7 Tipe Suami saat Menemani Mama di Ruang Persalinan

Proses persalinan adalah salah satu momen paling menegangkan

13 Juni 2021

7 Tipe Suami saat Menemani Mama Ruang Persalinan
Pixabay

Proses persalinan adalah salah satu momen paling menegangkan bagi Mama dan Papa. Mama harus berjuang melahirkan bayi dan menahan rasa sakit. Sementara Papa harus menemani dan menyaksikan perjuangan mama. 

Dilansir dari Instagram dr. NB Donny AM, Sp.OG, seorang spesialis kebidanan dan kandungan di Brawijaya Hospital Saharjo, RSU Hermina Kemayoran, dan RSUD Kemayoran, setidaknya ada tujuh tipe suami yang menggambarkan perilakunya saat mendampingi istri di ruang persalinan. 

Berikut rangkuman dari Popmama.com tentang tipe suami saat menemani istri melahirkan di ruang persalinan. 

1. Tipe dokumenter

1. Tipe dokumenter
Freepik/lookstudio

Tipe Papa yang pertama adalah dokumenter. Artinya, Papa akan mendokumentasikan proses persalinan dan perjuangan mama saat melahirkan buah hati. Bagi Papa yang ingin mendokumentasikan proses persalinan, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu mengenai prosedurnya. 

Selain itu, Papa bisa meminta bantuan orang lain untuk mendokumentasikan perjuangan mama melahirkan si Kecil. Sedangkan Papa bisa fokus menemani Mama melahirkan. 

2. Tipe suami Sisca Kohl

2. Tipe suami Sisca Kohl
Freepik/senivpetro

Tipe Papa selanjutnya adalah Sisca Kohl yang artinya Papa masih sibuk dengan urusan pekerjaan meski harus menemani Mama di ruang persalinan. Papa biasanya akan sibuk menerima telepon dari rekan kerja sesaat sebelum Mama melahirkan.

Tapi perlu diingat, terpenting adalah Papa tetap menemani Mama agar proses persalinan berjalan lancar dan Mama tidak panik saat menghadapi persalinan. 

Editors' Picks

3. Tipe pasrah sayang istri

3. Tipe pasrah sayang istri
Freepik

Tipe pasrah sayang istri adalah gambaran sebagian besar suami saat menemani Mama melahirkan. Pasalnya, mereka rela dijambak hingga dicakar oleh Mama yang sedang menahan rasa sakit akibat kontraksi. Selama menerima cakaran dari Mama, Papa sebaiknya tetap tenang dan tidak panik.

Sebab, saat Papa panik, Mama akan ikut panik. Papa bisa mengalihkan perhatian Mama dengan mengajaknya berbincang agar tidak merasakan sakit lagi. Ketika menghadapi persalinan, Papa bisa membisikkan kata-kata semangat di telinga mama agar proses persalinan berjalan lancar. 

4. Tipe penakut tapi kepo

4. Tipe penakut tapi kepo
Freepik

Tipe Papa satu ini adalah menemani istri melahirkan, namun tidak ingin berada di samping istri. Papa biasanya akan memantau perjuangan mama melahirkan dari kejauhan karena tidak tega melihat rasa sakit yang ditanggung oleh Mama. 

Meski tidak berada di samping istri, Papa masih bisa memberikan semangat dengan setia menemani Mama di ruang persalinan. 

5. Tipe dikit-dikit baper

5. Tipe dikit-dikit baper
Freepik/Jcomp

Tipe satu ini biasanya dilakukan oleh Papa yang baru mendampingi istri melahirkan untuk pertama kali. Sebab, Papa merasa tidak tega melihat Mama menahan rasa sakit akibat kontraksi ataupun saat mengejan. 

Papa biasanya akan meminta bantuan dokter untuk mengurangi rasa sakit atau mempercepat proses persalinan. Namun, Papa tak perlu khawatir karena dokter biasanya tahu metode persalinan yang tepat untuk Mama sehingga tidak merasakan sakit yang berlebihan. 

6. Tipe religius

6. Tipe religius
Freepik/Jcomp

Bagi Papa yang takut untuk mendampingi Mama saat melahirkan, Papa biasanya akan memilih berdoa di ruang bersalin. Papa akan membaca doa-doa demi kelancaran proses persalinan. 

Papa berharap doa-doa tersebut bisa menjadi suntikan semangat bagi Mama yang sedang menghadapi proses persalinan. Papa juga bisa membantu memijat punggung mama sambil membacakan doa agar Mama tetap semangat menghadapi persalinan. 

7. Tipe tidak datang saat proses persalinan

7. Tipe tidak datang saat proses persalinan
Freepik/phduet

Mendampingi Mama saat proses persalinan memang bukan suatu kewajiban, terutama bagi Papa yang harus bekerja. Papa tetap bisa bekerja tanpa harus mendampingi Mama melahirkan. Sebab, dokter dan perawat akan mendampingi proses persalinan yang dihadapi Mama hingga si Kecil dilahirkan. 

Nah, itulah beberapa tipe suami saat menemani istri di ruang persalinan. Jadi, apakah Papa tipe yang mendampingi di ruang persalinan atau tidak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.