Melahirkan Caesar Bikin Vagina Tetap Rapat? Ini Kata dr. Boyke

Operasi caesar tak mencegah vagina kendur

25 Juli 2021

Melahirkan Caesar Bikin Vagina Tetap Rapat Ini Kata dr. Boyke
Pexels/Cliff Booth

Selain karena alasan kesehatan, banyak perempuan melakukan persalinan secara caesar karena alasan yang sangat personal. Kebanyakan beranggapan bahwa melahirkan normal akan mengubah elastisitas vagina selamanya sehingga kendur dan tak lagi menjepit saat berhubungan intim.

Namun Mama perlu tahu bahwa anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Baik persalinan normal maupun caesar sama-sama memiliki risiko. Lalu benarkah melahirkan caesar bikin vagina tetap rapat? Yuk simak penjelasan Popmama.com berikut ini! 

Anggapan yang Salah

Anggapan Salah
Pexels/cottonbro

Sebagaimana diungkapkan oleh dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS, organ intim perempuan memiliki kedalaman kurang lebih 8,5 cm dan memiliki sifat sangat elastis. Karenanya, saat melakukan hubungan seks, vagina bisa meregang menyesuaikan bentuk organ intim pasangan.

Sifatnya yang elastis ini bahkan memungkinkan kepala hingga tubuh bayi melewatinya saat proses persalinan. Namun proses melahirkan memang memberikan dampak yang signifikan pada kondisi vagina.

Namun tenang Ma, hal itu hanya bersifat sementara. Setelah 40 hari pasca persalinan, otot-otot vagina bisa kembali pulih, hampir seperti sediakala. Walaupun ada perbedaan, namun biasanya hal itu tidak terlalu signifikan dengan bentuk sebelum melahirkan.

Editors' Picks

Bagaimana dengan Persalinan Caesar?

Bagaimana Persalinan Caesar
Pexels/Jonathan Borba

Perempuan yang melahirkan secara caesar memang tidak mengalami peregangan vagina akibat melahirkan. Meski demikian, ada pertimbangan lain yang harus Mama pikirkan saat memilih cara ini. Salah satunya adalah terkait proses pemulihan.

Menurut dr. Boyke, persalinan caesar akan memaksa Mama untuk menjaga tubuh secara lebih intens agar proses penyembuhan berlangsung optimal. Proses pemulihan yang lama bisa menjadi masalah baru dalam metode persalinan ini.

Hal ini pada akhirnya juga akan membatasi intensitas hubungan seks karena harus menunggu agar kondisi mama benar-benar siap. Selain itu, proses persalinan secara caesar juga membuat Mama terbatas memiliki anak, sebagai dampak dari lamanya proses pemulihan.

Lagipula, operasi caesar pada dasarnya tidak mencegah vagina menjadi longgar, karena ada banyak faktor lain yang memicunya, salah satunya karena usia. Karenanya, dr Boyke tetap menyarankan agar para perempuan tidak menjadikan hal ini sebagai alasan melakukan caesar.

Faktor Penyebab Vagina Longgar

Faktor Penyebab Vagina Longgar
Pexels/Kindel Media

Sebagaimana dilansir dari Healtline, persalinan bukan satu-satunya penyebab vagina menjadi longgar. Ada pemicu lain yang sifatnya lebih permanen, yaitu usia. Saat memasuki usia 40 tahunan, perempuan akan merasakan perubahan elastisitas vagina secara signifikan.

Penyebabnya adalah menurunnya kadar estrogen saat perempuan mengalami proses perimenopause. Hal ini menyebabkan vagina menjadi lebih tipis, kering, pH tidak seimbang, sehingga tak lagi elastis seperti sebelumnya.

Perubahan vagina karena faktor usia adalah hal yang lebih perlu diwaspadai ketimbang kondisi kendur akibat persalinan normal. Jika dampak persalinan bisa pulih secara bertahap, Mama takkan bisa berbuat banyak jika organ intim terlanjur kendur karena usia.

Bagaimana Mengatasinya?

Bagaimana Mengatasinya
Pexels/Andrea Piacquadio

Bayangan tentang vagina kendur dan tak lagi menjepit mungkin menjadi ketakutan sendiri bagi para perempuan. Namun tenang, Mama masih bisa meminimalkan hal itu dengan latihan panggul atau senam kegel secara teratur. Senam kegel sendiri sebenarnya cukup mudah dilakukan. Berikut langkahnya:

  • Ambil posisi berbaring dengan tubuh telentang.
  • Kencangkan otot panggul dan lanjutkan dengan kontraksi selama 5 detik.
  • Lemaskan lagi otot panggul selama 5 detik.
  • Lakukan langkah ini setidaknya lima kali dalam sehari.

Selain itu, Mama juga bisa meminta bantuan instruktur untuk memandu melakukan senam kegel dengan benar. Cara ini cukup efektif untuk menopang rahim dan menjaga kekencangan otot vagina. Semoga ulasan Popmama.com mengenai fakta sebenarnya melahirkan caesar bikin vagina tetap rapat, di atas bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.