Jennifer Bachdim Alami Carpal Tunnel Syndrome saat Menyusui

Jennifer Bachdim tidak diperbolehkan menggendong anak ketiganya

7 Juni 2021

Jennifer Bachdim Alami Carpal Tunnel Syndrome saat Menyusui
Instagram.com/jenniferbachdim

Jennifer Bachdim melahirkan anak ketiganya pada 1 Maret 2021 lalu. Ketika si Kecil baru berusia 3 bulan, Jennifer harus mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. 

Pasalnya, istri dari pesepakbola Irfan Bachdim ini tidak diperbolehkan menggendong anak ketiganya karena dia mengalami Carpal Tunnel Syndrome. Jennifer menceritakan pengalamannya yang terserang Carpal Tunnel Syndrome itu melalui akun Instagram pribadinya pada Sabtu (5/6/2021). 

Seperti apa ceritanya? Di bawah ini Popmama.com telah merangkum cerita Jennifer Bachdim yang terserang Carpal Tunnel Syndrome. 

1. Tangan terasa sakit saat ditinggal Irfan Bachdim

1. Tangan terasa sakit saat ditinggal Irfan Bachdim
Instagram.com/jenniferbachdim

Jennifer bercerita kronologi awal rasa sakit yang dideritanya. Menurut Jennifer, dia mulai merasa pergelangan tangannya sakit ketika harus mengurus ketiga anaknya sendirian di rumah. 

Saat itu, Irfan Bachdim sedang bekerja bersama klub sepak bolanya di Bandung. 

“Waktu suami saya turnamen di Bandung. Saya sendiri dengan anak-anak saya. Irfan pulang kembali setelah 7 minggu. Sewaktu saya dan anak-anak sendiri I experienced rasa sakit di tangan,” kata Jennifer. 

Editors' Picks

2. Menganggap hanya sakit biasa

2. Menganggap ha sakit biasa
Instagram.com/jenniferbachdim

Awalnya, Jennifer menganggap rasa sakit di pergelangan tangannya sebagai sesuatu yang normal. Dia pun mengabaikan rasa sakit itu dan berpikir bahwa rasa sakitnya akan hilang dengan sendirinya. 

Namun, dia kerap merasa tangannya semakin sakit ketika mengurus anak ketiganya yang masih bayi. Dua bulan tak kunjung membaik, Jennifer pun memutuskan memeriksakan diri ke dokter. Saat itulah dia baru mengetahui bahwa dia menderita Carpal Tunnel Syndrome

“But I thought tidak apa-apa, nanti pasti sehat lagi. Tapi, setelah 2 bulan lebih tangan saya masih sakit. So hari ini saya ke RS dan dokter bilang saya punya Carpal Tunnel Syndrome,” ucap Jennifer. 

3. Dokter melarang Jennifer menggendong anak ketiganya

3. Dokter melarang Jennifer menggendong anak ketiganya
Instagram.com/jenniferbachdim

Dokter pun melarang Jennifer untuk mengangkat beban berat, termasuk menggendong anak ketiganya. Pasalnya, penderita Carpal Tunnel Syndrome akan merasakan sakit di pergelangan tangan saat harus mengangkat beban yang berat.

“Dokter bilang saya harus istirahat, tapi tidak mungkin. Saya tidak bisa gendong Kiyoji (nama anak ketiga Jennifer dan Irfan Bachdim) dan saya juga full ASI buat Kiyoji,” ucap Jennifer. 

4. Mengikuti saran dokter

4. Mengikuti saran dokter
Instagram.com/jenniferbachdim

Jennifer pun mengikuti saran dokter dengan berat hati. Dia ingin Carpal Tunnel Syndrome yang dideritanya bisa cepat sembuh. Jennifer pun berbagi tugas dengan sang Suami saat mengurus ketiga anak mereka, termasuk Kiyoji yang masih berusia 3 bulan. 

“But I have to take a rest kalau bisa, suami saya juga bisa bantu gendong Kiyoji lebih banyak terus,” ujar Jennifer. 

5. Memohon doa agar cepat sembuh

5. Memohon doa agar cepat sembuh
Instagram.com/jenniferbachdim

Perempuan yang rajin berolahraga itu kemudian memohon doa dari warganet untuk kesembuhannya. Jennifer mengaku harus berhati-hati saat menggerakkan pergelangan tangannya agar penyakit yang dideritanya tidak bertambah parah. 

“Sekarang saya pakai splint, so saya tidak bisa move-move tangan saya. Mudah-mudahan cepat sembuh ya guys. Don’t worry,” ucap Jennifer. 

Carpal Tunnel Syndrome memang diketahui sering dialami oleh Mama yang baru melahirkan. Hal tersebut terjadi lantaran ibu menyusui sering melakukan gerakan berulang pada pergelangan tangan serta menekuk pergelangan tangan terlalu lama dan terlalu sering pada posisi menyusui tertentu.

Pastikan Mama berkonsultasi ke dokter bila merasakan tangan kram, kesemutan, atau sering merasa nyeri yang tidak bisa diatasi.

Itulah informasi terkait Jennifer Bachdim mengalami Carpal Tunnel Syndrome saat menyusui. Semoga Jennifer cepat sembuh ya, Ma sehingga bisa menggendong baby Kiyoji lagi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.