Obat Wasir untuk Ibu Menyusui, Aman Juga untuk Bayi

Rekomendasi obat wasir yang aman untuk ibu menyusui

29 Juli 2021

Obat Wasir Ibu Menyusui, Aman Juga Bayi
Pexels/JESHOOTS.com

Selain rasa nyeri pasca persalinan, ibu yang melahirkan secara normal seringkali mengalami wasir yang membuat rasa tidak nyaman. Masalahnya, walau ada obat ampuh yang dijual di pasaran, Mama harus mempertimbangkan apakah penggunaannya aman untuk perempuan yang sedang menyusui.

Dalam hal ini, pengobatan herbal memang sangat disarankan agar tidak membawa dampak bagi bayi. Namun tenang, ada kok obat-obatan yang dinyatakan aman dan tidak memberikan pengaruh buruk untuk ASI yang diminum bayi. Berikut beberapa obat wasir untuk ibu menyusui yang dirangkum oleh Popmama.com khusus untuk Mama.

1. Ambejoss de Nature

1. Ambejoss de Nature
Lazada.co.id

Di antara sekian banyak obat wasir yang dijual, salah satu yang cukup populer adalah Ambejoss, yang diklaim terbuat dari ramuan herbal dan dikemas dalam bentuk kapsul. Di dalamnya terdapat kandungan mahkota dewa, daun ungu, kunyit putih, dan bahan alami lainnya yang mampu mengatasi berbagai masalah wasir.

Dengan bahan-bahan yang alami dan tanpa bahan kimia, kapsul ini diklaim mampu mengatasi wasir tanpa membawa dampak buruk pada si Kecil. Selain mengatasi wasir, Ambejoss juga bermanfaat mengatasi masalah buang air besar berdarah hingga ambeien.

2. Ambeclear de Nature

2. Ambeclear de Nature
Tokopedia.com

Obat lain yang juga dipercaya aman untuk ibu hamil dan menyusui adalah Ambeclear yang juga masih satu produksi dengan Ambejoss. Pada kemasan, tercantum bahwa produk ini terbuat dari Graptophilly pictum Folium 1500mg dan Curcumae mangga Rhizoma 1000mg.

Produk ini diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui sehingga terjamin keamanannya. Selain mengatasi wasir, Mama juga bisa menggunakannya untuk mengobati berbagai macam keluhan seperti benjolan pada anus, sembelit, buang air besar berdarah, dan lain-lain.

Editors' Picks

3. Ambelang

3. Ambelang
Shopee.co.id

Rekomendasi obat wasir lain yang bisa Mama coba adalah Ambelang, yang diklaim terbuat dari 100 persen bahan alami. Di dalamnya terdapat sembilan bahan herbal pilihan yang memiliki formula tinggi. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan sertifikat halal dan izin dari Dinas Kesehatan RI.

Obat minum ini bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak usia lima tahun hingga dewasa, tentunya dengan dosis tertentu. Karena terbuat dari bahan alami, obat ini juga dipercaya aman untuk ibu menyusui dan dapat mengatasi masalah peradangan dan wasir dengan cepat.

4. Ardium 500 mg

4. Ardium 500 mg
Shopee.co.id

Obat ini berbentuk tablet herbal yang mengandung Flavonoid. Fungsinya adalah untuk meringankan gangguan wasir kronis dan akut. Di dalamnya terdapat esktrak citrus sinensis pericarpum dan hesperidin. Setiap pembelian satu dus, Mama akan mendapatkan 4 blister yang masing-masing terdiri dari 15 tablet.

Uniknya, Ardium 500 mg juga mengatasi masalah peredaran darah di kaki (varises) yang juga rentan menyerang para Mama pasca persalinan. Karena berasal dari kandungan herbal, obat ini juga relatif aman untuk ibu menyusui.

5. Biosir HPAI

5. Biosir HPAI
Shopee.co.id

Dalam setiap kemasan Biosir HPAI, terdapat 50 kapsul yang masing-masing mengandung dosis 500 mg. Dengan isi yang cukup banyak, harganya bisa dibilang terjangkau karena hanya Rp75 ribuan. Obat ini juga mengandung bahan herbal alami dan diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Biosir dapat mengatasi wasir dan masalah lain terkait pencernaan. Di dalamnya terdapat anti sembelit yang membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, Mama juga bisa menggunakannya sebagai anti panas dan inflamasi. Produk ini juga disebut dapat menjaga fungsi hati sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

6. QnC Jelly Gamat Emas

6. QnC Jelly Gamat Emas
Blibli.com

Obat yang satu ini berbentuk jelly yang siap diminum dengan warna gold yang khas. Setiap kemasan berisi 300 ml dan dibuat dari bahan utama yaitu teripang emas. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan protein, kolagen, asam lemak essensial, dan berbagai bahan lain yang dipercaya dapat meringankan rasa sakit akibat wasir.

Obat ini aman dikonsumsi mulai dari bayi hingga dewasa, serta aman untuk perempuan hamil dan menyusui. Meski demikian, demi keamanan, sebaiknya Mama melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

7. Salep Salwa

7. Salep Salwa
Shopee.co.id

Obat luar ini masih satu rangkaian dengan Ambejoss, dan diklaim terbuat dari 100 persen bahan alami. Di dalamnya terdapat kandungan minyak zaitun, propolis murni, dan ramuan lain yang dipercaya mampu menyembuhkan luka dengan cepat.

Salep ini juga bisa mengatasi benjolan yang muncul pada anus. Meski demikian, obat ini hanya digunakan sebagai obat luar dengan cara mengoleskannya ke bagian luka. Cara mendapatkannya pun sangat mudah karena sudah tersedia di berbagai apotek.

Demikian beberapa rekomendasi obat wasir untuk ibu menyusui yang bisa Mama dapatkan secara bebas di apotek. Meski demikian, ada baiknya Mama tetap melakukan proses pemulihan secara alami, misalnya dengan minum air putih dan merawat luka dengan baik. Semoga ulasan Popmama.com bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.