Ibu Menyusui Terkena Psoriasis, Bahayakah untuk Bayi?

Salah satu masalah kesehatan yang biasanya dialami ibu menyusui adalah psoriasis

5 Mei 2021

Ibu Menyusui Terkena Psoriasis, Bahayakah Bayi
Unsplash/Sean Roy

Menyusui memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, badan kesehatan dunia (WHO) menganjurkan Mama untuk menyusui eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga bayi berusia dua tahun. Namun, proses menyusui tidak selalu mudah. 

Ada kalanya Mama mengalami masalah kesehatan yang menyebabkan kekhawatiran bisa berdampak pada kesehatan bayi.

Salah satu masalah kesehatan yang biasanya dialami ibu menyusui adalah terkena psoriasis. Penyakit ini memang membuat Mama merasa tidak nyaman karena akan menyerang kulit. 

Lantas, apakah ibu menyusui yang terserang psoriasis masih boleh menyusui? Apakah psoriasis bisa berdampak pada kesehatan bayi? Berikut penjelasannya yang dirangkum Popmama.com.

Apa Itu Psoriasis?

Apa Itu Psoriasis
Unsplash/Kyli Nieber

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hubungan menyusui dan psoriasis, Mama sebaiknya memahami terlebih dahulu pengertian psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kelainan sistem kekebalan tubuh atau penyakit autoimun.

Psoriasis menyebabkan kulit mama menjadi meradang, kemerahan, dan bersisik. Selain itu, psoriasis juga bisa menyebabkan rasa gatal dan sensasi seperti terbakar. 

Penyakit ini biasanya menyerang bagian siku, lutut, tangan, atau leher. Namun, psoriasis juga bisa menyerang kulit payudara dan puting, sehingga kondisi tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu proses menyusui dan membahayakan kesehatan bayi. 

Editors' Picks

Bolehkah Ibu dengan Psoriasis Menyusui?

Bolehkah Ibu Psoriasis Menyusui
Unsplash/Dave Clubb

Dilansir dari La Leche League International, ibu menyusui dengan psoriasis masih boleh menyusui asalkan mama dan si Kecil tetap merasa nyaman. Proses menyusui tidak akan memperparah gejala psoriasis. 

Meski begitu, hentikan proses menyusui untuk sementara bila Mama mengalami nyeri puting akibat psoriasis. 

Apakah Psoriasis Berdampak pada Bayi?

Apakah Psoriasis Berdampak Bayi
Unsplash/Ciprian Sam

Dilansir dari Medical News Today, psoriasis tidak ditularkan melalui ASI sehingga bayi tidak akan terserang penyakit serupa. Psoriasis umumnya ditularkan kepada bayi karena faktor genetik. 

Selain itu, kolostrum dan kandungan nutrisi pada ASI akan melindungi bayi dari infeksi kuman atau bakteri serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. 

Mama sebaiknya perlu waspada dengan penggunaan obat-obatan untuk menyembuhkan psoriasis. Sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan obat-obatan untuk psoriasis. 

Tips Menyusui saat Terkena Psoriasis

Tips Menyusui saat Terkena Psoriasis
Freepik/teksomolika

Ada beberapa tips yang bisa Mama lakukan agar psoriasis tidak mengganggu proses menyusui, yakni:

  • Gunakan baju menyusui yang longgar sehingga kulit tidak mudah tergores saat menyusui. Saat kulit sekitar payudara tergores, maka dikhawatirkan bisa memperparah gejala psoriasis.
  • Gunakan bantalan bra yang dapat menyerap cairan atau keringat dengan baik.
  • Apabila psoriasis menyebabkan peradangan, maka Mama bisa mengompres payudara dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan.
  • Oleskan ASI ke puting payudara yang terkena psoriasis.

Psoriasis memang tidak membahayakan kesehatan bayi, namun terpenting adalah Mama dan si Kecil tetap merasa nyaman selama proses menyusui. Jangan paksakan diri untuk menyusui apabila psoriasis menyebabkan nyeri dan peradangan. 

Apabila psoriasis telah mengganggu aktivitas dan proses menyusui, jangan ragu untuk berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.