulkan risiko. Sama halnya ketika Mama makan durian dalam jumlah banyak, maka bayi bisa merasakan perubahan rasa dan bau ASI. 

Walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan si Kecil, tentu saja bayi tetap harus beradaptasi pada perubahan ASI. Oleh karena itu, bayi bisa rewel ketika tidak menyukai rasa ASI yang berubah. 

Bayi Bisa Terkena Diare

Bayi Bisa Terkena Diare
Freepik/A3pfamily

Dilansir dari WebMD, ibu menyusui yang makan durian secara berlebihan juga dapat mengalami diare dan muntah. Tentu saja kondisi tersebut berdampak pada kesehatan si Kecil. Bayi pun bisa mengalami diare ketika Mama juga mengalaminya. 

Tak hanya itu, diare juga menyebabkan kondisi kesehatan menurun yang berpengaruh pada produksi ASI. Akibatnya, bayi bisa kekurangan nutrisi dan mudah terserang penyakit. 

Reaksi Alergi Bayi

Reaksi Alergi Bayi
Freepik/Len44ik

Durian juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Hentikan konsumsi durian apabila muncul reaksi alergi pada bayi seperti si Kecil sering buang air atau muncul ruam pada kulit.

Apabila Mama tidak mengetahui batasan normal untuk konsumsi durian selama menyusui, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Bagi Mama yang memiliki riwayat diabetes, durian juga dikhawatirkan bisa meningkatkan kadar gula darah dan memengaruhi produksi ASI. 

Tips Makan Durian bagi Ibu Menyusui

Tips Makan Durian bagi Ibu Menyusui
Freepik/mrsiraphol

Untuk mengontrol batasan mengonsumsi durian selama menyusui, Mama sebaiknya mengambil sedikit saja daging durian. Apabila masih ingin mengonsumsi, maka Mama bisa mengolah durian menjadi camilan sehat yang dicampur susu. Mama juga bisa mengolah durian menjadi es krim, kukis, maupun milkshake. 

Jangan lupa untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk makan durian bersama, sehingga Mama tidak akan menghabiskan satu buah durian seorang diri. 

Perlu Mama ketahui bahwa buah memang bermanfaat untuk kesehatan, terutama selama masa menyusui. Namun, buah-buahan yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan tentu saja dapat membahayakan kesehatan mama dan si Kecil. 

Itulah efek ibu menyusui makan durian bagi bayi. Semoga informasi ini bisa menjadi acuan bila Mama ingin mengonsumsi durian saat menyusui ya.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.